Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Tips Peluang Usaha Pulsa untuk Pembelajaran

Mau menjalankan peluang usaha dalam pembelajaran pemula di bidang usaha pulsa elektronik? Memang untuk sekarang-sekarang ini, tidak bisa dikatakan bahwa usaha pulsa memang bagus. Karena sudah terlalu penuh persaingan. Lagi pula, untuk individu yang punya kesibukan menghabiskan pulsa banyak dalam sebulan, membeli pulsa lewat konter sudah tidak efektif lagi. Mereka lebih menyukai membeli pulsa lewat pelayanan lain sehingga memiliki cadangan saldo yang banyak.

pulsa elektronik

Namun bagi anda yang mau memulai usaha bisnis, alangkah baiknya mencoba untuk membuka usaha penjualan pulsa. Anda bisa menjual pulsa sekedar sampingan saja karena memang yang anda butuhkan adalah pembelajaran. Di samping itu, anda pun membutuhkan pulsa sehingga membeli saldo pulsa bagian dari kebutuhan anda sendiri.

Dalam satu bulan anda menghabiskan saldo pulsa sebanyak 200.000 karena ada kebutuhan untuk biaya pulsa sms/tlp, internet dan lainnya. Daripada anda membeli melalui konter, lebih baik menjadi distributor pulsa. Bila disertai usaha, walaupun tidak ada yang beli, pulsa justru bisa digunakan untuk anda sendiri. Kerugian anda dalam hal usaha pulsa memang tidak ada.

Hanya saja, dalam memulai usaha, katakanlah jualan pulsa, tentu prinsip berbisnis harus anda tetapkan. Artinya, bila teman anda membeli pulsa secara kredit pada anda, jangan dijadikan tema berbelas-kasih yang membuat anda tidak berani menagih hutangnya. Walau keuntungan yang di dapat tidak seberapa, namun prinsip berbisnis harus tetap dipupuk. Karena ke depan, bila bisnis anda sudah berkembang maju, bila tidak memiliki kekuatan prinsipnya maka bisnis anda akan bangkrut secara nyata.

Apa saja tips yang perlu dilakukan untuk menjalankan peluang usaha bisnis pulsa sebagai pembelajaran?

1. Memupuk Mental Bisnis

Memupuk mental bisnis adalah menekankan prinsip berbisnis. Salah satunya adalah bila ada penjualan berarti harus ada keuntungan. Artinya, bila ada yang membeli pulsa secara kredit, maka anda harus tegas bahwa itu kredit walaupun yang membeli adalah orang tua anda. Namun bukan berarti sikap anda tidak luwes dan senderung kasar dalam menangani orang yang membeli secara kredit. Intinya harus menekankan keuntungan bila ada penjualan.

Pembahahasan di atas memang sesuai pengalaman saya sendiri, menagih hutang sampai mendatangi rumah si penghutang walaupun sekedar 7000.

Banyak sekali prinsip-prinsip berbisnis yang harus masuk dalam jiwa anda agar memiliki mental bisnis yang handal.

2. Belajar Membuat Perencananan Usaha Pulsa

Dalam menjalankan usaha, perlu yang namanya perencanaan. Walaupun anda membuka usaha pulsa sekedar pembelajaran, namun hasil pembelajaran tentu digunakan untuk usaha yang lain yang lebih besar lagi. Sehingga belajar membuat perencanaan memang penting.

Membuat perencanaan usaha pulsa tentu merencanakan tentang target tempat penjualan pulsa. Memang penjualan pulsa bisa dilakukan tanpa tempat. Walau demikian, anda harus berpikir, apakah mau memiliki tempat usaha atau tidak. Bila memang mau memiliki tempat, harus memikirkan perencanaan yang lebih matang.

Perencanaan selanjutnya adalah harus membeli saldo berdasarkan jumlah pelanggan. Tentu, yang terpenting adalah memperbanyak pelanggan agar banyak yang membeli pulsa di tempat anda. Bila banyak yang beli, keuntungan bisa untuk membayar tempat kios dan lainnya bila memang mengandalkan tempat.

Dari dasar membuat perencanaan sederhana lewat penjualan pulsa saja, sudah menjadi modal untuk kesuksesan bisnis di bidang lain.

3. Mempelajari Pengalaman Yang Dianggap Gagal

Dalam usaha, pasti mengenal kegagalan. Misal, anda sudah gencar promosi penjualan pulsa dengan beberapa penawaran menarik, tetap saja tidak ada perubahan dalam penjualannya alias kurang laku. Hal ini bisa anda pelajari. Mungkin saja produk pulsa sudah tidak menarik lagi untuk dijual atau karena memang penuh dengan persaingan pada produk pulsa.

Anda bisa mempelajari dugaan-dugaan yang menyebabkan usaha gagal. Lalu hasil dari dugaan itu, anda pelajari dengan dibantu panduan bisnis yang memang sudah dijelaskan para pakar bisnis. Bisa membeli buku atau mengikuti pelatihan-pelatihan. Intinya adalah, harus ada pembelajaran dari kegagalan anda. Maka bila menemukan solusi baru, anda bisa mencobanya. Inilah yang dianggap pengusaha sejati. Selamat mencoba tips peluang usaha pulsa