Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Modal Kecil Tanpa Memalukan

blog
Peluang usaha apa saja yang tepat untuk mahasiwa dengan mengandalkan modal kecil dalam usahanya tanpa membuat malu karena usaha yang dijalankan tidak memalukkan? Pembahasan ini sangat tepat untuk mahasiswa, walaupun bisa juga sebagai peluang untuk para pemuda lainnya. Pada dasarnya usaha tidak mengenal umur. Bisa dilakukan untuk umur berapa saja saja walaupun tetap ada unsur pemilihan berdasarkan selera dan kondisi psikis sesuai umur.

Usaha Untuk Mahasiswa

Apakah anda pernah melihat seorang mahasiswa, yang pasti pria, berjualan perlengkapan wanita di depan gerbang kampus sambil menawari pada mahasiswi yang lewat? Yang jelas bila anda melihat kejadian itu, bisa jadi akan merasa risih seperti yang saya alami. Saya melihat sendiri bagaimana mahasiswa bermuka ‘memelas’ mondar-mandir mengikuti pejalan kaki sambil menawarkan barang dagangannya. Rata-rata menolak karena mereka juga malu membelinya. Apa jadinya bila hal itu terjadi pada diri anda? Artinya anda melakukan hal yang sama seperti mahasiswa itu?

Secara uji mental, mahasiswa boleh saja berjualan produk apa saja dengan cara apa saja. Namun yang menjadi khawatir adalah bisa menimbulkan ‘drop’ bila sembarangan menjalankan usaha tanpa memikirkan kondisi psikis. Ketika di tengah jalan memikirkan kejadian-kejadian yang pernah dilakukan dan ternyata menurut pikiran sadar telah melakukan hal yang memalukan, tentunya tidak akan melakukannya lagi kejadian yang pernah dialami. Artinya, sia-sia saja membangun mental pengusahanya.

Lalu apa saja dan bagaimana peluang usaha dengan modal kecil yang tepat untuk ukuran mahasiswa sesuai jenis kelaminya agar tidak mengalami kejadian seperti kasus mahasiswa di atas? Tidak mau kan menambah bayangan memalukan dalam pikiran anda?

Tips Pencarian Modal Untuk Membuka Usaha Modal Kecil

Di sini usaha modal kecil yang di maksud hanyalah modal yang dimiliki anda. Namun bukan berarti anda hanya mengandalkan modal kecil dari anda. Anda tetap membutuhkan modal tambahan karena usaha yang akan dijalankan adalah usaha tanpa sesuatu yang memalukan. Kalau tanpa sesuatu yang memalukan, cara yang harus ditambah hanya masalah permodalan. Tanpa menambah permodalan tentu akan menghasilkan penjualan yang remeh-temeh. Apakah anda mau menambah modal atau menambah hal yang memalukan?

Usaha apapun kalau legal dan halal, sebenarnya bukan hal yang memalukan. Bila strategi penjualannya tepat, bukan seperti kasus mahasiswa di atas, tentu tidak masalah melakukan penjualan produk yang tekesan memalukan seperi jualan pulsa tanpa konter. Namun untuk sebagian orang, apalagi sudah tingkat mahassiwa, usaha yang terlihat remeh akan membuatnya malu.

Untuk itu anda harus siap melakukan pencarian modal sebagai pertambahan modal kecil bila tidak mau mengalami hal yang memalukan. Agar benar-benar menjalankan usaha modal kecil, anda bisa bekerjasama dengan beberapa orang, baik teman mahasiswa atau teman kampung anda. Tentunya masing-masing menggunakan modal usaha yang sama-sama kecil. Namun kalau digabungkan menjadi satu akan menghasilkan permodalan yang luamayan besar.

Tips Usaha Sistem Kerjasama Modal Kecil

Menajalankan peluang usaha dengan tenaga sendiri tentu akan berbeda bila dengan menggunakan tenaga orang lain. Dalam hal permodalam memang jauh lebih besar bila mengandalkan tenaga sendiri. Keuntungan bekerjasama dengan orang lain, tentu akan mengalami keringanan berbagai hal. Tetapi yang menjadi masalah adalah kegiatan operasional harus dibuat kesepakatan yang tepat agar tidak menimbulkan ketidakadilan, konflik di kemudian hari.

Karena anda menggunakan sistem kerjasama sebagai upaya menggunakan permodalan yang kecil, maka perlu strategi khusus dalam proses menjalankan usahanya. Strateginya memang mudah namun tetap membutuhkan perundingan secara matang terlebih dahulu. Salah satunya adalah membuat kesepatanan bahwa si pemilik tidak terlibat langsung dalam kegiatan operasional. Artinya mengandalkan karyawan lain.

Sudah banyak mahasiswa yang sukses dengan mengandalkan sistem kerjasama dalam menjalankan peluang usaha dengan modal kecil. Banyak sekali variasi usaha hasil kreasi anak muda seumuran mahasiswa. Dengan sistem kerjasama, usaha yang terkesan memalukan akan hilang dengan sendirinya karena sudah masuk dalam kerja tim.

