5 Keberanian Memulai Bisnis ala Pemodal Kecil

blog
Bagaimana cara memberanikan diri dalam memanfaatkan peluang bisnis dengan modal kecil? Apakah anda tergolong orang yang memiliki sikap tidak berani dalam menjalankan sebuah bisnis? Bila memang benar, maka tulisan ini akan memberikan solusi untuk memberanikan jiwa anda memulai dalam bisnis.

Keberanian

Banyak orang bila tidak memiliki modal uang atau kecil dalam bermodal untuk bisnis maka tidak berani memulai menjalankannya. Padahal, modal bisnis berupa uang hanya berapa persen saja, itu pun tidak harus mengandalkan uang sendiri. Ada kalimat unik yang bisa menjadi semangat, “Tidak harus membutuhkan uang untuk menghasilkan uang”. Ini artinya tidak harus mengumpulkan uang untuk modal bisnis.

Di sekitar anda banyak sekali peluang bisnis, namun apakah anda memiliki modal rencana untuk memanfaatkannya? Bila anda memiliki modal 1 miliar, apa yang harus anda lakukan untuk membuka bisnis? Nah, anda tidak bisa menjawab karena anda belum bisa membuat perencanaan sebagai modal bisnis.

Berikut adalah cara untuk menghimpun keberanian dalam memulai bisnis ala pemodal kecil dengan memanfaatkan peluang yang ada:

1. Berani Untuk Niat Membuka Bisnis

Kalau memang niat anda tidak mau menjalankan/membuka usaha, jangan dikatakan anda tidak berani untuk membuka usaha. Bagaimana bisa mengklaim diri anda tidak berani sedangkan anda belum memiliki niat untuk terjun dalam dunia bisnis? Setidaknya harus terlebih dahulu memiliki niat untuk membuka usaha.

Bila anda memiliki niat, namun tidak berani untuk memulainya, selebihnya anda bisa memupuk keberanian yang akan dijelaskan dalam pembahasan berikutnya.

Namun bagaimana bila berniat untuk berbisnis saja tidak berani? Bila kondisinya seperti ini, jelas, antara minat atau tidak minat sedang terjadi peperangan dalam diri anda. Yang jelas, biasanya kondisi ini terjadi ketika ada sebuah tekanan dari luar yang mengharuskan untuk memulai bisnis. Biasanya orang yang melakukan ini adalah orang yang menjadi korban PHK atau kebutuhan lain yang mengharuskan untuk berbisnis.

Cara terbaik untuk memberanikan untuk niat menjalankan bisnis adalah dengan membayangkan sebanyak mungkin keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh. Bila hanya memperbanyak bayangan tentang kerugian dalam bisnis, maka niat anda dalam memulai bisnis akan melemah.

2. Berani Mencari Peluang Bisnis Terbaik

Mau tidak mau anda harus mencari dan memberanikan diri mencari peluang bisnis terbaik. Rata-rata orang yang tidak memiliki keberanian memulai bisnis maka akan tidak berani juga dalam mencari peluang bisnis yang akan dijalankannya. Setidaknya bila anda tidak berani berbisnis hanya karena modal kecil dan kurang pengalaman, bisa memulainya dengan memilah-milah peluang bisnis dan mencari yang terbaik.

Mencari peluang atau ide bisnis yang terbaik adalah terbaik untuk anda sendiri juga tahan lama dalam perubahan zaman. Sejak dahulu, bisnis nasi uduk tetap laku walau berjamuran nasi dengan berbagai variasi. Bila anda mau menjual nasi uduk dan kebetulan memiliki keahliannya, ini peluang yang bagus. Bila anda menjual barang elektronik sedangkan anda baru memulai bisnis, bisa jadi barang elekronik yang anda jual akan tersingkir perkembangan teknologi yang membuat bisnis anda bangkrut.

3. Berani Membuat Perencanaan Bisnis

Bila sudah berani mencari berbagai peluang bisnis dan mempelajarinya, anda akan menemukan peluang bisnis yang cocok dan tahan pada perubahan zaman. Ini menjadi modal penting dalam menjalankan bisnis sebelum modal berupa uang. Bila anda memiliki uang sebesar 1 miliar, anda sudah paham jenis bisnis apa yang akan dilakukan.

Secara otomatis, anda pun akan mendapatkan perencanaan-perencanaan menjalankan bisnis.

Anda harus membuat perencananan bisnis yang lebih kepada teknik kerja sistem bisnis. Bila anda tidak berani membuat perencanaan kelas bisnis menengah-ke atas, cukup membuat perencanaan kelas bisnis warteg. Bila mau membuka nasi uduk, anda bisa meniru sistem kerja yang dilakukan pengelola warteg. Anda bisa berkunjung untuk membeli makanan di warung warteg sambil melihat pengelolaannya. Dari sini, anda akan mendapatkan pertambahan keberanian dalam menjalankan bisnis.

4. Berani Untuk Belajar Untuk Lebih Baik

Tidak ada batu akik yang indah terkecuali mengalami berbagai proses. Ini menandakan bahwa anda perlu belajar untuk menjadi lebih baik. Belajar memberikan anda pertambahan keberanian. Biasanya, orang yang tidak berani memulai bisnis karena salah satunya tidak memiliki kemampaun. Jadi, tidak ada cara yang lain kecuali harus belajar pada yang sudah berpengalaman.

5. Berani untuk Memakai Uang Orang Lain

Bila sudah melakukan hal di atas, tentu solusi calon pebisnis bermodal kecil adalah dengan mengandalkan uang orang lain. Bila anda hanya memikirkan bagaimana memulai bisnis dengan modal sendiri di saat keuangan anda terbatas maka akan memakan waktu lama. Setidaknya, anda sudah tahu dan menguasai langkah-langkah di atas sehingga anda tidak perlu mikir untuk memulai bisnis.

Sistem kerjasama atau berhutang bisa anda lakukan dengan orang lain. Intinya, berani memanfaatkan peluang bisnis dengan mengandalkan uang orang lain.



jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!