List Building Feedbunner Untuk Bisnis Sampingan Online

Apakah anda akan membangun sebuah bisnis sampingan sambil berkegiatan kerja atau kuliah? Anda pun ingin tetap membangun daftar pelanggan untuk memudahkan penjualan. Daftar pelanggan memang penting, sebuah aset untuk bisnis anda. Namun bila memang mau berbisnis dengan terlebih dahulu membangun daftar pelanggan alias list building maka membutuhkan modal di awal yang bisa jadi cukup menguras kantong anda tanpa ada kepastian untung di akhir.

List Building Feedbunner Untuk Bisnis Sampingan Online

Bisnis sampingan memang sangat menyenangkan bila dijalankan secara online. Karena memang tidak butuh penanganan hal teknis yang setiap hari harus diurus seperti halnya bisnis online shop, kursus online, atau bisnis jasa seperti menulis artikel. Bisnis ini memang sangat cocok dilakukan untuk karyawan atau mahasiswa sibuk namun tetap ingin menghasilkan uang tambahan disela-sela kesibukannya.

Ciri Khas Dari Bisnis Sampingan Online:
  • Biasanya mengikuti program affiliate di Clickank atau Amazon. Nanti mereka akan menjual berbagai produk di Clickbank atau Amazon, lewat blog atau iklan. Si affiliate bisa saja membuat produk sendiri untuk mendukung penjualan produk affiliate
  • Penjualan produk digital alias produk download milik pribadi. Biasanya produk yang dijual adalah program pembelajaran seperti bahasa inggris, belajar bisnis, dll. Si pemilik harus terlebih dahulu membuat produknya.
  • Tentu tidak mengurusi hal teknis setiap hari kecuali meladeni transaksi (bila sebagai bisnis owner), dimanapun dan dalam jumlah berapapun. Sehingga pemilik banyak memiliki waktu luang setiap harinya.

Sangat tepat memang bila membangun bisnis sampingan disertai membangun daftar pelanggan atau disebut dengan list building. Karena fokus utama memang bukan cepat menghasilkan uang. Namun untuk membangun daftar pelanggan memang harus membutuhkan sebuah alat yang bisa meraup pelanggan tanpa harus bekerja secara full tiap hari. Biasanya memakai autoresponder. Tentu berbayar per bulannya. Hal ini yang membuat anda berpikir 7 kali untuk membangun daftar pelanggan.

Anda tidak perlu khawatir dalam hal membangun daftar pelanggan untuk bisnis sampingan anda. Sudah lama Google memberikan alat selayaknya autoresponder berbayar. Alat ini disebut juga Feedbunner. Namun kekurangan Feedbunner adalah tidak terjadi pengiriman di awal untuk pelanggan baru. Karena feedbunner berupa alat pengiriman artikel dari blog ke email, maka sebagian besar pelanggan blog tidak mau mendaftarkan diri ke feedbunner.

Bila memang mau menggunakan feedbunner untuk membangun daftar pelanggan, maka anda harus memperhatikan terlebih dahulu langkah-langkah di bawah. Tentu agar pelanggan di awal launching blog sudah memiliki ribuan pelanggan.

Rencanakan Terlebih Dahulu Membuat “Free Dowonload” Yang Akan Dibagikan Lewat Alat Feedbunner

Hal ini penting yang harus dibuat guna menyedot perhatian pengunjung ke layanan feedbunner yang akan memberikan mereka ebook atau vidio gratis. Setiap pengunjung akan berfokus pada awal tulisan dan akhir tulisan. Intinya, hanya melihat judul lalu menuju ke akhir tulisan. Bila memang di akhir tulisan anda memberikan penawaran free download, maka secara otomatis pengunjung akan “Iseng” untuk mendaftar guna mendapatkan ebook.

Maka buatlah ebook yang memang menarik untuk mereka. Hal ini harus berkaitan dengan rencana bisnis sampingan anda. Tentu, melihat keahlian anda terlebih dahulu sebelum membuat ebook adalah langkah yang tepat.

Di signatur Feedunner, anda bisa menyeting signatur pemberian free download agar mereka bisa mendownload. Plus, tawarkan untuk menjadi pelanggan blog anda.

Iklankan Satu Artikel Via Facebook

Entah bagaimana aturan peringkalan di Facebook, yang jelas di sini akan menjelaskan pemasangan iklan artikel di Facebook dikala persyaratannya ketat. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bila aturan periklanan di facebook terbilang ketat, tidak mudah untuk mengiklankan khususnya situs blog, maka solusi yang dilakukan adalah mengiklankan sejenis artikel saja bukan tulisan penawaran untuk mendapatkan free download yang sudah anda siapkan. Hal yang penting adalah, buatlah kotak khusus di bawah posting untuk fasilitas feedbunner dan berilah tulisan yang bukan berjenis hard marketing (penawaran secara terang-terangan).

Contoh: “Pengalaman Memang Guru Terbaik. Ikuti Perkembangan Informasi Selanjutnya Di Bawah Ini”

Tidak lupa, di tengah tulisan artikel, berilah tautan khusus ke penawaran download ebook. Anda bisa membuat tulisan “Baca Selengkapnya Untuk Mendownload Ebook” atau kalimat lainnya. Bila memang hal ini dilarang juga oleh Facebook, wah, anda perlu sabar dan patuh dalam bermain iklan.

Dengan beriklan via Facebook, anda akan mendapatkan tiga keuntungan sekaligus: pelanggan blog, pelanggan fanspage, dan pembaca ebook.

Update Secara Berkala Artikel Blog Yang Sesuai Dengan Tema Produk Yang Akan Anda Buat

Bila pelanggan blog sudah mencapai ribuan hasil iklan di facebook atau di fanspage, anda bisa terus mengupdate artikel yang memang sesuai dengan tema produk. Kenapa harus sesuai dengan tema produk? Karena memang market yang anda target membutuhkan informasi dari blog anda.

Anda bisa memberikan artikel marketing berupa review produk dan artike biasa. Untuk awal-awal update artikel, anda bisa memberikan artikel dua hari sekali. Bila sudah setengah tahun, anda bisa melonggarkan waktu publish artikel, bisa hanya satu minggu sekali.

***

Ketika bisnis sampingan anda siap dilaunching (kalau bukan jenis affiliate), maka anda tidak membutuhkan biaya marketing lagi seandainya pelanggan blog anda sudah berjumlah ribuan. Terlebih dahulu membuat artikel marketing yang berupa review produk. Anda hanya menunggu pembelian dari mereka. Bila memag belum berhasil mendapat penjualan, iklankan artikel review anda via Facebook. Tentu, dalam artikel review memberikan tautan ke situs penjualan anda.

Bila memang anda masih sulit sistem kerja sebuah blog marketing dengan dilengkapi fasilitas Feedbunner untuk bisnis anda, silahkan menggunakan jasa pembuatan blog saya.