Jasa Atau Bisnis Rumahan Online, Pilih Mana?

blog
Apakah anda mau menjalankan bisnis rumahan online atau hanya mengerjakan jasa rumahan? Yang jelas, keduanya sama-sama dikerjakan dalam rumah karena bantuan online alias internet. Dengan internet, kerja atau bisnis di rumah semakin bisa dilakukan dengan maksimal. Anda mau memilih yang mana? Saya sendiri, mau tidak mau harus memilih jasa rumahan, mengingat ada beberapa faktor yang membuat saya untuk tidak membuat produk informasi sementara ini seperti membuat ebook atau vidio sebagai produk untuk bisnis.


Mengartikan Tentang Jasa dan Bisnis Rumahan Online

Mungkin banyak orang yang masih bingung, apa bedanya jasa dan bisnis rumahan? Apakah orang-orang yang membuka jasa secara online merupakan bentuk bisnis? Atau orang-orang yang membuka bisnis termasuk dalam kategori kerja termasuk bisnis jasa? Atau bagaimana? Berikut penjelasannya:

1. Tentang Pekerjaan Jasa dan Bisnis Jasa Rumahan

Saya akan membahas jasa rumahan online. Saya akan membahas berawal dari jasa menjahit pakaian, terlepas bisa secara online atau tidak. Menurut anda, apakah orang-orang yang setiap harinya hanya bekerja mengurusi pakaian orang lain merupakan bentuk wirausaha alias bisnis? Kalau anda berkata “bukan”, tentu akan sama jawabannya ketika mengaitkan dengan jasa yang banyak beredar secara online. Artinya, jasa menulis artikel atau jasa backlink SEO rumahan yang saya lakukan secara online adalah bentuk kerja karena kesehariannya bekerja mengurusi pesanan orang lain.

Namun bagaimana bila anda mendirikan suatu wadah jasa menjahit pakaian yang dikerjakan orang lain yang pandai menjahit untuk membuat pakaian atau yang lainnya? Apakah yang anda lalukan masih dikatakan bekerja atau berbisnis? Nah, bila dikatakan bekerja, tentu anda harus bekerja mengurusi pakaian orang lain. Sedangkan anda hanya mempekerjakan orang lain. Ini tandanya, anda memang berbisnis jasa menjahit pakaian.

Bagaimana bila saya mendirikan jasa pembuatan blog yang dikerjakan orang lain namun saya pun ikut bekerja dalam hal mengurusi konsultasi? Jasa pembuatan blog yang saya lakukan misalnya memberikan layanan konsultasi yang diurus saya sendri. Di samping mengandalkan tenaga karyawan dalam mengurusi blog, juga mengandalkan tenaga saya sendiri untuk melayani konsultasi. Apakah ini termasuk bisnis rumahan online atau bisnis plus jasa? Pada intinya, memang bentuk bisnis rumahan namun saya melibatkan diri dengan bekerja di bagian khusus. Bagaimana bila semua melibatkan orang lain? Jelas, itu lebih berbentuk bisnis penghasil pasif income.

2. Tentang Pekerjaan Bisnis dan Owner Bisnis Rumahan Online

Lah, memang ada pekerjaan bisnis rumahan? Anda pernah melihat toko online rumahan yang mereka sendiri terlibat langsung mengurusi barang dagangannya? Pernah melihat atau anda merasakan sendiri bisnis toko online? Apakah itu bentuk bekerja atau berbisnis? Kalau bekerja untuk jasa, jelas sekali bekerjanya. Namun bagaimana dalam berdagang yang mereka sendiri yang bekerja? Apakah masih dianggap berbisnis atau bekerja? Karena rata-rata pedagang atau pebisnis kecil memang seperti itu, bekerja mengurusi bisnisnya sendiri.

Dalam hal ini, terkesan ada perbedaan antara bekerja mengurus jasa dan bekerja mengurus bisnis. Terlihat bahwa yang umum dianggap sebagai kegiatan bisnis atau jualan adalah bisnis produk nyata bukan produk pelayanan/jasa, bagaimanapun cara mengurus bisnisnya. Namun kalau sudah masuk dalam jasa atau pelayanan, bisa dianggap bisnis atau tidak bergantung bagaimana dalam pengurusannya.

Ketika anda membangun bisnis rumahan dalam bentuk online shop, anda mengurus sendiri bisnisnya alias bekerja untuk bisnis dalam hal pembuatan produk, belanja, dan mengurusi hal lainya. Didampingi orang lain atau tidak, tetap anda sedang menjalankan bisnis walau anda sebagai pekerja. Kenapa demikian? Karena yang umum terjadi untuk pebisnis kecil khususnya pebisnis rumahan online adalah bekerja mengurusi bisnisnya sendiri.

