Rencana Bisnis Online Shop Langkah Kecil Untung Mengalir

gambar
Apakah anda memiliki rencana bisnis untuk online shope anda? Rencana apa yang anda lakukan bila memang sudah memilikinya untuk membangun toko online agar untung mengalir tiap bulan? Bila memang anda belum punya rencana sebagai perjalanan alias langkah anda bisnis online, anda bisa membaca pembahasan di bawah. Walau langkah kecil, terpenting adalah untung besar.

Rencana Bisnis Online Shop Langkah Kecil Untung Mengalir

Banyak pemula yang merasa sudah memiliki modal besar tidak bisa mengontrol dirinya agar tidak terlebih dahulu membangun online shop langkah besar. Itu bila memang belum tahu seluk-beluk rencana bisnis dalam hal teknik dan strategi bisnisnya. Mereka biasanya melakukan rencana yang tidak sistematis dan jangka panjang. Mereka bermain grosir atau eceran dengan berbagai produk dan didahului belanja memakan modal puluhan juta. Kalau untung, syukur. Kalau memang tidak laku, buntung.

Berikut adalah langkah kecil rencana bisnis anda dalam membangun online shop. Sebaiknya memang anda memperhatikan dengan baik langkah rencana bisnis di bawah walau anda memiliki modal yang besar dalam membangun online shope anda.

Rencana Bisnis Target Riset

Terlebih dahulu anda mencari artikel yang menjelaskan cara-cara belanja di online shop yang aman. Nanti anda bisa menggunakan cara tersebut sebagai riset untuk menentukan jenis online shop yang aman. Lalu anda belanja produk yang anda jual. Setidaknya anda memperhatikan beberapa online shop dan membelinya.

Perhatikan langkah rencana riset bisnis online shop di bawah ini ketika anda mau membeli produk sebagai bagian dari rencana bisnis anda:

1. Mencari beberapa produk di Google

Bila memang anda memiliki online shop yang sudah menjadi target pembelian, lebih baik jangan dipakai untuk kegiatan riset ini. Lebih baik anda mencari di Google sesuai target online shope yang akan anda bagun. Anda bisa memiliki situs yang berada dihalaman pertama, minimal 5 situs untuk pembelian 5 produk.

Lalu anda lihat di Google Kewyrod, berapa pencariannya. Bila memang banyak, anda silahkan membeli produknya sebagai bagian dari rencana bisnis anda dalam hal penjualan produk. Bila memang sedikit dan tidak banyak variasi kata kunci pendukungnya, lebih baik ganti produk lain karena produk tersebut memang belum layan dijual online

2. Biaya Ongkir

Sekarang sudah ada online shop yang menawarkan gratis ongkir. Perhatikan apa sebabnya gratis. Nah, bandingkan dengan online shop yang tidak gratis ongkirnya. Perhatikan juga apa penyebabnya tidak gratis.

3. Media Transefer Uang

Perhatikan berapa jumlah bank yang mereka miliki sebagai media transfer uang. Bila banyak, enaknya dimana. Namun bila tidak banyak, tidak enaknya juga dimana. Anda harus membandingkan antar online shop yang memiliki banyak rekening dengan yang tidak banyak.

4. Perhatikan kemasan produk

Karena anda membeli beberapa produk dari online shope yang berbeda, tentu akan melihat berbagai bentuk kemasan produk yang dikirimnya. Anda bisa mencontoh kemasan yang sederhana namun murah bila memang produk yang anda jual untuk kelas menengah ke bawah atau sebaliknya. Intinya pelajari kemasan mereka sesuai produk yang mereka jual.

Rencana Bisnis Target Penjualan Menggunakan Website Sales Page Atau Disebut Minisite

Langkah kecil dalam rencana bisnis ini adalah berfokus pada bagaimana membangun situs penjualan yang simpel namun berpotensi menghasilkan penjualan yang rutin. Walau anda mampu membangun situs online shope yang bisa menampung banyak produk, tapi lebih baik anda pending dulu membangun situsnya.

Anda bisa melihat langkah alur langkah penjualan sales page

Pencarian sepatu di Google => Sales Page Anda => Headline+review sepatu disertai gambar sepatu yang sedang dipakai artis atau siapa saja yang bisa membuat tertarik pengunjung => Teknik up selling yang menawarkan sepatu+kaos kaki+tas+pakaian serasi dengan sepatu = PENJUALAN BERLIPAT

Pakaian

Terpenting dalam membuat website sales page adalah sebagai berikut:

  1. Situs harus profesional
  2. Foto produk utama+foto kasus pemakaian produk disertai embel-embel. Misal sepatu dan kawan-kawannya seperti baju, tas, dll yang menunjukkan keserasian.
  3. Gambar harus kualitas bagus
  4. Ada bagian kolom pemesanan dengan sistem pengiriman via email
  5. Kemasan produk harus menarik
  6. Dll

Solusi lain dari situs sales page adalah situs blog. Biasanya, penjualan yang menggunakan blog dengan disertai isi beberapa artikel akan diterima oleh media pengiklan seperti Facebook dan Google. Minimal artikel kira-kira 10, atau bisa coba 5 artikel.

Rencana Bisnis Target Penjualan Menggunakan Website Toko Online

Barulah ketika sudah menunjukan penjualan yang laku dengan menggunakan website sales page, anda bisa membuat toko online dengan nama domain baru atau domain lama. Bila menggunakan domain baru, dapat dipastikan bahwa di website yang lama memberikan tanda tautan ke domain baru toko online. Di toko online domain baru, bisa menjual berbagai tema produk atau satu tema. Bila menggunakan domain lama, website sales page, tentu tema penjualan harus sama yaitu tentang sepatu karena memang hanya mengganti template saja bukan domainnya.

Prinsip membangun toko online alias online shope tetap sama seperti anda menjual produk dengan sales page.

***

Rencana bisnis di atas cukup sederhana langkah-langkahnya. Bila memang anda memiliki modal besar, melakukan hal yang di atas bukan perkara yang sulit. Terpenting, apakah anda mampu menjual atau tidak. Bila tidak, jangan salahkan websitenya terkecuali website anda tidak menarik pengunjung.

gambar

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!

0 Response to "Rencana Bisnis Online Shop Langkah Kecil Untung Mengalir"

Post a Comment

Mohon komentar biasa saja, jangan iklan dan memberi link/url di badan komen. Komentar spam akan dihapus