Jasa Menulis 5 Artikel
Harga Murah Dengan Standar SEO
CUMA 60.000 @500Kata

Langkah-Langkah Membuat Blog Yang Sering Diabaikan


Langkah-langkah membuat blog di sini berfokus pada blog untuk kepentingan bisnis. Karena kepentingan bisnis, langkah-langkah membuat blog yang sering diabaikan tentu yang berkaitan dengan kepentingan bisnis dan juga untuk kepentingan lain yang perlu dipikirkan. Langkah-langkah membuat blog jangan sampai mengabaikan sesuatu yang penting untuk diterapkan. Banyak blog yang tidak mengalami kesuksesan karena ada beberapa langkah penting yang diabaikan. Biasanya, langkah penting yang diabaikan terkalahkan oleh ego si pembuat blog. Biasanya, karakter penulis yang memiliki hobi menulis sering mengabaikan langkah-langkah membuat blog, entah karena terlalu fokus dengan menulis atau memang meremehkannya (karena faktor tidak mengerti juga). Jadi, anda perlu langkah-langkah membuat blog yang tidak mengabaikan faktor penting dalam kesuksesan blog.


Apa saja langkah-langkah membuat blog yang sering diabaikan para pembuat blog? Berikut pembahasan yang perlu anda perhatikan agar bisnis online anda mengalami kesuksesan.

1. Mengabaikan Belajar Seputar Langkah-Langkah Membuat Blog

Tugas pebisnis memang tidak perlu mengurusi hal-hal teknis terlalu dalam. Anda cukup memahami secara gambaran besar bagaimana langkah-langkah membuat blog tanpa mengabaikan hal-hal yang penting untuk diterapkan. Memang, anda perlu bantuan orang lain yang bisa dipercaya dalam membuat blog. Anda perlu memahami bagaimana kemampuan orang lain dalam membuat blog. Tetapi setelah dibuatkan, anda jangan berdiam diri mengahrapkan semua baik-baik saja.

Yang jelas, banyak pemula meminta bantuan orang lain dalam mengurusi langkah-langkah membuat blog tetapi pada akhirnya hanya menghasilkan blog yang lemot dan tidak terurus. Masalahnya, mereka tidak mengerti cara meminta bantuan orang lain. Yang jelas, meminta bantuan orang lain bukan berarti tidak mengerti persoalan teknis langkah-langkah membuat blog. Tragisnya, pihak yang ahli sudah mengurusi blog yang agak benar, mereka mengganti dengan pihak lain yang dibawah standar. Jelas, kalau tidak memanahi langkah-langkah membuat blog, bisa sering mengabaikan hal-hal penting dalam membuat blog.

Di sini, anda harus memutuskan untuk memiliki asisten pribadi yang handal dalam mengurusi blog. Dengan kemampuan anda memahami dunia blogging, anda bisa mendapatkan asisten yang terbaik. Setiap membuat blog baru, anda tidak perlu mengandalkan orang lain dalam mengurusi langkah-langkah membuat blog.

Catatan 1: perhatikanlah langkah-langkah membuat blog dengan serius memperhatikan proses belajar sekalipun anda mengandalkan asisten. Karena, owner yang baik adalah yang memahami perusahaannya.

2. Mengabaikan Meriset Kata Kunci Blog

Sepertinya, penyakit pemula yang enggan mengurusi hal teknik langkah-langkah membuat blog adalah sering mengabaikan meriset kata kunci. Dalam hal ini, saya mengambil contoh kasus klien saya. Saya sering menangani backlink seo untuk situs klien. Saya menyarankan untuk memperhatikan kata kunci. Tetapi, setiap kali klien meminta bantuan jasa backlink SEO, ia sering memberikan pengajuan kata kunci yang tidak memiliki efek pada pencarian. Saya sering menasehati untuk meriset terlebih dahulu kata kunci. Akhirnya, kata kunci selalu dirubah sesuai arahan dari saya agar bisa menang di posisi pertama dengan membawa hasil berupa kunjungan. Tragis, sikap seperti klien saya memang banyak dimiliki para pemula yang meremehkan riset kata kunci. Mereka lebih mengutamakan brand situs daripada kata kunci pencarian. Inilah salah satu langkah membuat blog yang sering diabaikan para pemula dalam membuat blog.

Catatan 1: perhatikan langkah-langkah membuat blog dengan mau memperhatikan kegiatan meriset kata kunci sebelum membuat konten tulisan yang akan dipublish di blog.

3. Mengabaikan Template/Theme/Tampilan Website Yang Mendukung Bisnis

Kasus ini dialami oleh salah satu klien saya. Kebetulan klien ini memiliki banyak situs penjualan dengan disertai blog. Saya mencoba menyarankan untuk memberikan template/theme yang lebih mendukung bisnis. Beberapa kali saya menyarankan, tampilan website tetap dalam kondisi buruk. Kebetulan, klien memiliki banyak situs. Hal ini yang mungkin mengabaikan tampilan website.

