4 Tips Memulai Peluang Bisnis Pulsa

Memulai Peluang Bisnis Pulsa
Anda mau menjalankan peluang bisnis pulsa? Mungkin Anda berpikir bahwa persaingan bisnis pulsa sudah ketat di daerah Anda. Jangan khawatir karena saya akan memberikan tips bagaimana menjalankan peluang bisnis pulsa.

Perlu Anda tahu dan pasti Anda sudah tahu bahwa pulsa sudah memasuki kebutuhan primer. Tanpa pulsa ibarat hidup orang yang jarang makan alias tidak berdaya. Bahkan ada yang bilang dengan becanda bahwa lebih baik tidak makan daripada tidak ada pulsa walau sehari, hehe...

Kebutuhan pulsa tidak seperti kebutuhan membeli perabot rumah tangga atau fashion. Tetapi kebutuhan seperti makanan pokok yang harus disantap. Sehingga prospek sangat menjanjikan bila Anda menjalankan bisnis pulsa dengan pengelolaan yang profesional dan disiplin walau persaingan sudah sesak.

Bila Anda seorang yang memiliki banyak relasi baik dalam organisasi, pendidikan, ataupun pergaulan maka keadaan ini bisa dijadikan target pasar Anda dalam bisnis pulsa.

Hanya modal awal yang tidak terlalu besar maka bisnis pulsa Anda bisa dijalankan.

Peluang bisnis pulsa bisa dilakukan dengan menetap seperti dalam kios khusus penjualan pulsa atau tidak memiliki tempat khusus. Memang, Anda membutuhkan tempat yang strategis yang sekiranya banyak orang. Tentu, kalau tidak memiliki tempat yang stretegis maka penjualan bisa sepi.

Apa saja tips yang perlu dilakukan untuk mengelola peluang bisnis pulsa?

1. Memulai Bisnis Tanpa Tempat

Seperti pengalaman saya dalam bisnis menjual pulsa, saya memulai dari penjualan pulsa tanpa tempat. Artinya hanya mengandalkan saldo. Walau cara ini terbilang memiliki pasar terbatas namun efektif untuk menguji keberhasilan dalam menjual pulsa.

Cara memasarkannya bisa dengan mengirimkan sms ke semua nomer kontak yang ada di Hp Anda. Anda tinggal membeli sebuah paket sms dan mengirimkannya secara serentak ke banyak nomer.

Resikonya bisa jadi Anda akan dihutangi teman-teman atau sodara-sodara Anda. Bila ternyata berhutang, jangan katakan "tidak berani" menagih hutang.

Bila pembeli berhutang maka harus ada batas pelunasan. Bila melanggar perjanjian maka harus bersikap tegas. Ini yang pernah saya lakukan walau dalam hal ini saya salah karena saya memarahi salah satu teman yang ingkar janji.

2. Lanjutkan Bisnis Bertempat

Cara ini untuk memperluas target pasar yang Anda bidik. Orang yang membeli tidak hanya teman Anda saja tetapi juga orang yang lalu-lalang di depan kios Anda.

Cara efektif penjualan pulsa bertempat adalah dengan menggabungkan penjualan lain. Standarnya memang penjualan pulsa dan kartu pulsa. Tapi bisa dengan menjual headset dan aksesoris Hp lainnya. Atau bila memang tidak menyukai penjualan aksesoris karena setelah diteliti tidak laku maka bisa menjual hal-hal yang laku seperti makanan dan minuman.

3. Berdisiplin Dalam Menjual Pulsa

Dalam hal ini harus benar-benar dibedakan antara pulsa untuk pribadi dan pulsa untuk penjualan. Bila memang sebelum bisnis pulsa Anda memakai pulsa 50.000 per bulan maka setelah penjualan pun tetap berjumlah seperti ini. Jangan karena banyak saldo pulsa lantas Anda menambah-nambah pengeluaran pulsa.

Dengan pendisiplinan seperti ini maka akan tercegah dari kebangkrutan.

Juga perlu diperhatikan mengenai uang milik pribadi dan uang milik bisnis. Tentu bila pemasukan sudah didapatkan maka perlu dikurangi biaya-biaya lain. Bila hasil akhirnya mendapatkan keuntungan, maka baru keuntungan itu bisa Anda bagi sebagai gaji Anda dan modal cadangan.

4. Percepat Perputaran Modal

Anda bisa menghipun pelanggan. Dengan banyaknya pelanggan yang membeli membuat ada percepatan perputaran modal. Maka, memilih lokasi untuk bisnis pulsa harus tepat yaitu berada dikawasan yang ramai. Biasanya di samping sekolah atau kampus. Tujuannya agar mengalirnya arus pembelian.

Bila yang menjadi pelanggan Anda sering berhutang, maka tentukan jatah waktu pelunasan tidak lebih dari 3 hari. Intinya jangan ada modal macet karena bisa memuat bisnis pulsa Anda bangkrut.

Jasa Minisite Usaha Online Dan Clickbank

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!