Usaha Dengan Modal Kecil Secara Online Anti Rugi Besar

blog
Pembahasan ini sebagai peringatan pada pelaku usaha dengan modal kecil yang terjun dalam dunia online, baik berupa online shop, sales page atau blog. Ketika hanya bermodal kecil, harus memperhatikan betul bagaimana yang harus diurus dengan modal uang ketika memiliki keterbatasan modal atau sengaja penghematan modal. Yang sering terjadi adalah logika dengan perasaan sering berbenturan sehingga si pemula modal kecil terpengaruh untuk mengambil hal-hal yang terkesan cuma mengandalkan uang kecil namun secara bertahap ternyata bisa berkali-lipat lebih mahal dalam pengeluarannya.

belajar bisnis

Sekarang ini saya sedang menangani klien dalam pembuatan artikel untuk usaha online-nya. Artikel erat kaitannya dengan blog, tentunya. Setelah mengetahui situs blog si klien, ternyata tampilannya hanya sekedar slide iklan tanpa ada penawaran sama sekali. Namun ada bagian menu sebagai tempat untuk artikel. Bila berkaitan dengan blog wordpress berdomain, tentunya akan berurusan dengan hosting. Bila berniat mau memperbanyak artikel, harus memiliki hosting yang berkapasitas unlimited. Ketika ditanya, ia pun mengaku hosting yang dibeli memang berkapasitas unlimited.

Berapakah biaya sewa hosting yang unlimited? Yang jelas, setidaknya harus mengeluarkan modal lebih dari 200.000 per bulan sebagai biaya sewanya. Bagaimana bila sudah satu tahun? Maka akan menghabiskan uang lebih dari 2 juta. Ketika berlanjut obrolan dengan si klien, ternyata memang sudah habis lebih dari 1 juta di saat tampilan website-nya hanya sekedar slide. Boro-boro mendapat penjualan, mendapat kunjungan pun tidak.

Ketika anda terpengaruh oleh sebagian mentor dengan iming-iming cepat sukses sebuah usaha online bila memiliki situs berdomain, bisa jadi anda akan meremehkan biaya sewanya yang terkesan murah. Anda bisa menganggap bahwa modal usaha sejumlah 200.000 bisa dianggap kecil sehingga berani membeli hosting. Padahal bila melihat jangka panjangnya bisa menyebabkan rugi besar.

Kalaupun anda aman dalam permodalan hosting, bisa jadi tidak aman dalam modal yang lain. Mungkin anda terobsesi dengan iklan baris online yang hanya membutuhkan modal usaha sekitar 50.000 bulan. Namun ternyata, anda belum menemukan keberhasilan. Sampai satu tahun beriklan ternyata hasilnya cuma kunjungan melimpah. Dalam hal ini, usaha dengan modal kecil anda dianggap hilang karena sudah menghabiskan uang lebih dari 500.000. Memang terlihat kecil bila mengeluarkan modal 50.000. Namun sekali lagi, sering antara logika dan perasaan tidak nyambung. Bisa jadi perasan anda tidak terkontrol sehingga akhirnya mencoba beriklan sampai 12 kali atau 1 tahun.

Apa sih makna usaha dengan modal kecil? Artinya anda konsisten dengan usaha yang dijalankan dengan modal kecil. Tidak mudah mengeluarkan uang dengan alasan untuk memajukan usahanya. Perlu berbagai pertimbangan agar usaha modal kecil menghasilkan untung yang besar atau setidaknya menghasilkan keuntungan. Nah, hasil keuntungan bisa untuk memperbesar usahanya. Jadi, tidak ada judulnya memanfaatkan modal selain dari keuntungan usaha. Untung dulu, baru memperbesar usahanya.

Usaha secara online membuat orang tidak sadar atau sulit menghindar dari pemborosan mengeluarkan modal. Awalnya berniat usaha dengan modal kecil, ternyata berkali-kali tergiaur berbagai hal sehingga mengeluarkan modal besar. Memang mampu dalam permodalannya. Kalau ternyata menghasilkan keuntungan yang lebih besar lagi, tentu tidak masalah. Justru kebanyakan malah rugi besar. Bagaimana dianggap usaha modal kecil bila rugi besar?

Memang tidak mudah menjalankan usaha dengan modal kecil apalagi memiliki potensi untung besar. Namun ketika sudah berhasil mendapatkan keuntungan, bisa dengan mudah memperbesar usahanya. Tentunya hasil keuntungan digunakan untuk menambah permodalan sehingga usahanya semakin besar.

Untuk itu, perlu memperhatikan bagaimana langkah terbaik dalam menjalankan peluang usaha dengan modal kecil namun bisa menghasilkan keuntungan yang besar dan jangka panjang.

Investasikan Modal Untuk Belajar Langkah Usaha Online Yang Menekankan Modal Kecil

Langkah terbaik adalah menguasai terlebih dahulu tata-cara menjalankan usaha online. Namun jangan salah, ada banyak pakar bisnis yang lebih menekankan penggunaan modal uang untuk keperluan membeli atau menyewa untuk operasional usaha. Bila anda salah memilih mentor, bisa salah dalam penerapan usaha dengan modal kecil.

Khawatir anda salah memilih, lebih baik menekankan pada pembelajaran blogging dan SEO. Blogging titik tekannya pada kegiatan menulis. Utamakan panduan yang anda beli mengajarkan teknik menulis dan pengembangannya yang bertujuan untuk tulisan blog. Kalau masalah SEO, yang utama adalah mengajari anda tentang ‘Onpage SEO’. Ketika Onpage SEO anda benar, anda cukup enjoy terus-terusan menghasilkan artikel sampai berjumlah ratusan. Memang anda harus juga paham Offpage SEO, namun rata-rata sulit menerapkannya karena masalah hal teknis saja.

