Jasa Atau Bisnis Rumahan Online, Pilih Mana?

Apakah anda mau menjalankan bisnis rumahan online atau hanya mengerjakan jasa rumahan? Yang jelas, keduanya sama-sama dikerjakan dalam rumah karena bantuan online alias internet. Dengan internet, kerja atau bisnis di rumah semakin bisa dilakukan dengan maksimal. Anda mau memilih yang mana? Saya sendiri, mau tidak mau harus memilih jasa rumahan, mengingat ada beberapa faktor yang membuat saya untuk tidak membuat produk informasi sementara ini seperti membuat ebook atau vidio sebagai produk untuk bisnis.


Mengartikan Tentang Jasa dan Bisnis Rumahan Online

Mungkin banyak orang yang masih bingung, apa bedanya jasa dan bisnis rumahan? Apakah orang-orang yang membuka jasa secara online merupakan bentuk bisnis? Atau orang-orang yang membuka bisnis termasuk dalam kategori kerja termasuk bisnis jasa? Atau bagaimana? Berikut penjelasannya:

1. Tentang Pekerjaan Jasa dan Bisnis Jasa Rumahan

Saya akan membahas jasa rumahan online. Saya akan membahas berawal dari jasa menjahit pakaian, terlepas bisa secara online atau tidak. Menurut anda, apakah orang-orang yang setiap harinya hanya bekerja mengurusi pakaian orang lain merupakan bentuk wirausaha alias bisnis? Kalau anda berkata “bukan”, tentu akan sama jawabannya ketika mengaitkan dengan jasa yang banyak beredar secara online. Artinya, jasa menulis artikel atau jasa backlink SEO rumahan yang saya lakukan secara online adalah bentuk kerja karena kesehariannya bekerja mengurusi pesanan orang lain.

Namun bagaimana bila anda mendirikan suatu wadah jasa menjahit pakaian yang dikerjakan orang lain yang pandai menjahit untuk membuat pakaian atau yang lainnya? Apakah yang anda lalukan masih dikatakan bekerja atau berbisnis? Nah, bila dikatakan bekerja, tentu anda harus bekerja mengurusi pakaian orang lain. Sedangkan anda hanya mempekerjakan orang lain. Ini tandanya, anda memang berbisnis jasa menjahit pakaian.

Bagaimana bila saya mendirikan jasa pembuatan blog yang dikerjakan orang lain namun saya pun ikut bekerja dalam hal mengurusi konsultasi? Jasa pembuatan blog yang saya lakukan misalnya memberikan layanan konsultasi yang diurus saya sendri. Di samping mengandalkan tenaga karyawan dalam mengurusi blog, juga mengandalkan tenaga saya sendiri untuk melayani konsultasi. Apakah ini termasuk bisnis rumahan online atau bisnis plus jasa? Pada intinya, memang bentuk bisnis rumahan namun saya melibatkan diri dengan bekerja di bagian khusus. Bagaimana bila semua melibatkan orang lain? Jelas, itu lebih berbentuk bisnis penghasil pasif income.

2. Tentang Pekerjaan Bisnis dan Owner Bisnis Rumahan Online

Lah, memang ada pekerjaan bisnis rumahan? Anda pernah melihat toko online rumahan yang mereka sendiri terlibat langsung mengurusi barang dagangannya? Pernah melihat atau anda merasakan sendiri bisnis toko online? Apakah itu bentuk bekerja atau berbisnis? Kalau bekerja untuk jasa, jelas sekali bekerjanya. Namun bagaimana dalam berdagang yang mereka sendiri yang bekerja? Apakah masih dianggap berbisnis atau bekerja? Karena rata-rata pedagang atau pebisnis kecil memang seperti itu, bekerja mengurusi bisnisnya sendiri.

Dalam hal ini, terkesan ada perbedaan antara bekerja mengurus jasa dan bekerja mengurus bisnis. Terlihat bahwa yang umum dianggap sebagai kegiatan bisnis atau jualan adalah bisnis produk nyata bukan produk pelayanan/jasa, bagaimanapun cara mengurus bisnisnya. Namun kalau sudah masuk dalam jasa atau pelayanan, bisa dianggap bisnis atau tidak bergantung bagaimana dalam pengurusannya.

Ketika anda membangun bisnis rumahan dalam bentuk online shop, anda mengurus sendiri bisnisnya alias bekerja untuk bisnis dalam hal pembuatan produk, belanja, dan mengurusi hal lainya. Didampingi orang lain atau tidak, tetap anda sedang menjalankan bisnis walau anda sebagai pekerja. Kenapa demikian? Karena yang umum terjadi untuk pebisnis kecil khususnya pebisnis rumahan online adalah bekerja mengurusi bisnisnya sendiri.

