Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Usaha Kecil Bidang Jasa Online Paling Laris

Pelaung usaha kecil bidang jasa online apa yang paling laris? Peluang usaha kecil ini ikut andil dalam meramaikan jagat online. Bahkan, mungkin, peluang usaha yang paling tua. 


Sumber:investasi.online
 

Mengapa usaha di bidang jasa online termasuk usaha yang paling tua? Karena sebelum usaha apapun masuk dalam dunia online, harus terlebih dahulu memiliki domain dan hosting. Tentunya, jasa domain dan hosting yang akan melahirkan usaha kecil bahkan besar. Betul kan usaha jasa online ini termasuk tua? Berikutnya, setelah domain dan hosting ada, jasa pembuatan website menjadi jasa ketiga yang paling tua.

Setelah itu, lahirlah peluang usaha online dengan aneka jenisnya, mulai dari bisang penjualan produk sampai dengan usaha bidang jasa online lainnya, mulai dari usaha kelas kecil sampai kelas besar.

Lalu peluang usaha kecil apa yang paling laris dalam bisang jasa online? Disini, saya memfokuskan pembahasan selain usaha jasa sewa hosting+domain, website (website, aplikasi dan sejenisnya) dalam bidang jasa online yang paling laku. Tentunya, yang menjadi catatan jasa adalah jasa dalam naungan usaha, dalam hal ini usaha kecil.

Usaha Jasa Online Di Bidang Situs Marketplace Online Shop

Sekarang ini, banyak bermunculan situs marketplace atau disebut situs e-commerce yang mana untuk memfasilitasi penjualan online para pedagang kecil. Beberapa situs diantaranya adalah Tokopedia, Shopee dan lainnya. Tentu dong, ini disebut usaha jasa situs penjualan online. Penyedia jasa toko online.

Pada awalnya, situs jasa model Tokopedia masih skala kecil yakni usaha kecil. Ya, rata-rata startup adalah bisnis rintisan yang berjalan dari kecil, dari usaha kecil. Namun, karena memiliki daya tarik dan potensi keberhasilan yang tinggi, para investor membantu dalam permodalan. Akhirnya, usaha jasa situs penjualan modal tokopedia, shopee dan lainnya berhasil tampil menguasai pasar nasional.

Anda pun bisa memulai usaha jasa situs penjualan dengan target kecil. Barangkali, nanti usaha anda bisa melangkah maju bersaing dengan situs marketplace ternama.

Usaha Jasa Online Di Bidang Situs Marketplace Freelance

Usaha di bidang jasa situs freelance bisa dikatakan sama dengan situs marketplace. Hanya saja, usaha jasa situs freelance lebih kepada mengumpulkan para penyedia jasa sesuai keahlian. Kalaupun ada penjualan produk, lebih ke produk digital yakni produk download.

Usaha bidang jasa online situs freelance sendiri dianggap usaha yang laris diburu para penyedia jasa. Orang yang membutuhkan seorang yang ahli dalam jasa tertentu, bisa menghubungi lewat situs ini. Bisa dikatakan, jasa situs freeelance online sebagai mediator, fasilitator antara pihak penyedia jasa dan pemesan.

Dengan mengandalkan seorang ahli dalam membuat situs membership untuk usaha freelanfe, anda sudah bisa membangun usaha jasa situs freelance. Hanya saja, untuk mensukseskan usaha ini, butuh beberapa hal yang bisa dicontek dari cara kerja usaha pesaing.

Usaha Jasa Online Di Bidang Menulis

Usaha jasa menulis salah satu contoh peluang usaha kecil yang bisa laris dipasaran. Mengapa? Karena banyak orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk menulis tetapi berkeinginan mengisi blog secara berkala untuk kepentingan berjualan.

Jasa menulis yang paling laku adalah jasa menulis artikel bahasa inggris. Bila ada orang indonesia meminta dibuatkan artikel yang menarget penonton amerika, misalnya, biasanya untuk kepentingan blog adsense. Blog adsense berbahasa inggris yakni yang menarget negara maju biasanya berharga mahal, biasanya yang memakai uang dollar atau euro.

Tetapi, jasa artikel profesional pun laku saja untuk perusahaan-perusahaan.

Untuk usaha jasa menulis memang membutuhkan beberapa penulis ahli. Masalahnya, mereka perlu juga mendapat jaminan penghasilan. Ketika membuka usaha jasa menulis, tentunya, sudah disiapkan media marketing dan modal beriklanan untuk menggaet banyak klien.

Usaha Jasa Online Di Bidang Desain Grafis

Banyak jenis jasa di dalam desain grafis seperti jasa logo, jasa vektor, jasa poster dan sebagainya. Hanya saja, bila jasa ingin dijadikan sebuah usaha jasa, dalam hal ini jasa online, harus membutuhkan konsistensi tim kerja. Sebagai misal, usaha jasa logo. Maka, satu tim berfokus mengurusi pembuatan desain logo. Ini sebagai konsistensi. Begitu juga bagian desain vektor, cukup mengandalkan satu tim untuk mengrusi bagian vektor.

