Bangun Usaha Jasa Pembuatan Blog Untuk Publisher Google Adsense

blog
Masih mengharapkan mendapat akun Google Adsense di saat sudah banyak orang yang memiliki akun Google Adsense? Kenapa tidak mencoba saja membuka usaha jasa pembuatan blog yang mana bisa memanfaatkan akun adsense orang lain. Anda tidak perlu bersusah-payah berjuang agar mendapatkan akun itu. Percuma saja memiliki akun bila tidak memiliki jaringan blog.


Seorang publisher Google Adsense tidak akan berguna statusnya bila hanya memiliki 1 blog yang masih juga sepi pengunjung. Semakin banyak blog yang memiliki kunjungan banyak maka akan memperbesar penghasilannya. Kesuksesan Google Adsense adalah terletak pada kualitas dan kuantitas blognya alias memiliki jaringan blog berkualitas. Namun sayangnya, banyak publisher pemula yang kesulitan membangun jaringan blog. Membuat blog bisa mahal di saat tidak terjamin penghasilannya. Dengan alasan inilah, anda bisa membuka usaha jasa pembuatan blog.

Lah, para publisher pemula kesulitan membangun jaringan blog, kenapa anda malah memanfaatkan (dalam kontek negatif) mereka sebagai peluang usaha jasa pembuatan blog anda? Secara negatif, terkesan memanfaatkan mereka, memang. Namun bila harga jasa pembuatan blog dianggap gratis, berharga Rp.0,-, apakah memanfaatkan mereka dengan cara negatif? Wah, ya keterlaluan bila sampai dianggap memanfaatkan mereka dengan cara negatif.

Bagi yang berani dan mau membuka jasa pembuatan blog seperti ini, ada beberapa cara yang wajib diketahui agar tidak salah dalam proses kerjasamanya. Ujungnya, malah ada pihak yang dirugikan.

Baca: Jasa pembuatan blog

Persiapan Untuk Usaha Jasa Pembuatan Blog

1. Persiapan Skill Blogging

Tentunya anda harus menjadi praktisi blogger yang memang sudah membangun beberapa blog yang sukses. Ini sebagai modal membangun usaha jasa pembuatan blog. Paling tidak adalah kemahiran menulis artikel blog yang SEO Friendly dan artikel yang direstui Google Adsense. Tujuan kemahiran anda adalah untuk membangun jaringan blog. Dalam hal ini, anda pun yang ikut andil dalam pembuatan blog walaupun bisa saja hanya bagian menulis artikel.

Tapi kan yang namanya usaha, harus ada pekerja yang akan membantu dalam menjalankan usaha anda? Bila anda hanya sendirian, apa bedanya dengan jasa jahit baju? Yang namanya usaha jasa, harus ada pekerja walaupun hanya satu orang.

Memiliki kemahiran dalam membuat blog juga bertujuan menyeleksi beberapa pekerja yang siap untuk menjalankan tugas. Namun maksud menyeleksi pekerja di sini adalah menyeleksi jasa/freelance online yang banyak beredar di internet. Bukan diartikan mendatangkan pekerja lalu melakukan intervew. Keuntungan era online saat membangun usaha online adalah tidak perlu mendatangkan karyawan ke kantor kita (rumah).

Namun, kalau pekerja untuk blogging, paling hanya di bagian jasa SEO atau artikel. Hal ini sebenarnya bisa dilakukan sendiri, dilakukan anda sendiri. Pada awalnya, Anda dalam usaha jasa ini bertugas sebagai penulis, marketing SEO. Ketika sudah berhasil kerjasama dan menghasilkan keuntungan, bisa menarik orang lain untuk mengurusi beberapa blog.

Sudahkah anda mahir menulis? Cek kursus belajar menulis blog disini

2. Persiapan Pembangunan Blog Adsense

Bila ada masuk dalam persiapan pembangunan blog, sebenarnya bukan dianggap jasa pembuatan blog. Persiapan yang anda lakukan lebih kepada usaha jasa iklan blog. Namun apapun namanya, tidak penting. Terpenting adalah anda sudah menyiapkan aset blog terlebih dahulu sebelum membuka usaha yang memanfaatkan iklan Google Adsense. Hal ini untuk mempercepat mendapat penghasilan dari Google Adsense ketika sudah terjalin kerjasama. Orang yang bekerjasama dengan anda pun merasa diuntungkan karena proses earning didapatkan dengan cepat.

Terpenting, bila blog anda sudah sukses, menghasilkan trafik banyak sebelum melakukan kerjasama, anda bisa melakukan keputusan terbaik seperti: bila dalam 6 bulan tidak menghasilkan klik dari iklan, kerjasama putus.

Langkah dalam persiapan jasa usaha pembuatan blog seperti ini:
  • Membuat blog sesuai keahlian dan usaha anda namun memiliki pasar yang bagus
  • Menulis artikel lebih dari 1 artikel setiap hari agar menghasilkan banyak blog dalam waktu 1 tahun
  • Mencari backlink SEO dan sumber trafik lainnya
  • Menyediakan template yang responsive, cocok untuk adsense
  • Dan sebagainya

Namun bila anda ingin murni dalam jasa pembuatan blog, anda tidak perlu mempesiapkan membuat blog. Keuntungannya adalah terhindar dari ketidakjelasan proyek. Namun kerugiannya adalah, tidak bisa membuat keputusan seperti “bila dalam 6 bulan tidak menghasilkan klik dari iklan, kerjasama putus”, karena pembuatan blog terjadi ketika memulai kerjasama.

