Cara Memulai Bisnis Penerbitan Buku Digital

blog
Mungkin anda belum mendengar tentang bisnis penerbitan buku digital. Karena biasanya anda mendengar bisnis penerbitan buku pasti mengarah pada buku kertas yang ada di toko buku. Kalau bisnis penerbitan buku digital maka pasti tidak ada hubunganya dengan buku kertas. Lalu bagaimana cara memulai bisnis penerbitan buku digital? Sip, sabar dulu.


Bagi anda yang gemar menulis dan membaca buku, maka bisnis penerbitan buku adalah hal yang sesuai dengan keahlian anda dan juga sebagai wadah penerbitan buku pribadi agar tidak mengandalkan penerbit.

Mungkin hal yang sangat ditakutkan adalah masalah permodalan yang cukup besar namun potensi jual yang minim. Anda sudah paham maksud saya? Ya, buku berkaitan dengan orang-orang yang gemar membaca. Bila sedikit yang menyukai membaca, apakah akan laku buku yang dijual? Belum lagi menghadapi kenyataan bahwa aliran buku bermacam-macam. Pertanyaan, buku apa yang akan anda terbitkan dan laku dijual? Pasti anda pusing tujuh keliling.

Namun bila melongok pada bisnis penerbitan buku digital maka masalah besar akan terasa berkurang. Anda mengerti maksud saya? Bila anda menerbitkan buku kertas maka membutuhkan biaya cetak per buku. Namun bila anda menerbitkan buku digital alias ebook maka cukup satu kali cetak untuk jutaan pembaca. Sangat menghemat sekali, bukan?

Anda bisa dengan memulai bisnis penerbitan buku digital. Bila buku digital maka berkaitan dengan dunia online. Maka penjualan pun akan terasa mudah. Bahkan tidak hanya penjualan tetapi perencanaan buku yang akan diterbitkan pun mudah.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis penerbitan buku digital?

Riset Pasar untuk memulai bisnis penerbitan buku digital

Anda bisa menentukan jenis buku yang akan anda terbitkan. Di samping jenis buku, anda pun bisa menentukan tema buku yang akan anda terbitkan. Untuk itu, sebelum menentukan maka anda harus melakukan riset pasar. Katakanlah buku tema cerita sangat banyak dicari pengunjung online. Anda memutuskan menerbitkan buku aliaran "fiksi". Setelah riset lagi ternyata cerita tema cinta sangat banyak dibutu para pengunjung online.

Setelah melakukan riset, anda memutuskan menerbitkan hanya pada buku novel bertema cerita cinta.

Anda melakukan iklan mengenai peluang untuk penulis buku novel. Anda bisa mengiklankan ke situs Berniaga.com atau di situs pengiklan lainnya.

Memahami proses kelahiran buku digital sampai penjualan

Gambaran bisnis penerbitan buku tentang langkah bisnis penerbitan adalah hal penting yang perlu dimiliki anda. Anda bisa melakukan riset pada situs-situs yang menjual ebook atau vidio di dunia online. Tujuanya agar mengerti dalam hal fasilitas dan keamanan produk.

Anda bisa memperhatikan buku cetak mengenai format dan cover-nya. Tujuannya agar dalam pembuatan buku sama persis dengan buku kertas.

Dalam hal pembuatan cover, editing, dan hal yang berkaitan dengan percetakan buku anda bisa menyerahkan kepada ahlinya. Anda bisa mencari karyawan khusus untuk perbuatan desain cover, editing buku dan lainnya.

Tidak lupa adalah memiliki software pencetak ebook seperti PDF Factory.

Memiliki pengalaman tentang dunia buku

Tentunya anda seorang penulis yang hobi membaca. Dengan begini maka anda sudah paham dan pengalaman mengenai dunia buku. Anda bisa dengan mudah menyeleksi buku yang menarik dan tidak menarik bila memang anda tidak membutuhkan karyawan yang menyeleksi naskah buku.

Memulai bisnis penerbitan buku digital cukup menyediakan media secara online

Anda bisa memanfatkan blog untuk strategi marketing buku. Bila memang buku yang sedang anda jual adalah buku novel cinta maka anda bisa membuat blog bisnis tentang cerita cinta yang berisi cerpen, cerita harian, atau lainnya yang berkaitan tentang cerita cinta.

Anda bisa memanfaatkan media sosial media untuk menjaring pelanggan buku anda. Karena aktifitas keseharian pengujung sekarang ini bukanlah ke blog tetapi ke jejaring sosial. Anda bisa membuat fanspage atau grup. Namun, demi strategi yang efektif maka lebih baik membuat grup. Karena grup lebih bagus dalam menginformasikan update ke pelanggan.

Kumpulkan buku yang sudah diterbitkan dalam wadah toko online buku digital.

***

Walau buku digital tidak membutuhkan banyak modal tetap saja ada kekuarangannya yaitu masalah duplikasi ebook. Ebook bisa diduplikasi sehingga bisa saja 10 orang membeli buku digital namun yang bayar cukup perwakilan 1 orang saja. Sehingga buku yang sudah dibeli akan di copy-paste. Kalau buku kertas tentu tidak bisa sistem seperti ini karena bentuknya fisik.

Baca: Distributor Buku

Namun jangan khawatir. Pasar online luas. Anda bisa memilih market luar negeri sebagai usaha penerbitan buku digital yang berbahasa asing. Anda tinggal mencari penulis lokal yang mahir menulis bahasa asing seperti bahasa inggris, jepang dan lainnya. Lebih baik menentukan buku berjenis bahasa Inggris. Tujuannya apa? Agar anda bisa mencari karyawan yang mahir bahasa inggris untuk menyeleksi buku bila memang anda tidak bisa bahasa Inggris.

Mudah kan dalam memulai bisnis penerbitan buku digital?

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!