Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Untung Jangka Panjang

Peluang usaha rumahan – Ketika anda berada di rumah, usaha apa yang pernah terpikirkan oleh anda ketika ingin membuka usaha yang mengandalkan rumah? Biasannya akan kebingunan menetapkan sebuah ide usaha rumahan walaupun anda sudah memiliki berbagai ide untuk dijalankannya. Hal ini karena menyangkut lokasi tempat anda menjalankan sebuah usaha yaitu dari rumah. Bisa membukanya namun khawatir tidak berlangsung lama. Bisa jadi masalah market yang terbatas sehingga penjualan atau pemesanannya bisa mengalami kejenuhan.

warung makan

Sebuah peluang usaha rumahan memang masalah terbesarnya bisa karena lokasi rumahnya. Bisa menjadi masalah besar bila rumah berada di wilayah yang sepi lalu-lalang orang yang berpotensi melakukan transaksi. Bagaimana usaha mau mendapatkan keuntungan bila jarang ada orang yang membeli atau memesan? Membuka usaha rumahan memang semudah mengembalikkan tangan untuk jenis usaha tertentu, tetapi dalam menjalankan agar menghasilkan keuntungan jangka panjang memang hal yang menyulitkan. Banyak orang enggan membuka usaha dari rumah karena menyangkut nasib usaha ke depannya.

Membuka usaha dengan modal kecil sih gampang. Namun bagaimana keuntungan jangka panjangnya? Inilah yang akan saya bahas agar anda bisa memulai usaha yang untung dan berumur panjang. Barangkali ada hal yang belum pernah terpikirkan yang berpotensi untung jangka panjang. Tentunya, pemanfaatan peluang usaha rumahan harus memperhatikan kondisi anda dan pasar yang ada di sekitar rumah atau sekitar wilayah yang lebih luas lagi.

Berikut penjelasan pemanfaatkan peluang usaha rumahan yang bisa dijalankan dengan modal kecil atau sekelas UKM:

Usaha Berjualan Pulsa Handphone

Usaha pulsa memang bisa dijalankan dengan modal kecil. Banyak rumah yang membuka konter pulsa. Hal ini karena produk pulsa sudah menjadi kebutuhan penting.

Namun kalau banyak orang yang menjual pulsa, tentunya potensi keuntungannya bisa berkurang. Masing-masing penjual hanya mendapatkan jatah keuntungan yang kecil. Itu masih lebih baik, daripada mendapatkan kerugian. Bagaimana bila banyak penghutang –yang sering terjadi dalam usaha ini−yang ternyata tidak membayar hutangnnya? Tentunya kebangkrutan ada di depan mata.

Menjalankan usaha pulsa rumahan yang terpenting adalah jangan mengobral perhutangan. Usaha ini pun arus didampingi usaha lain seperti warung sembako. Kalau ada yang menghutang, harus berani menagih sampai mendapatkan uangnya kalau mau usahanya menghasilkan untung jangka panjang.

Usaha Berjualan Makanan/ Camilan

Usaha ini sangat cocok dilakukan bagi lokasi perumahan yang ramai, banyak pendatang dari kota lain seperti santri, mahasiswa dan sebagainya. Tentunya masih bisa dengan menggunakan modal kecil. Usaha makanan bisa dilengkapi berbagai varian produk sehingga tidak hanya membuka warung makan tetapi juga kue-kuean kering-basah atau gorengan.

1. Usaha Jualan Aneka Kue

Kalau hanya membuka usaha kue-kuean, tentu tidak cocok bila dijalankan hanya dari rumah. Rata-rata penjualnya mengalami gulung tikar. Karena makanan jenis ini cenderung cepat bosan. Anda bisa mengantisipasinya dengan membuka di tempat yang ramai dengan para penjual-pembeli atau bekerjasama dengan para pedagang yang memfasilitasi jenis kue-kuean.

Saya memberi penjelasan seputar jualan aneka kue adalah untuk kalangan pengusaha berkarya. Artinya, pengusaha ini sebagai produsen bukan pengecer. Penjualan grosiran memungkinkan bisa bekerjasama dengan para pengecer. Bila tidak bisa bekerja sama atau tidak mau dengan cara seperti ini, usaha aneka kue harus memiliki daya tarik kunjungan. Harus bisa membangun alasan kuat, mengapa pengunjung rela mendatangi toko kue Anda.

Usaha kue apa yang bagus untuk jangka panjang? Memang, tidak semua penjualan aneka kue bisa menghasilkan banyak keutungan yang berjangka panjang. Maka dari itu, berawal dari resep, bagaimanakah penentuan penjualannya? Anda harus mengandalkan ahli pembuat kue atau anda sendiri yang memang ahli. Uji-coba menjadi penting dalam penentuan usaha aneka kue jangka panjang.