Bagaimana bila si pemilik dalam berbisnis tidak melibatkan diri ke dalam kegiatan operasionalnya? Maka anda hanya sebagai pemilik alias owner dari sebuah bisnis rumahan. Ketika anda membangun toko online sebagai owner bisnis, dalam mengurus produk hanya dijalankan orang lain. Pengurusan pengepakan, pengiriman, melayani pelanggan, dan yang lainnya dijalankan orang lain setiap harinya. Anda hanya memikirkan ide tentang strategi kemajuan bisnis. Bila sudah memiliki manajer, bahkan anda sekedar menyetujui bisnis plan hasil pemikiran manajer anda.

Jasa Atau Bisnis Rumahan Online, Pilih Mana?

Seperti sudah dijelaskan di atas, jasa atau bisnis rumahan online bisa dikerjakan sendiri atau dikerjakan orang lain. Ini bergantung bagaimana kesanggupan anda dalam membangun jasa dan bisnis. Anda bisa saja berbisnis jasa bisnis ebook namun yang mengerejakan tim anda, baik tim yang ada di sekeliling rumah atau ada di tempat jauh. Bisa juga anda sendiri yang mengerjakan jasa tersebut. Dalam hal bisnis produk nyata pun anda bisa memilih, apakah mengandalkan tim atau tidak.

1. Jasa Rumahan Online

Yang pasti adalah, dengan mengerjakan bidang jasa maka akan memiliki keterbatasan tenaga dan kerja. Bila membuka jasa sesuatu dan anda sendiri yang melayani, jelas, anda akan terhalangi oleh keterbatasan tenaga dan kerja. Artinya, semakin banyak pemesan, justru akan semakin sulit. Akhirnya, sebagian pelanggan yang minat jasa anda justru tidak bisa dilayani akibat tidak ada kesiapan sistem pelayanan. Padahal, mencari pelanggan itu sulit.

Bagaimana bila mempekerjakan orang lain? Justru yang menjadi repot adalah ketika hanya mendapat sedikit pelanggan. Mau membayar pakai apa untuk tim pekerja anda? Tim anda juga membutuhkan pekerjaan yang lebih menjamin dalam pendapatan gaji. Kalau per bulan mendapat sedikit penghasilan, apakah menjamin tim tetap bertahan dalam bisnis anda?

Bagaimana bila banyak pelanggan yang tertarik dengan jasa anda di saat memiiliki beberapa tim pekerja? Itu bagus. Namun tetap memiliki keterbatasan yaitu dalam keterbatasan penghasilan. Anda tidak bisa kaya jika jasa yang anda tawarkan berharga murah di saat pengerjaannya lama. Untuk itu, ketika anda mau mendirikan jasa rumahan online, pastikan memilih jasa yang sekiranya berharga mahal walau pengerjaannya tidak terlalu lama atau tidak bekerja sama sekali. Contohnya adalah jasa penyewaan hosting, jasa penyimpanan file, jasa lainnya yang dikerjakan oleh sistem bukan orang.

Enaknya membangun jasa rumahan online adalah, tidak perlu lama proses pembangunannya. Cukup membuat halaman penawaran tentang jasa anda, sudah beres.

2. Bisnis Rumahan Online

Bagaimana dengan bisnis bila dilakukan secara online? Dalam pembahasan ini lebih fokus pada bisnis produk nyata bukan jasa. Walau bagaimanapun, bisnis berupa jasa pun bisa dilakukan asalkan mengandalkan tim pekerja atau sistem pemrograman.

Bisnis rumahan online bisa membuat anda bekerja dengan santai namun penghasilan yang didapat bisa sangat besar. Bayangkan saja, bagaimana dalam satu bulan bisa mendapat 1000 pembeli di saat harganya 100.000? Maka akan mendapat penghasilan 100.000.000. Cukup mengandalkan 2 karyawan atau hanya anda sendiri yang mengurusi transaksi, sudah bisa menangani dengan mudah. Hal ini bisa dilakukan bila produknya berbentuk digital alias produk download.

Kecuali bisnis rumahan anda berbentuk produk fisik, seperti membuka toko kelotong online atau produk toko online yang lainnya. Anda bisa cukup sibuk mengurusi banyak pembeli karena harus melakukan pengecekan transaksi, pengepakan produk, pengiriman ke jasa kurir dan sebagainya. Tambah sibuk lagi, bila anda sendiri yang membuat produknya seperti membuat kue kering atau barang kerajinan. Bagaimana bila dalam satu hari mendapat penjualan lebih dari 50? Mau tidak mau bila ingin santai dalam pengelolaan ketika mendapat banyak pelanggan, maka harus mempekerjakan orang lain.