Berbagai Jenis Usaha Mahasiswa Modal Patungan

Ada banyak sekali jenis-jenis usaha yang bisa anda manfaatkan. Dalam hal ini tidak bisa dijadikan keharusan memilih jenis tertentu yang dianggap tepat untuk mahasiswa. Semua jenis usaha memang tepat untuk mahasiswa. Hanya saja bergantung selera dan kesiapannya. Nah, usaha apa yang tepat sesuai selera dan kesiapan anda dan teman-temannya?

Namun paling tidak, saya akan menjelaskan jenis-jenis usaha yang mungkin sesuai selera mahasiswa pada umumnya. Berikut beberapa jenis usaha dan penggambaran dalam menjalankan usahanya.

1. Penjualan Pulsa

Ada hal besar dibalik usaha penjualan pulsa. Hal ini tidak bisa dianggap remeh. Mungkin anda berpikir bahwa penjualan pulsa sudah penuh sesak. Benar memang, sudah penuh pesaing. Namun hal itu kalau anda melihat dengan kacamata offline. Kalau melihat dengan kacamata online, persaingan penjualan pulsa nyaris tidak terlihat. Persaingan penjualan pulsa hanya terlihat ketika melakukan pencarian di Google. Namun strategi marketing online tidak hanya menggunakan Google. Dalam hal ini, peluang usaha pulsa online masih dianggap belum memiliki pesaing yang berat.

Target penjualan bisa dilakuakan secara online dan offline. Anda perlu memikirkan dalam hal pembangunan reputasi dan keamanan usahanya saja bila melakukan penjualan pulsa secara online.

2. Usaha Jasa Pengetikan

Usaha jasa pengetikan pun kalau melihat jumlah pesaing bisa membuat anda pusing dalam menjalankan usahanya. Kenapa? Karena pesaing dalam jasa ini pun terbilang banyak bila melihat di kawasan kampus. Otomatis target lokasi yang tepat untuk menjalankan usaha jasa ketik yaitu berada di sekitar kampus. Bagaimana agar bisa menjalankannya bila sudah banyak pesaing?

Sekali lagi, kalau melihat dengan kacamata offline, tentunya akan melihat banyak pesaing. Namun kalau melihat secara online, hampir tidak bisa terlihat pesaingnya. Bisa melihat pesaing bila kita mengunjungi situs penjualannya. Kalau sekedar melihat pesaing lewat online, bagaimana mau dianggap pesaing yang nyata? Masing-masing memiliki market yang berbeda dan juga berjauhan, otomatis.

Namun apakah usaha jasa pengetikan dilakukan secara online? Tentu tidak. Karena jasa pengetikan tidak bisa dilakukan secara online kecuali jasa mengetik pembuat skripsi yang ilegal. Ini hanya strategi dalam menghasilkan income secara online dengan wadah jasa pengetikan.

Bagaimana mendapatkan penghasilan tambahan lewat online selain dari jasa pengetikan? Tentunya membuka jasa penulisan artikel. Tinggal mencari pengetik yang mampu membuat artikel berbagai tema. Jadi karyawan jasa pengetikan harus mahir membuat artikel berbagai tema agar bisa mengetik dalam hal pembuatan artikel.

3. Usaha Warung Kopnet

Kalau sekedar warung kopi, akan bernama ‘warkop’. Namun kalau warung kopi disertai layanan koneksi internet, tentunya akan bernama ‘warung kopnet’. Warung kopi dan layanan internet bisa menjadi usaha bagus bila berada di kawasan kampus. Rata-rata mahasiswa tentu penggemar kopi dan juga membutuhkan layanan internet. Biasanya sehabis selesai pengajaran salah satu mata kuliah akan santai sambil menikmati hidangan kopi plus rokok.

Daripada hanya membuka usaha warnet tanpa kopi ataupun usaha warung kopi tanpa layanan internet, lebih baik keduanya digabungkan menjadi satu. Penggabungan ini jauh lebih baik dan akan menghasilkan pelanggan yang tidak sedikit.

Namun resiko membuka warung kopnet adalah akan ada banyak orang yang sekedar nongkrong untuk menikmati layanan internetnya saja. Pastinya menggunakan Wifi agar tidak membutuhkan perlengkapan komputer atau laptop. Untuk menghindari pengguna yang tidak berkepentingan, anda bisa memberlakukan sistem membership. Jadi pelanggan bisa mendaftarkan diri sebelum menikmati layanan internet secara gratis. Setiap mau menikmati layanan internet, anda sendiri yang membuka akun Wifi-nya agar pasword tidak diketahui orang. Tujuannya agar tidak bisa dibuka banyak orang.

Strategi memberikan layanan internet hanya untuk meningkatkan pelanggan kopi saja. Artinya layanan internet diberikan secara gratis. Anda tidak perlu khawatir mengenai keabisan kuota. Solusinya harus sistem berlangganan walaupun mahal. Biasanya seharga 300.000 untuk unlimited bila menggunaan Telkom.

Atur saja bagaimana pengelolaan layanan internetnya. Dan yang paling penting, biaya membership jangan dberikan gratis walaupun nantinya penggunaannya bisa sepuasnya dalam 1 bulan.

Sambil menikmati kopi, menikmati layanan internet, tentunya bisa disertai penjualan menu-menu lain yang sifanya untuk mengenyangkan perut seperti bubur ayam dan menu yang lainnya.

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!