Kasus yang banyak terjadi dalam mengabaikan template website adalah para pelaku adsense atau pengembang blog dummy (biasa disebut PBN, Pribate Blog Network). Mereka biasanya membuat banyak situs dengan mengandalkan template yang seadanya. Bahkan, website mereka seperti sengaja tidak serius dirapihkan. Beberapa lagi tidak mengikuti arus website mobile yang responsive. Dalam kacamata bisnis, pembuatan website yang mengabaikan tampilan/template/theme justru tidak menguntungkan. Tragisnya, rata-rata artikel justru hasil copy-paste.

Padahal, langkah membuat blog yang cukup efektif adalah memperhatikan tampilan website dengan menghadirkan konten yang serius. 1 website saja bisa menghasilkan kesuksesan yang besar asalkan memenuhi syarat sukses. Percuma memiliki banyak website bila tampilan dan konten tidak serius diurus.

Catatan 3: pemilihan template/theme/tampilan jangan harus menjadi perhatian penting dalam langkah membuat blog agar nilai konversi suatu blog bisa naik meningkatkan penghasilan bisnis.

4. Mengabaikan Dalam Memperhatikan Keseriusan Konten

Anda mau menjadi blogger sukses tetapi tidak serius mengurusi konten, dalam hal ini tulisan? Bila seperti ini, anda masih kelas pemula. Biasanya, pemula tidak serius dalam menghadirkan konten tulisan. Hal ini wajar dilakukan mengingat mereka masih belajar menulis. Jadi, ini yang biasa diabaikan dalam langkah-langkah membuat blog. Sayangnya, bila dari awal tidak berniat menseriuskan diri, tulisan berikutnya akan tidak serius.

Apa maksud tidak serius? Di sini, kebutuhan membuat blog adalah untuk kepentingan bisnis. Jadi, ketidakseriusan mereka yaitu tidak berfokus untuk kepentingan bisnis. Mereka menulis asal saja, tidak memperhatikan kepentingan bisnis. Dalam menulis, ada kegiatan riset keyword, memasukkan unsur marketing, membuat variasi tulisan dan sebagainya yang mendukung kepentingan bisnis. Biasanya, blog dibuat secara gado-gado sehingga tidak fokus pada konten yang berkepentingan untuk bisnis. Kalaupun blog gado-gado untuk adsense, penulisan pun tidak memiliki kepentingan menaikkan kunjungan dari Google. Padahal, blog gado-gado berpotensi melejitkan kunjungan dari Google.

Catatan 4: langkah membuat blog memang mudah di awal membangun. Tetapi langkah-langkah pengurusan konten blog ke depan perlu menjadi perhatian yang serius karena pengembangan kontennya memang bisa memberatkan bila salah dalam perhatian konten.

5. Mengabaikan Menu Navigasi dan Tombol Sosmed Yang Tidak Terisi Tautan

Banyak pemula tidak mengurusi masalah masalah menu navigasi yang berada di header. Menurut pakar SEO, menu navitasi yang dipasang tanpa url pertanda bahwa blog belum siap. Biasanya, menu navigasi berisi kode tag . Nah, mereka tidak sempat memasukkan url di dalam kode tag seperti ini, baik di menu dan juga di tombol sosial media. Mungkin mereka menganggap bahwa persoalan ini tidak penting. Namun, anda jangan berbicara keseriusan sebuah blog bila belum memberikan keterangan jelas dalam tag tersebut. Lebih baik, anda menghapusnya saja. Kebanyakan pemula memang mengalami kesulitan. Biasanya, kode tag seperti ini berada di dalam badan HTML sebuah blog.

Menurut pakar SEO juga, bila menu navigasi atau tombol sosial media berada di bagian header, akan menghabiskan banyak poin backlink yang menuju ke halama yang dianggap tidak penting seperti halaman kontak, tentang penlis dan sebagainya. Alangkah baiknya pemasangan url tidak penting dilakukan sebelum pemasangan backlink.

Catatan 5: menu navigasi memang salah satu syarat langkah dalam membuat blog. Untuk itu, anda perlu memperhatikan url dalam menu navigasi. Jangan sampai tidak terisi url karena belum dianggap serius di mata Google.

6. Mengabaikan Dalam Fokus Kategori Blog

Pembahasan ini spele. Blog yang tidak memiliki kategori seperti blog yang super gado-gado untuk blog gado-gado. Segado-gadonya blog, segeneral-generalnya tema blog, tetap saja dalam pembahasan memiliki spesifikasi yang ditandai dengan kategori/label. Untuk blog wordpress, tag bisa menjadi solusi penspesifikan berikutnya. Maka hal yang aneh bila tiap post tulisan diberikan banyak kategori. Kategori ibaratnya sebagai bab buku. Bila tidap tulisan diberikan kategori banyak, bercampur dengan tulisan lain, ini bisa membingungkan pembaca. Tujuan pengkategorian justru untuk pemisah. Maka, alangkah baiknya tulisan diberikan kategori 1 atau 2 saja. Selebihnya, anda bisa bermain dalam tag tulisan.

Catatan 6: Mungkin anda tidak berkepentingan mengurusi hal kategori dalam langkah membuat blog. Tetapi, apapun alasannya, kategori dan tag bagian dari langkah membuat blog yang harus anda perhatikan, bukan diabaikan.

Yuk, anda bisa mengandalkan jasa pembuatan blog dalam soal langkah-langkah membuat blog.