Anda harus menghindari konsep, "Penjualan laku untuk kebutuhan acara tapi banyak hadirin yang tidak mau memakannya." Ada beberapa kue yang laku hanya untuk kebutuhan acara. Namun, kue ini tidak laku dimakan. Tragis bila anda memakai konsep seperti ini. Maka dari itu, anda harus membuat konsep, "Penjualan laku untuk anda". Artinya, per konsumen memang membutuhkan konsumsi kue yang anda buat. Bila sudah seperti ini, kebuuthan kue untuk kebutuhan acara bisa laku juga.

Saya teringat kue-kuean yang bintangnya dari kalangan artis, entah usaha sendiri atau bekerjasama dengan pemilik modal. Contoh penjualan kue yang mengandalkan bintang alias artis adalah kue yang dibintangi Nagita, Istri Rafli. Ada juga penjualan kue yang dibintangi Zaskia, Indrabekti dan sebagainya. Dalam segi pengolahan, kue ini sudah tidak diragukan lagi dalam rasa dan tampilan. Di tambah brand artis membuat kehadiran kue ini semakin sering dikunjungi para pelanggan.

Penulis tidak bermaksud bahwa anda harus meniru usaha aneka kue seperti yang sudah saya sebutkan. Makna yang akan saya jelaskan adalah pangsa pasar. Kue brand artis hanya hadir di kota-kota bukan perkampungan. Artinya begini, usaha aneka kue ini hanya menarget kalangan menengah-keatas. Mengapa? Karena mereka lah yang sering mengkonsumsi cemilan kue-kuean. Walapun demikian, usaha kue tidak menutup kemungkinan menjaring konsumen kelas bawah. Titik tengahnya adalah Anda harus bisa membangun usaha kue yang secara kualitas mengarah kelas menengah-keatas namun dengan harga jangkauan untuk kelas ke bawah.

Secara garis besar, ada dua kue yang hadir dipasaran yakni kue kering dan kue basah. Anda bisa melihat, kue apa yang paling laku. Namun saya bisa memutuskan bahw kue yang paling laku adalah kue basar. Mengapa? Hal ini merujuk pada usaha kue yang dibawahi para artis seperti Nagita, Zaskia, Indra Bekti dan yang lainnya.

2. Usaha Jualan Gorengan

Usaha gorengan memang usaha yang paling digemari masyarakat Indonesia sehingga potensi penjualannya pun bagus. Usaha gorengan biasanya dilengkapi produk lain yang sebagai menu utama seperti nasi pecel, sayur pecel, gado-gado, rumbah (sejenis gado2 namun lebih pedas dan sedikit penggunaan kacang tanahnya), dan yang lainnya.

Saran menjalankan usaha gorengan adalah disertai penjualan lain seperti gado-gado, es, dan yang biasa dijumpai di warung kecil.

3. Membuka Warung Makan

Warung makan yang cocok untuk usaha rumahan adalah warung ala warteg, harga murah dengan rasa yang bersahabat dengan lidah orang Indonesia. Namun usaha ini bisa dijalankan bila sekitar rumah memang ramai penduduk pendatang seperti santri, mahasiswa dan lainnya yang mengekos di wilayah tersebut. Karena rata-rata mereka tidak mau, tidak bisa atau malas memasak sendiri.

Membuka usaha warung makan memang memiliki tingkat kerepotan yang cukup tinggi. Biasanya, warung makan akan disertai penjualan produk lain seperti minuman, gorengan, kue-kuean dan sebagainya. Juga tidak kalah penting, biasanya membutuhkan meja dan kursi sebagai tempat makan. Namun tetap bisa diusahakan dengan pemakaian modal kecil dalam usahanya ketika bisa memanfaatkan lantai rumah sebagai tempat makannya (lesehan).

Menjalankan Bisnis Online Rumahan

Maksud pembahasan bisnis online rumahan di sini adalah bisnis yang lahir karena keberadaan era online yang sebelumnya belum pernah ada. Banyak sekali bisnis yang lahir ketika datang era online, katakan saja yang paling populer adalah program adsense. Banyak para blogger yang memanfaatkan blognya untuk meraih penghasilan dari Google Adsense. Ini menandakan bahwa bisnis online salah satu bisnis rumahan. Tentunya bisa dikerjakan di rumah.

Menjalankan peluang usaha rumahan yang satu ini gampang-gampan susah walaupun modal yang dikeluarkan bisa saja kecil untuk satu buah bisnis. Memang gampang sekedar membuat blog lalu memanfaatkan program adsense dari Google. Namun untuk meraih kesuksesan, setidaknya beberapa klik, memang susah. Harus menjalankan berbagai strategi agar bisa menghasilkan klik dan banyak klik untuk menghasilkan banyak dollar.