Jadi, usaha jasa desain grafis harus menjadi tema utama usaha kecil. Hanya saja, di dalam sub bidang jasa desain grafis, memiliki beberapa jenis sub bidang jasa seperti jasa logo, jasa vektor, jasa poster dan sebagainya. Ini yang disebut usaha jasa desain grafis.

Usaha Jasa Online Di Bidang SEO dan Backlink

Adanya jasa hosting+domain, maka hadir website informasi. Tetapi, siapa yang bisa tahu kalau ada website yang memberikan informasi? Nah, hadirlah jasa search engine, salah satunya Google Ads. Di situ, anda bisa beriklan agar website nongol di mesin pencarian.

Tetapi, ada jasa search engine yang cara gratis. Karena gratis, banyak orang berminat mendaftarkan websitenya di mesin pencari alias search engine agar bisa dikenal banyak orang. Anda harus kerja keras mengalahkan persaingan, sesuai kadar persaingannya. Biasanya, kerja kerasnya dengan menggunakan teknik SEO sampai dengan pemasangan backlink.

Karena sifatnya harus kerja keras, mengingat banyak pesaing yang melakukan hal yang sama, anda bisa menyerah dalam melakukannya. Mungkin, anda tidak punya banyak waktu. Di sinilah anda akan membutuhkan jasa SEO dan pemasangan backlink karena tidak punya banyak waktu. Apalagi, anda tidak memiliki pengetahuan yang bagus soal SEO, jadi bisa diserahkan ke jasa SEO dan pemasangan backlink.

Nah, bagaimana membuka usaha jasa SEO dan pemasangan backlink? Tentunya, anda harus sudah terjun dalam dunia ini. Ketika sudah paham, anda bisa dengan mudah merekrut orang-orang yang siap bekerja dalam usaha jasa SEO dan backlink.

Jasa Online Di Bidang Gambar Konten Blog

Pelaku usaha tentu menginginkan gambar dalam blog informasinya menggunakan gambar yang tidak menggunakan hak cipta. Artinya, gambarnya menggunakan gambar premium. Kalau tidak menggunakan gambar presmium, akan mencari-cari gambar yang tentunya mengandalkan gambar bebas pakai.

Tetapi, tidak semua gambar yang bebas pakai, benar-benar bebas dalam hak cipta. Bisa saja, mereka memberikan syarat pencatutan referensi. Saya sendiri pernah memanfaatkan gambar gratisnya, tetapi harus mencantumkan sumber gambar yakni pada sumber si pempublish gambar. Padahal, saya mencari gambar di situs yang diklaim memiliki gambar gratis.

Memang, ada gambar yang benar-benar gratis, tetapi kualitasnya tidak cocok untuk gambar blog. Biasanya, orang yang membuka usaha jasa gambar blog, akan membuat gambar dengan menyesuaikan pada topik pembahasan.

Cara membuka usaha jasa gambar blog tentunya mengandalkan para ahli di bidang fotografer. Anda bersama tim memikirkan ide perencanaan pembuatan gambar sesuai tema.

Misal, tema/topik bisnis yang akan dibuat. Gambar topik bisnis apa saja? Misal, duit, orang memakai dasi, orang rapat. Dan sebagainya. Tentunya, pembuatan gambar blog tidak udah, melibatkan objek yang sengaja diatur sesuai keinginan. Tentunya, para fotografer berfokus pada pemotretan

Usaha Jasa Online Di Bidang Jasa Adsense

Suka atau tidak suka soal usaha jasa adsense, jasa ini memang laku dipasaran membantu mereka yang kesulitan mendapatkan akun adsense non-hosted. Akun adsense hosted memang bisa saja terdaftar di blogger.com. Tetapi adsense hosted hanya mampu untuk kepentingan adsense yang menggunakan blogger. Akun adsense non-hosted lebih luas lagi penggunaannya. Masalahnya, untuk mendapatkan akun non hosted memang sulit, katanya. Sehingga, mereka membutuhkan jasa yang mengurusi akun adsense non hosted.

Saya sendiri menggunakan jasa adsense karena kesulitan mendapatkan akun adsense, baik hosted atau non hosted.

Untuk masalah membuka usaha jasa adsense sekarang ini, sepertinya sulit. Mengapa? Karena berurusan dengan pedaftaran email. Sedangkan, pendaftaran email sekarang hanya mampu menggunakan 1 nomer hp per email. Pendaftaran pun tidak boleh dalam media yang sama. Jadi, sulit.

Tetapi, saya pernah menghubungi owner jasa adsense, katanya masih bisa melayani. Tentunya, owner itu menyediakan banyak kartu perdana ponsel. Waktu saya liat, mereka menggunakan axis.