Bagaimana bila si pemilik dalam berbisnis tidak melibatkan diri ke dalam kegiatan operasionalnya? Maka anda hanya sebagai pemilik alias owner dari sebuah bisnis rumahan. Ketika anda membangun toko online sebagai owner bisnis, dalam mengurus produk hanya dijalankan orang lain. Pengurusan pengepakan, pengiriman, melayani pelanggan, dan yang lainnya dijalankan orang lain setiap harinya. Anda hanya memikirkan ide tentang strategi kemajuan bisnis. Bila sudah memiliki manajer, bahkan anda sekedar menyetujui bisnis plan hasil pemikiran manajer anda.

Jasa Atau Bisnis Rumahan Online, Pilih Mana?

Seperti sudah dijelaskan di atas, jasa atau bisnis rumahan online bisa dikerjakan sendiri atau dikerjakan orang lain. Ini bergantung bagaimana kesanggupan anda dalam membangun jasa dan bisnis. Anda bisa saja berbisnis jasa bisnis ebook namun yang mengerejakan tim anda, baik tim yang ada di sekeliling rumah atau ada di tempat jauh. Bisa juga anda sendiri yang mengerjakan jasa tersebut. Dalam hal bisnis produk nyata pun anda bisa memilih, apakah mengandalkan tim atau tidak.

1. Jasa Rumahan Online

Yang pasti adalah, dengan mengerjakan bidang jasa maka akan memiliki keterbatasan tenaga dan kerja. Bila membuka jasa sesuatu dan anda sendiri yang melayani, jelas, anda akan terhalangi oleh keterbatasan tenaga dan kerja. Artinya, semakin banyak pemesan, justru akan semakin sulit. Akhirnya, sebagian pelanggan yang minat jasa anda justru tidak bisa dilayani akibat tidak ada kesiapan sistem pelayanan. Padahal, mencari pelanggan itu sulit.

Bagaimana bila mempekerjakan orang lain? Justru yang menjadi repot adalah ketika hanya mendapat sedikit pelanggan. Mau membayar pakai apa untuk tim pekerja anda? Tim anda juga membutuhkan pekerjaan yang lebih menjamin dalam pendapatan gaji. Kalau per bulan mendapat sedikit penghasilan, apakah menjamin tim tetap bertahan dalam bisnis anda?

Bagaimana bila banyak pelanggan yang tertarik dengan jasa anda di saat memiiliki beberapa tim pekerja? Itu bagus. Namun tetap memiliki keterbatasan yaitu dalam keterbatasan penghasilan. Anda tidak bisa kaya jika jasa yang anda tawarkan berharga murah di saat pengerjaannya lama. Untuk itu, ketika anda mau mendirikan jasa rumahan online, pastikan memilih jasa yang sekiranya berharga mahal walau pengerjaannya tidak terlalu lama atau tidak bekerja sama sekali. Contohnya adalah jasa penyewaan hosting, jasa penyimpanan file, jasa lainnya yang dikerjakan oleh sistem bukan orang.

Enaknya membangun jasa rumahan online adalah, tidak perlu lama proses pembangunannya. Cukup membuat halaman penawaran tentang jasa anda, sudah beres.

2. Bisnis Rumahan Online

Bagaimana dengan bisnis bila dilakukan secara online? Dalam pembahasan ini lebih fokus pada bisnis produk nyata bukan jasa. Walau bagaimanapun, bisnis berupa jasa pun bisa dilakukan asalkan mengandalkan tim pekerja atau sistem pemrograman.

Artikel terkait: Aktifitas Harian Bisnis Rumahan Online

Bisnis rumahan online bisa membuat anda bekerja dengan santai namun penghasilan yang didapat bisa sangat besar. Bayangkan saja, bagaimana dalam satu bulan bisa mendapat 1000 pembeli di saat harganya 100.000? Maka akan mendapat penghasilan 100.000.000. Cukup mengandalkan 2 karyawan atau hanya anda sendiri yang mengurusi transaksi, sudah bisa menangani dengan mudah. Hal ini bisa dilakukan bila produknya berbentuk digital alias produk download.

Kecuali bisnis rumahan anda berbentuk produk fisik, seperti membuka toko kelotong online atau produk toko online yang lainnya. Anda bisa cukup sibuk mengurusi banyak pembeli karena harus melakukan pengecekan transaksi, pengepakan produk, pengiriman ke jasa kurir dan sebagainya. Tambah sibuk lagi, bila anda sendiri yang membuat produknya seperti membuat kue kering atau barang kerajinan. Bagaimana bila dalam satu hari mendapat penjualan lebih dari 50? Mau tidak mau bila ingin santai dalam pengelolaan ketika mendapat banyak pelanggan, maka harus mempekerjakan orang lain.

Sulitnya bisnis rumahan adalah harus mempersiapkan dengan matang dalam berbagai hal, seperti membuat produk, belanja produk, belanja bahan, membuat toko online, membuat sales letter, membuat banner dan berbagai hal yang mendukung berdirinya suatu bisnis.

Jasa Minisite Usaha Online Dan Clickbank

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!