Sulitnya bisnis rumahan adalah harus mempersiapkan dengan matang dalam berbagai hal, seperti membuat produk, belanja produk, belanja bahan, membuat toko online, membuat sales letter, membuat banner dan berbagai hal yang mendukung berdirinya suatu bisnis.

Beberapa Jasa dan Bisnis Rumahan Online

Kai ini akan membahas beberapa jasa dan bisnis rumahan online milik saya sendiri. Namun pembahasan jasa yang akan dijelaskan ada yang tidak murni sebuah jasa online dan memang ada yang memang murni jasa online. Apakah ada yang murni bisnis rumahan? Hm... saya tidak memiliki karyawan yang mengerjakan proyek jasa yang sebagai tawaran di bisnis rumahan. Jadi, pengerjaan jasa dilakukan saya sendiri jadi tidak murni sebuah bisnis.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa jasa dan bisnis rumahan online yang sampai hari ini tetap menghasilkan uang receh yang lumayan buat kebutuhan perut.

1. Jasa Artikel Rumahan

Ini jasa online rumahan yang paling laris diburu para pengunjung blog. Rata-rata yang memesan adalah para pebisnis online untuk kebutuhan update artikel marketing. Ada yang cuma memesan 10 artikel, lebih dari itu bahkan ada yang lebih dari 100 artikel. Dengan kekuatan fisik yang cenderung terbatas, saya mengusahakan menulis dengan melayani beberapa klien.

Jasa artikel rumahan memadukkan teknik penulisan pada umumnya walaupun tulisan yang saya hadirkan adalah tulisan dengan gaya sederhana seperti pada umumnya artikel web. Penulisan yang saya lakukan tidak banyak mengutip sana-sini karena artikel bisnis tidak butuh seperti itu. Terpenting mengandalkan 1 sumber artikel, bahkan tidak sama sekali, untuk kebutuhan menulis. Kalau menggunakan sumber, saya akan merubah menjadi bahasa saya sendiri namun tidak lupa untuk mencantumkan sumber artikel dengan kalimat, “seperti yang dilansir Situsconect.com bahwa”. Penulisan sumber seperti itu sudah umum dalam penulisan web internet.

Kendala untuk jasa penulisan artikel adalah tidak bisa menampung pemesanan sekaligus. Maksimal untuk saat ini adalah 3 pemesan. Pemesan yang belum dilayani bisa menunggu atau berganti jasa yang lain yang mungkin jauh lebih mahal. Ya, jasa artikel saya dianggap murah.

Mengapa jasa artikel rumahan tidak dianggap sebagai bisnis? Sesuai pemahaman di atas, karena tidak ada transaksi produk. Pemahaman lainnya karena memang tidak memiliki tenaga penulis. Kalaupun ada, saya tetap menulis di dalam jasa. Kalau tetap menulis di saat ada tenaga penulis, berarti saya ikut andil dalam bisnis jasa yang saya dirikan.

Dalam jasa artikel rumahan, saya menghadirkan penulisan berbahasa Indonesia dan juga Inggris. Untuk yang bahasa Indonesia, ditulis saya sendiri. Kalau untuk yang bahasa Inggris, diserahkan pada penulis yang mahir dan sudah terbiasa melayani klien dalam menulis artikel Inggris.

Dalam jasa artikel pun saya memadukkan pembelajaran SEO namun dengan harga yang agak mahal. Pada dasarnya memang penulisan artikel membutuhkan arahan SEO. Jadi, perlu juga kursus SEO.

2. Jasa Pembuatan Blog Rumahan

Jasa ini melibatkan pembelian template blog besertai desain gambarnya juga pembuatan blog. Bisa dikatakan tidak murni sebagai bisnis rumahan mengingat ada jasa pembuatan blognya yang saya urus sendiri. Bahkan bila pemesan blog disertai pelayanan pembuatan artikel, maka makin tampak sekali bahwa ini jasa online, bukan seperti bisnis jasa. Namun, apapun itu, mau bisnis atau jasa, terpenting adalah menghasilkan uang. Namun saya lebih memilih sebutan sebagai jasa daripada bisnis rumahan online.

Di samping ada pembuatan artikel dalam jasa pembuatan blog, saya pun memasukkan program kursus kembali yang berfokus pada SEO dan blogging. SEO untuk meningkatkan kunjungan dari segi mesin pencari. Kalau blogging lebih kepada manajemen membangun konten artikel blog. Mengapa ada jasa SEO dalam pembuatan blog? Karena blog tidak akan lepas dari yang namanya mesin pencari. Ketika membuat blog paham soal SEO dan strategi blogging, tentu akan meningkatkan nilai kesuksesan sebuah blog.

