Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usaha Jus Jambu Merah Kemasan Terbaik

Apakah anda mau membuka usaha jus jambu merah? Peluang usaha kecil seputar jus buah yang dianggap unggul, berpotensi laris adalah salah satunya jus jambu merah. Catatan pentingnya adalah tidak semua buah cocok dibuat jus untuk kepentingan usaha. Pemilihan jus jambu merah sebagai produk usaha adalah pilihan yang tepat. Di samping rasanya yang segar, jus jambu merah juga memiliki beberapa manfaat, baik untuk kesehatan ataupun kecantikan.


Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel yaitu seputar usaha jus buah sebelumnya bahwa ada jus buah yang tidak mementingkan kesehatan yakni terletak pada es batu. Belum lagi masalah air jus yang tidak dimasak terlebih dahulu. Memang penjual es pinggir jalan memiliki dilema masalah seperti ini. Penjual es merasa bingung mau menggunakan pendingin yang seperti apa: memakai es batu atau lewat penyimpanan di lemari pendingin. Kalau penjual es menggunakan es batu, resikonya memakai es batu yang ada dipinggir jalan. Sulit menemukan es batu yang diproduksi secara higienis. Apalagi menggunakan lemari pendingin, penjual dipusingkan dengan harga lemarinya.

Bila anda meminum jus buah khususnya jus jambu merah dengan alasan ingin meraih kesehatan, salah besar bila masih mengandalkan jus pinggir jalan. Kecuali penjual sudah memberikan klaim bahwa jus jambu merah berstandar sehat, baik es batu, air, atau kemasan. Tetapi apakah ada penjual jus jambu merah yang seperti itu? Nah, bila penjual jus jambu merah sudah mengemas jusnya, baik di dalam gelas plastik atau botol minuman, sudah otomatis terhindari dari pemberian es batu. Masalah lain tentu ada yakni bahan pengawet dan pewarna.

Masalah minuman jus jambu merah yang sudah dikemas dalam gelas atau botol, tetap saja memiliki seputar permasalahan kesehatan. Jambu merah yang sudah dijus, diblender tanpa terlebih diawali dengan pemesanan alias diproduksi terlebih dahulu, tentu bisa memiliki niat pengawetan jus jambu merah dengan cara yang lain yakni memberi bahan pengawet kimia. Bisa juga dengan memberikan bahan pewarna yang cocok, serasi dengan jambu merah. Tidak seperti minuman jus jambu dadakan yang melakukan pem-blender-an setelah ada pemesanan sehingga mustahil memberikan bahan pengawet atau pewarna.

Untuk masalah jus jambu merah kemasan bergantung kejujuran si pengelola, penjual jus kemasan. Bila memang tidak menggunakan bahan pengawet dan pewarna, katakan saja dengan terbuka. Namun tidak berkata demikian pun tidak menjadi masalah bila pembeli sudah merasa percaya (karena tahu jus jambu berpengawet atau berpewarna). Tetapi bila kenyataan jus jambu merah dicampuri dengan bahan-bahan yang tidak sehat lantas mengaku tidak mencampuri dengan itu, maka penjual sudah melakukan pelanggaran penjualan. Bagaimana pembeli akan tahu kondisi jus murni dan jus berbahan kimia? Bisa saja sulit. Maka dari itu, kembali pada kejujuran si pengelola, penjual jus jambu merah kemasan.

Namun secara kaca mata bisnis, menjual jus jambu kemasan jauh lebih diuntungkan.

Pertama, pembeli tidak perlu menunggu pem-blender-an jambu merah. Hal ini tidak mengganggu waktu pembeli. Jus jambu merah biasanya melakukan pemisahan biji terlebih dahulu setelah pem-blender-an sehingga bisa memakan waktu. Apalagi biji jambu merah harus dibuang karena bisa mengganggu dalam pengkonsumsian jus.

Kedua, tempat pembuatan jus jambu merah tidak bercampur bekas jus buah lainnya. Tukang jus tidak hanya menjual jus jambu merah. Bagaimana bila masih ada bekas aroma bahkan ampas jus? Memang bisa dibuang dengan pencucian. Tetapi, apakah pembersihan itu menjamin bersih, hilang?

Ketiga, bisa dibeli dengan jumlah banyak. Jus jambu merah yang sudah terbungkus gelas plastik atau botol kondisinya tertutup, bisa dibawa dalam posisi bagaimanapun. Hal itulah yang membuat pembelian jus bisa berjumlah banyak dalam sekali pembawaan. Berbeda bila membeli jus jambu merah hasil dadakan olahan, hanya bisa melakukan pembelian 1 atau 2 karena penutupnya tidak terlalu rapat.

Keempat, jus jambu merah kemasan bisa ditaruh dalam lemari pendingin. Hal ini menguntungkan dalam hal upaya pendinginan jus. Tidak membutuhkan es batu dan juga tidak ada tambahan air akibat pencairan es batu. Bagi pembeli, jus kemasan pun bisa ditaruh ke lemari pendingin bila ingin diminum esok atau lusa nanti.

Kelima, harga bisa bersaing dengan jus jambu merah dadakan namun potensi penjualan lebih tinggi. Mengapa harga bisa bersaing? Baik jus dadakan atau jus kemasan, sama-sama membutuhkan wadah alias kemasan. Biasanya jus dadakan menggunakan gelas plastik plus sedotannya. Begitu juga jus kemasan, sama-sama dibungkus dalam wadah seperti itu. Soal permodalan dalam pembelian kemasan jus tentu bisa sama jumlahnya. Namun dalam segi keuntungan, penjualan jus kemasan bisa melebihi jus dadakan.