Biasanya cukup mengeluarkan modal 200.000 untuk kegiatan belajar. Kalau anda belajar bersama saya, bisa lebih kecil dari itu. Saya sendiri menghadirkan kursus blogging plus SEO seharga cuma 130.000. Namun sebagai harga percobaan, hanya seharga 100.000 untuk modal belajar para pemula. Dengan modal belajar sebesar itu, tentu sangat mendukung pembelajan untuk pelaku usaha yang berniat menghemat modal usahanya.

Bermain Program Affiliate atau Dropship Potensi Penghasilan Adsense

Dalam hal ini, titik tekannya adalah pembuatan blog. Ya, anda harus membuat blog sebagai langkah usaha dengan modal kecil. Tanpa membuat blog maka akan ada pengganti sumber trafiknya yang dilakukan dengan cara tidak gratis. Namun kalau lewat blog, hanya membutuhkan modal koneksi internet, sudah bisa menghasilkan jutaan rupiah.

Sudah banyak bukti para blogger sukses menghasilkan jutaan bahkan ada yang menghasilkan miliaran dari blog gratisan. Saya sendiri pernah menghasilkan $400 dari Clickbank dengan modal blog gratisan dan juga koneksi internet. Jadi jangan melihat gratisannya, terpenting gratisan bisa menghasilkan uang yang banyak.

Ketika blog sudah terbangun, bagaimana jalan menghasilkan uangnya? Paling mudah adalah dengan mengikuti program affiliate. Program affiliate ada yang berbentuk produk digital seperti di Clickbank dan Rataka. Ada juga yang berbentuk produk fisik seperti di Amazon dan Lazada.

Namun anda bisa mengikuti program dropship yang bisanya diterapkan oleh masing-masing pengusaha toko online. Ada juga yang diwakilkan situs marketplace dropship sehingga jauh lebih aman.

Namun yang menjadi titik fokus adalah pembangunan blog sampai menghasilkan trafik kunjungan yang banyak. Ketika trafik kunjungan sudah banyak, tentunya akan menghasilkan penjualan produk affiliate atau dropship yang lumayan.

Strategi membuat blog yang baik adalah berfokus pada niche market namun bisa mengalami pengembangan konten artikel dalam jangka panjang. Seperti halnya blog milik saya yang memiliki niche market pada seputar “usaha dengan modal kecil” namun bisa mengalami pengembangan artikel dalam jangka panjang. Keuntungannya tentu agar bisa bermain affiliate sekaligus potensi penghasilan dari adsense. Anda hanya membutuhkan jasa pembuatan akun Google Adsense agar bisa menghasilkan uang dollar.

Kembangkan Jaringan Blog Dengan Modal Hasil Keuntungan Usaha Online Anda

Dalam hal ini tugas anda sebagai pelaku usaha modal kecil sudah selesai. Anda sudah bermain modal ketika pembangunan jaringan blog. Tentunya modal usaha anda berasal dari blog pertama sehingga masih tetap ada kesan modal kecilnya.

Kira-kira berapa modal untuk pembangunan jaringan blog? Walaupun menggunakan modal yang tidak kecil, setidaknya anda perlu melakukan perhitungan mengenai pengeluaran dan juga pemasukan. Cara konyol jangan sampai hadir manakala menerapkan strategi bisnis modal besar. Kan lebih aneh lagi bila mengalami kerugian besar hanya karena sudah berpengalaman banyak?

Untuk pengeluarkan modal, tetap membutuhkan strategi khusus. Jangan langsung memborong pembuatan jaringan blog. Perlu ada blog khusus yang sebagai blog utama. Apakah yang menjadi blog utama adalah blog berlabel “gratisan” atau tidak? Itu terserah pilihan anda. Terpenting pembangunan blog yang dijadikan blog utama harus melebihi blog yang pertama.

Keluarkan terlebih dahulu modal untuk pembuatan 1 blog. Berapa kira-kira modal 1 bog?

Anggap saja anda memesan ke jasa artikel seharga 150.000 untuk paket 30 artikel. Berapa harga bila memesan sampai lebih dari 30 artikel misal 300 artikel? Cukup dikali 150.000x10 paket= Cuma 1500.000. Jadi untuk modal konten artikel saja cukup mengeluarkan modal 1 juta. Tentunya bisa dikembangkan lagi permodalannya bila menghasilkan keuntungan yang baru.

Dalam hal template blog, hosting+domain blog dan juga marketing SEO, anggap saja permodalannya sekitar 1 juta per bulan. Kenapa satu juta per bulan? Karena untuk biaya hosting unlimited dan juga membayar jasa marketing SEO. Anggap saja masing-masing seharga 500.000 per bulan. Terpenting anda sanggup membayarnya tanpa ada rasa khawatir tidak mendapatkan jatah keuntungan tiap bulannya.

Karena ada biaya hosting yang unlimited, anda bisa manfaatkan untuk membangun banyak blog. Nah, dari sini bagaimana penghematan dalam modal domainnnya? Bagaimana bila anda berniat membangun puluhan blog tanpa dipusingkan biaya sewa domain? Kemungkinan tidak ada cara yang lain kecuali memang harus membeli dengan harga per domain.

Kalau sampai pusing dalam pemesanan domainnya, anda tidak perlu memanfaatkan hosting untuk membangun banyak blog. Cukup kembali ke blogger gratisan seperti yang pernah dilakukan di awal. Cara seperti ini jauh lebih efektif dalam permodalan dan pengurusannya.

Jadi modal membangun jaringan blog cukup menghemat modal usaha.

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!