Sistem Kerjasama Dalam Usaha Jasa Pembuatan Blog

Mengatur kerjasama dalam usaha jasa pembuatan blog khusus publisher Google Adsense adalah hal yang penting dipikirkan, mengingat, bila salah mengatur sistem kerjasama maka akan berujung konflik. Hal ini karena pihak terkait saling merahasiakan data penting pribadinya.

1. Aturan Kepercayaan

Masing-masing saling merahasiakan data pribadinya. Yang sebagai publisher merahasiakan akun Google Adsense-nya sehingga orang lain tidak bisa tahu jumlah komisi sebenarnya. Begitu juga sebagai pemilik jasa pembuat blog, juga merahasiakan akun blog-nya. Ini hal prinsip kerjasama yang harus dibangun dalam jasa pembuatan blog. Aturan ini dianggap adil.

Di sini menekankan aturan saling percaya. Pihak publisher harus percaya pada pihak jasa blog. Begitu juga untuk pihak jasa blog harus percaya pada publisher.

Ketika anda membuka usaha jasa pembuatan blog, dapat dipastikan bahwa pembuatan blog yang di maksud adalah hanya memfasilitasi iklan milik publisher adsense. Status blog memang 50% milik anda namun kontrol blog sepenuhnya, 100% milik anda. Hal ini untuk mengamankan blog anda juga.

Apakah sebagai pubsliher akan merasa dirugikan bila kontrol blog sepenuhnya ada pada anda? Tidak! Mendapatkan fasilitas memasang iklan gratis adalah sebuah anugrah untuk si publisher blog, apalagi secara maksimal memasangkan iklan. Hal ini terinspirasi oleh blog Portal-uang.com yang memberlakukan kerjasama seperti yang sedang saya jelaskan walaupun tidak fokus pada 1 publisher.

2. Pembagian Komisi

Sistem kerjasama dalam pembagian komisi yang saya jalankan dalam jasa pembuatan blog (sementara status saya masih pekerja untuk jasa ini) adalah menentukan komisi bayaran berdasarkan jumlah artikel. Pembayaran komisi sesuai harga per artikel yang nantinya dikalikan sesuai jumlah artikel. Cara ini sangat efektif untuk menghindari ketidakjelaskan atau ketidakadilan kerjasama terutama untuk publisher adsense pemula.

Namun anda bisa menambahkan dengan memberlakukan jumlah persen pembayaran komisi untuk anda sesuai jumlah blog yang disejajarkan dengan blog milik publisher. Misal jumlah blog anda berjumlah 5 blog sedangkan si publisher juga 5 blog dengan kondisi trafik kunjungan yang hampir sama tiap bulannya. Maka anda bisa meminta pada publisher untuk memberikan komisi 20% atau terserah saja setelah pelunasan pembayaran komisi per jumlah artikel. Hal ini dilakukan bila ternyata anda sudah tidak meng-update artikel lagi.

Namun lebih baik anda menghadirkan 1 blog namun berkualitas untuk tiap publisher. Hanya mengandalkan 1 blog yang berisi 1000 artikel, anda bisa bayangkan sendiri berapa komisi yang akan didapatkan. Misal 1 artikel dengan 500 kata dihargai Rp.7000, maka 7000 x 1000 = 7.000.000. 1 hari kontinyu menulis sampai 5 artikel. Dalam jangka 1 tahun, anda sudah menghasilkan 1000 artikel. Kalau sudah 1000 artikel dan ingin berhenti menulis, anda bisa menentukan komisi berdasarkan persenan. Ya, tidak perlu meminta sampai 50%.

Bagaimana bila ingin menambahkan komisi? Saran terbaik adalah jangan membebankan pada 1 publisher. Buat apa juga membuka usaha jasa pembuatan blog khusus publisher adsense bila hanya mengaandalkan 1 publisher? Tentunya anda bisa menarget lebih dari 5 publisher. Wah, kalau begitu harus 5 blog? Wah, kapan waktu bersama keluarga dan temannya kalau hanya mengurusi blog untuk orang lain? Di sinilah dibutuhkan usaha jasa, yang artinya mengandalkan tenaga orang lain. Anda bisa memilih penulis yang benar-benar ahli di tema yang akan dijadikan blog dan paham bagaimana menulis artikel untuk kebutuhan adsense. Bagian anda, tinggal bertugas memarketingkan blog.

Tentunya anda harus rela membayar diawal. Berani?

Apakah menjamin bahwa pihak publisher akan memberitahukan jumlah komisinya dalam arti tidak berbohon, menipu anda? Terpenting, fokus utama membangun jaringan blog adalah untuk kepentingan usaha anda sendiri. Sampingannya, anda jadikan sebagai jasa iklan untuk publisher. Terjadi tipuan atau tidak, tidak penting. Namun kalau ingin dosa dari Tuhan, silahkan menipu, hehe...

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!