4 Cara Mempromosikan Bisnis Kuliner Secara Online

blog

4 Cara Mempromosikan Bisnis Kuliner Secara Online

Promosi online adalah yang penting dalam peningkatan penjualan produk bisnis anda. Promosi online alias yang sering disebut marketing online adalah kunci utama kesuksesan sebuah bisnis online.

Ada dikatakan sebuah ungkapan, kurang lebihnya bahwa arus kas yang masuk sejalan dengan seberapa banyak berkomunikasi marketing yang keluar alias berhadapan dengan konsumen. Karena komuniasi adalah merupakan inti marketing. Karena memang bila melakukan strategi marketing maka titik tekannnya adalah di komunikasi.

Namun, walau komunikasi adalah inti utama marketing, namun perlu diperhatikan mengenai teknis marekting yang digunakan. Hal teknis untuk kepentingan marketing seperti baloho, spanduk, brosur juga sangat penting untuk kepentingan komunikasi marketing.

Baca: Riset Pasar Produk Toko Online untuk Pemula

Namun dalam hal ini adalah mengenai hal teknis alias media yang sebagai informasi marketing secara online untuk kepentingan bisnis kuliner. Tentu hal ini sebagai sampel saja. Tidak harus bisnis kuliner. Apapun produk fisiknya maka bisa menggunakan 4 cara di bawah.

Berikut 4 cara menggunakan media marketing untuk kepengan promosi produk bisnis:

1. Promosi melalui email

Apa maksud promosi lewat email? Maksudnya adalah terlebih dahulu membangun pelanggan. Caranya dengan terlebih dahulu menyetujui email milik konsumen didaftarkan ke layanan lewsletter. Hal ini tentu bersifat sukarela, baik mendapatkan informasi atau penawaran produk.

Namun tetap, jangan mengirimkan penawaran produk setiap hari. Lakukanlah soft selling maka pelanggan akan mengerti apa yang anda tawarkan. Bila memang sudah satu bulan berjalan maka bisa menawarkan produk secara terang-terangan.

Akan lebih cepat membangun pelanggan maka layanan lewsletter perlu diiklankan ke beberapa media seperti facebook, google ads dan lainnya.

2. Melalui jejaring sosial

Yang terbaik dalam memanfaatkan jejaring sosial adalah dengan membuat grup. Dengan bergabung lewat grup maka pengunjung akan diberikan informasi secara otomatis kepada pelanggan grup.

Seperti facebook pada umumnya. Maka grup pun memberikan update status yang bermanfaat. Nanti sewaktu-waktu menawarkan produk.

Anda bisa mempromosikan grup lewat pelanggan newsletter email. Karena tidak jarang orang malas membuka email. Sekarang orang lebih rajin membuka facebook bukan email.

3. Membangun toko online

Membangun situs untuk penjualan produk memiliki daya tarik tersendiri. Oke lah anda sudah memiliki grup yang punya 10.000 member. Atau anda sudah memiliki pelanggan via email yang banyak. Namun tidak lengkap bila tidak memiliki website penjualan alias website toko online.

Bila kondisi situs toko online bagus di mata search engine, maka bisa menjadi sumber trafik tersendiri. Namun bila tidak bagus, maka solusinya adalah mengiklankan toko online ke facebook ads atau google ads. Intinya cara memarketingkan toko online bisa dilakukan lewat berbagai media termasuk yang sudah disebut di atas.

4. Buatlah artikel marketing untuk situs toko online anda

Artikel marketing biasanya dipasang di blog. Karena dengan blog, google lebih menyukainya. Apalagi artikel yang dibuat benar-benar berkualitas dan bisa mengatasi masalah orang lain.

Nantinya,situs toko online yang sudah dibuat bisa dipromosikan ke dalam blog yang memiliki trafik banyak.

Baca: Membuat Situs Penjualan Toko Online

***

Terlihat, 4 cara promosi produk untuk bisnis kuliner sangat berkaitan satu sama lain. Jadi tidak bisa memilih salah satunya. Satu hal yang menarik adalah ketika mempromosikan produk dengan menggunakan berbagai media marketing.

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!