Usaha Toko Sembako

Nah, inilah salah satu usaha yang dibutuhkan banyak ibu rumah tangga. Potensi penjualannya pun cukup tinggi karena setiap keluarga pasti membutuhkan nasi dan bahan pokok lainnya untuk kebutuhan sehari-hari. Kalaupun menjalankan usaha ini tidak menghasilkan keuntungan yang memuaskan, setidaknya keberadaannya memang dibutuhkan oleh pedagangnya sendiri. Katakanlah beras, gula, minyak, tentu dibutuhkan oleh pedagang juga.

Namun keberadaan usaha rumahan ini bisa tersingkir bila berhadapan dengan minimarket yang sudah memiliki nama besar. Biasanya minimarket menjual kebutuhan pokok juga seperti gula, minyak, beras dan yang lainnya. Untuk mengatasinya, anda harus bermain di variasi produk yang tidak dimiliki minimaket seperti penjualan bumbu dapur dan sebagainya.

Usaha Loundry Pakaian

Ketika rumah anda dikelilingi para pendatang seperti santri, mahasiswa dan para pekerja yang mengekos di area di mana anda tinggal, maka bisa menjalankan usaha laundry pakaian atau biasa disebut laundry kiloan. Hanya mengandalkan mesin cuci berharga murah, anda bisa menjalankan usahanya dengan potensi keuntungan yang berkelanjutan bila mereka sudah menjadi pelanggan.

Memang cukup menguras modal uang sehingga kesan usaha dengan modal kecil tidak bisa disematkan pada usaha jenis ini. Kenapa? Karena harus membeli mesin cuci, membeli alat pengering, membeli alat jemuran, membeli setrika dan alasnya, membeli air bila memang harus membeli, dan tentunya membutuhkan biaya listrik. Namun masih bisa dijalankan oleh pelaku UKM.

Usaha Kerajinan Tangan

Memanfaatkan peluang usaha rumahan yang satu ini memang cukup sulit, karena harus memiliki keterampilan tertentu dan harus siap sibuk membuat sebuah karya. Pada dasarnya usaha rumahan berisi pekerja mandiri sehingga dalam menjalankannya mengandalkan tenaga sendiri, baik kegiatan operasional atau pembuatan produk. Sehingga menjalankan usaha rumahan khususnya usaha kerajinan lebih kepada kemadirian bekerja.

Solusi terbaik adalah mengajak para penghuni rumah tangga untuk bisa berpartisipasi dalam usaha yang anda jalankan. Cara berpartisipasinya bukan sebagai pekerja tetap sebagai pekerja sampingan yang hanya sekedar iseng bekerja untuk mendapat penghasilan tambahan. Dengan catatan usaha kerajinan yang dijalankan sudah mampu menghasilkan penjualan/pemesanan yang banyak sehingga cukup untuk membayar para pekerja sesuai hasil pekerjaannya.

Jualan Pulsa Dan Kuota Internet

Usaha apa yang bagus untuk jangka panjang? Jawabannya adalah pulsa dan kuota internet.

Dahulu kala sebelum era internet, penjualan hanya menarget kebutuhan pulsa ponsel. Sekarang, penjualan menarget ke kuota internet. Pebisnis kelas grosir atau eceran sama-sama mendapatkan penjualan yang laku. Khusus penjualan eceran, letak penjualan pulsa dan kuota internet yang paling laku adalah di area perkampungan. Saya belum tahu, apakah penjualan pulsa eceran di area perkotaan bisa laku mengingat transaksinya sudah lewat Tokopedia dan lainnya.

Mengapa usaha pulsa dan kuota internet dianggap usaha yang bagus untuk jangka panjang? Prinsip usaha yang bisa laku cepat, laris-manis dalam waktu cepat ketika memenuhi “maksimalitas permintaan” dan “minimalitas penawaran”. Artinya, ada banyak permintaan pulsa di saat hanya sedikit para penjual pulsa. Maka, masing-masing penjual bisa mendapatkan jumlah penjualaan yang banyak. Luarbiasanya, beberapa kios menjual pulsa dan kuota internet namun tetap mendapatkan penjualan yang bagus. Artinya, usaha pulsa dan kuota internet memang bisnis jangka panjang.

Hanya saja, apakah anda mau sebagai pengecer atau penggrosir? Ini akan menentukan besarnya keuntungan. Tentunya, penjualan grosir jauh lebih besar mendapatkan keuntungan daripada eceran.

***

Peluang usaha rumahan dengan modal kecil di atas bisa digabungkan menjadi satu-kesatuan usaha. Misal usaha warung makan bisa digabungkan dengan usaha kue, gorengan dan sebagainya. Begitu juga usaha secara online bisa digabungkan penjualan offline yang di-online-kan seperti penjualan kue dan kerajinan tangan online. Cara penggabungan semata-mata untuk mempertahankan usaha agar bisa menghasilkan keuntungan jangka panjang.