Namun untuk membatasi tingkat kesuksesan blog dan teknik SEO dan blogggiing, saya mengikuti tidak berdasarkan hal yang rumit. Suksesnya blog adalah bisa menghasilkan uang, bisa menghasilkan banyak backlink dan tentunya menghasilkan banyak artikel dalam blog.

Dalam jasa pembuatan blog rumahan, ada fasilitas yang membuat pelanggan bisa untuk dibuatkan blog lagi. Fasilitas ini adalah harga pembelian ulang yang murah. Mengapa murah? Karena tempalate sudah dipesan sehingga tinggal memasang desain gambar, pembuatan blog standar SEO dan lainnya.

3. Kursus Blogging Bisnis Online Rumahan

Kursus blogging bisnis rumahan yang saya bangun memang paket komplit. Dalam hal materi, ada materi teknis membuat blog, ada materi starategi blogging, materi SEO, pun tidak kalah yakni materi bisnis yang berkolaborasi dengan blog marketing.

Dalam hal jasa online, kursus pun memberikan jasa pembuatan blog, jasa banner, jasa cover ebook, dan jasa yang lainnya. Tentunya, jasa yang dihadirkan lebih kepada pengarahan agar peserta kursus lebih paham untuk selanjutnya.

Di samping itu, pun para peserta kursus diberikan hak untuk menjual paket kursus blogging bisnis dengan menggunakan program affiliate dengan komisi yang jaug lebih besar daripada yang bukan peserta kursus.

Dengan menghadirkan garansi 100% dalam kursus online rumahan, tentunya setiap peserta kursus ada potensi berhasil menjalani program kursus bersama saya. Mengapa berhasil? Karena apa yang saya arahkan kepada peserta kursus hasil pembelajaran dan pengalaman saya yang sudah dinilai cukup berhasil. Peserta kursus tinggal mencontek langkahnya dan mengembangkan jauh lebih baik daripada saya sendiri.

“Berarti kalau begitu, kursus online rumahan Anda tidak ada batas waktu pembelajaran?”

Ya, betul sekali. Tidak ada batas waktu pembelajaran, bebas kapan saja anda mau menjalankan kursus blogging bisnis. Ada banyak yang berhenti di tengah jalan. Tentu kalau yang sudah menyerah, bukan lagi tanggungjawab saya. Ada juga yang terus menjalankan pembelajaran sampai berupaya berhasil walaupun belum berhasil. Nah, yang terus berusaha belajar sampai berhasil itulah yang saya jamin keberhasilannya.

Bukan dikatakan dijamin berhasil, melainkan ada jaminan bimbingan sampai mendapatkan keberhasilan. Contoh konkritnya, kalau saya sendiri sudah berhasil mendapatkan uang, mendapatkan ratusan backlink SEO, ratusan artikel, berarti anda pun akan jauh lebih bisa dari saya. Mengapa jauh lebih bisa dari saya? Karena fisik saya ada gangguan yang membuat tidak maksimal berusaha. Tentunya, bagi anda yang tidak memiliki halangan, potensi berhasilnya bisa jauh lebih besar dari saya.

Tentu dong, bukan asal mengatakan jaminan berhasil. Saya pun menargetkan keberhasilan hanya pada beberapa hal saja yang sekaligus - bisa dikatakan – ujian kursus peserta. Pertama, bisa menulis setiap hari dengan minimal 500 kata per hari. Namun ujian keberhasilan ini adalah untuk pemula dalam menulis. Ada peserta kursus yang sudah mahir menulis. Jadi, bukan ini ujiannya.

Kedua, ujian backlink SEO. Ujian backlink SEO adalah ujian yang penting untuk semua peserta kursus bahkan yang sudah mahir menulis sekalipun. Ada peserta kursus yang sudah bisa menulis tetapi kurang maksimal dalam hal SEO. Dalam hal ini, patokannya adalah berhasil mendapatkan otoritas situs yang bagus versi moz.com atau ahrefs.com juga mendapatkan ratusan backlink.

Ketika tentu adalah menghasilkan uang lewat blog yang dibangunnya. Pengalaman mendapatkan uang dari blog menggunakan media gratisan, baik lokal atau non lokal, membuat saya optimis bisa membuat peserta kursus merasakan apa yang saya rasakan.

***

Ya sudah lah, pembahasan jasa dan bisnis rumahan online ini. sudah 2000 kata, capek. Padahal masih ada pembahasan jasa dan bisnis yang belum dijelaskan. Tetapi pembahasan ketiga di atas sudah cukup.

Kalau mau kursus blogging bisnsi, jasa artikel, jasa pembuatan blog, hubungi saja saya.

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!