Sukses Membuka Bisnis Warnet Game Online

Dahulu, beberapa tahun sebelumnya, bisnis warnet merupakan bisnis yang menjanjikan. Kenapa? Karena memang belum marak layanan internet yang murah bila dikonsumsi oleh pribadi. Namun sekarang diperkirakan menurun peminatnya. Menurun peminatnya seiring muncul layanan internet murah baik lewat modem atau handphone disertai kecenderungan pengguna lebih tertarik berinternet via handphone.

Sukses Membuka Bisnis Warnet Game Online

Namun siapa sangka, dunia online alias dunia teknologi internet yang pergerakannya tidak statis membuat inovasi baru yaitu memunculkan game online. Hal ini menjadi peluang yang bagus untuk pebisnis warnet agar memanfaatkannya yang sebelumnya hanya melayani internet biasa seperti mencari informasi di internet. Dengan menyediakan game online, tentu akan menarik kembali pelanggan lama yang sebelumnya tidak tertarik pada warnet dan memunculkan pelanggan baru karena ada layanan game online.

Tentu, walau game online menjadi andalan peluang bisnis warnet sekarang ini, harus tetap menyediakan layanan internet biasa agar pengguna warnet yang masih tertarik dengan layanan internet biasa bisa mendapat tempat. Jadi ada dua dalam hal bisnis warnet yaitu: layanan internet biasa dan internet game online.

Ada beberapa tips dalam menjalankan peluang bisnis warnet game online ini agar bisa meraih kesuksesan yang bertahan lama. Berikut hal-hal yang bisa sebagai opsional dalam menjalankan bisnisnya.

Memilih Komputer Kualitas Terbaik

Karena anda membuka bisnis warnet game online walau disertai layanan internet biasa, anda harus memakai komputer kualitas terbaik. Kalau komputer pentium 4, ini hanya dipakai oleh pebisnis jasa rental komputer. Namun untuk warnet apalagi game online, harus menggunakan di atas pentium 4. Karena dalam berinternet biasanya akan membuka situs-situs yang berat. Ketika komputer hanya memakai pentium 4, tentu akan mengakibatkan sulit untuk terbuka halamannya ketika sudah lama memakai komputer. Jadi, hindari menggunakan pentium 4.

Karena menggunakan komputer, maka daya listrik harus mendukung banyak komputer agar bila dijalankan semua tidak terjadi mati lampu karena daya listrik yang lemah.

Layanan Internet Terbaik Untuk Kesuksesan Bisnis Warnet

Apakah dalam bisnis internet, anda akan menggunakan layanan hemat biaya namun tidak memperdulikan bagaimana kondisi koneksi internet? Banyak pebisnis internet memang berfokus seperti itu. Semakin menghemat biaya maka semakin lelet internetnya. Kenapa? Begini.

Demi menghemat biaya, anda memilih komputer kualitas jadul seperti memakai pentium 4. Memang harganya murah. Anda pun menghemat dalam membeli layanan internet dengan memilh kualitas sedang namun untuk banyak komputer misal 20 komputer. Anda memperkirakan penghematan ini akan menghasilkan untung yang besar. Benarkah?

Ketika terlalu banyak komputer, apalagi komputer kualitas pentium 4 di saat hanya menggunkan layanan internet kualitas sedang, yang terjadi adalah banyak pelanggan yang akan mengalami kekecewaan karena internet lelet alias loading lama ketika digunakan dalam waktu bersamaan. Apalagi bisnis warnet disertai game online, jelas lebih lelet lagi. Lantas, siapa pelanggan warnet anda berikutnya?

Jangan sampai penghematan justru membuat bisnis warnet anda bangkrut. So, jangan ada pemikiran penghematan bila berurusan dengan koneksi internet. Semakin banyak komputer, maka harus semakin bagus koneksi internetnya.

Untuk itu, agar layanan internet yang anda beli tidak sia-sia, jalankan bisnis warnet yang berpotensi laku per harinya. Semakin sepi, semakin rugi. Semakin rame, tidak mungkin, karena terbatas tempat.

Pilih Lokasi Yang Mendukung Aktifitas Game Online Di Warnet

Bisnis warnet memang berkaitan dengan layanan internet. Biasanya akan menyewa layanan internet ke pihak lain tiap bulannya. Bila memang menggunakan sistem sewa tiap bulannya atau ada pembatasan harus habis tiap bulan, tentu harus mendukung dengan kunjungan pengguna warnet per harinya. Belum lagi berkaitan dengan biasa sewa listrik, sewa kios, dan biaya lainnya yang harus dibayar tiap bulannya. Benar-benar harus laku.

Maka dari itu, penting sekali memilih lokasi yang berpotensi menghasilkan banyak kunjungan per harinya. Di mana lokasi yang cocok untuk layanan warnet game online? Untuk menjawab, perhatikan terlebih dahulu keadaan orang yang menjalankan game. Biasanya, game dilakukan di saat waktu istirahat karena merasa lebih nyaman untuk bermain game. Juga memperhatikan kondisi keuangan si calon pengguna warnet anda, bisa tidak setiap hari menjalankan game online?

Jadi, lokasi yang tepat adalah berada di tempat keramaian di jalan raya. Mau tidak mau, harus mencari tempat yang ramai. Memilih tempat keramaian pun harus tahu, siapa dalam keramaiannya. Biasanya, pengguna game online adalah anak remaja sekitar SMP sampai SMA. Maka tempat ramai yang terbaik adalah yang dikelilingi beberapa sekolah. Lokasi di kampus bukan target yang bagus kecuali ada beberapa sekolah di tempat itu.

Lokasi ramai pun perlu diperhatikan, apakah mudah mendapat pelanggan baru? Tempat terpencil di lokasi ramai tentu tidak bagus. Bila memang anda menjalankan promosi bisnis warnet, bagaimana menunjuk keberadaan lokasinya? Tentu sulit. Untuk itu, tempat harus berada di depan keramaian, jangan dibelakangnya.

Harga Terjangkau Memperhatikan Potensi Berlangganan Game Online

Bila melayani internet biasa dalam bisnis warnet anda, pelanggan biasanya akan menggunakan beberapa kali. Intinya mereka jarang kembali lagi. Namun bila melayani game online, pelanggan berpotensi kembali lagi setiap hari, karena memang bagian dari aktifitas refresing para pecinta game. Walau bisa dilakukan di gatget mereka, namun biasanya mereka tidak puas kalau sudah terbiasa bermain game di layar besar seperti komputer. Efek visualnya yang memang tidak mengganggu mata pecinta game bila bermain di komputer.

Untuk itu, mematok harga per jam tidak perlu mahal. Terpenting tiap bulan anda bisa untung karena selalu dikunjungi pelanggan warnet tiap harinya. Lagi pula, rata-rata pengguna game online adalah remaja, keuangan masih mengandalkan orang tua. Mematok harga murah per jam membuat pelanggan akan betah berlangganan warnet game online anda.

Alternatif lain keuntungan bisa berjualan yang mendukung pelanggan beraktifitas game online selama berjam-jam. Anda bisa berjualan minuman dingin yang menyegarkan. Walau aktifitas game online, tetap saja seperti sedang berolahraga yang bisa haus.

***

Empat langkah atau tips di atas hanya hal utama yang perlu diperhatikan sebagai langkah anda memulai bisnis warnet yang berfokus game online. Masih ada hal lain yang perlu diperhatikan selain poin pembahasan di atas.

Masalah permodalan bisnis warnet memang besar karena satu komputer bekas saja seharga minimal 2 juta. Kalau 10 komputer berarti membutuhkan 20 juta. Belum modal untuk yang lainnya yang membuat bisnis warnet dijalankan oleh kalangan tertentu saja. Bila memang merasa tidak sanggup dalam modal, abaikan saja bisnis ini.

Jasa Minisite Usaha Online Dan Clickbank

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!

0 Response to "Sukses Membuka Bisnis Warnet Game Online"

Post a Comment

Mohon komentar biasa saja, jangan iklan dan memberi link aktif di badan komen. Komentar spam akan dihapus