Kira-kira, apakah anda mau menjalankan usaha jus jambu merah kemasan? Sepertinya mau bila anda memiliki niat membuka usaha jus. Namun, bagi pemodal kecil, penjualan jus kemasan sulit untuk terwujudkan. Permodalan tidak hanya membeli blender, tetapi juga mesin untuk penutupan jus yang ada di dalam wadah.

Manfaat Jus Jambu Merah

Ada beberapa manfaat yang ada pada jus jambu merah seperti halnya pada buah-buahan yang lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat yang ada pada jus jambu merah:

a. Mengandung Antioksidan

Buah jambu merah mengandung aktionsidan yang artinya memiliki kandungan vitamin C. Bila mengandung vitamin C, otomatis tidak hanya sekedar antioksidan tetapi juga sebagai sintesis kolagen yang bermanfaat untuk menjaga kulit, pembuluh darah, organ dan tulang. Bila anda tidak menyukai jus jeruk, bisa memanfaatkan jus jambu merah karena memiliki kandungan yang sama walaupun bisa jadi kadarnya berbeda.

b. Mengandung Serat

Daun jambu merah memang berkhasiat untuk pelancaran pencernaan. Begitu juga dengan buah jambu merahnya yang berkhasiat untuk kesehatan pencernaan. Hal ini karena jambu merah mengandung serat yang tinggi. Tujuan serat pun bermanfaat untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Cocok untuk penderita diabetes bila bukan berbentuk jus bercampur gula pasir.

c. Mengandung Vitamin A

Seperti yang sudah lumrah adalah banyak buah yang berwarna merah mengandung vitamin A seperti wortel dan ubi jalar. Vitamin A berkhasiat untuk kesehatan mata, kesehatan kulit dan selaput lendir dan paling penting menjaga diri dari kanker. Jambu merah memang benar-benar dibutuhkan bagi pecinta hidup sehat.

Dan masih banyak lagi manfaatnya.

Konsumen Jauh Lebih Memilih Jus Jambu Merah

Menurut penilaian pribadi, jus jambu merah adalah jus buah yang dianggap paling enak. Saya sudah mecoba jus jeruk, jus apel, jus mangga, jus alpukat, dan tentunya jus jambu merah. Di antara buah yang sudah dirasakan oleh saya, jus jambu merah memang yang paling enak.

Mengapa jus jambu merah dianggap paling enak? Jus jeruk dianggap cair dan ada kesan pahit-pahitnya bila langsung di-blender. Jus apel memang sama seperti jus jeruk yakni cair namun cenderung manis mengingat kulitnya yang tidak terasa pahit. Karena jus apel dan jeruk cair, kurang enak bila untuk minuman jus. Buah mangga cenderng kental bila dibuat jus tetapi rasa asamnya kadang mengganggu. Kalau jus alpukat, statusnya sama seperti jus mangga yaitu kendal. Nah, terakhir jus jambu merah. Kondisi jambu merah bila di jus cenderung stabil, tidak kendal atau cair. Namun jus jambu kurang terasa nikmat bila tidak memakai gula pasir. Maka pemberian gula pasir adalah nilai pemabah kenikmatan.

Dari standar penilaian pribadi, bisa dikatakan bahwa konsumen jauh lebih memilih jus jambu merah. Bisa dikatakan jus jambu merah diterima banyak kalangan, baik yang peduli berat badan atau tidak, anak kecil atau dewasa, orang sehat atau sakit. Maka dari itu, bila mau menseriuskan usaha jus buah, bisa memilih jambu merah sebagai produk jusnya.

Memakai Gelas Bukan Botol Plastik Untuk Kemasan Jus Jambu Merah

Penjualan jus jambu merah tidak perlu memakai kemasan yang menguras kantong jauh lebih banyak daripada kemasan yang seharusnya layak untuk jus kalangan bawah. Anda perlu mempertimbangkan pengeluaran untuk kemasan jus. Apakah cocok bila menggunakan botol plastik? Cocok atau tidak itu relatif. Seperti halnya penggunaan gelas plastik sebagai kemasan jus jambu merah, bergantung selera. Tetapi kalau dilihat dari permodalan untuk membeli kemasan untuk jus, jauh lebih baik menggunakan gelas. Di samping itu, untuk minuman jus untuk skala menengah-ke bawah (baik pengusaha atau konsumen), jauh lebih tepat bila jus buah memakai gelas plastik.

Memang pemakaian gelas plastik masih membutuhkan alat penutup yakni mesin cup sealer dan juga membutuhkan plastik penutup gelas plastik. Tetapi kondisi seperti itu dianggap bisa melindungi atau jaminan kehigienisan sebuah minuman jus. Bila seperti itu, kemasan botol plastik pun membutuhkan alat penutup agar tersegel dan juga plastik sebagai cap merek. Apalagi, mau melakukan penjualan online, kondisi seperti itu wajib dilakukan.

Bila seperti itu, lebih memilih yang mana?

Menurut saya pribadi, lebih memilih memakai gelas plastik sebagai kemasan jusnya.


Resep Jus Jambu Merah

Jus jambu merah yang akan menjadi produk bisnis memang membutuhkan resep pengolahan yang hasilnya bisa diterima banyak lidah konsumen. Bila Anda mau menjual jus, tentunya harus mengandalkan tenaga ahli soal resep jus. Bisa juga anda berperan sebagai tenaga ahli mengingat sudah pernah belajar soal mengelola berbagai jus. Bila tidak berdasarkan resep jus yang tepat, jus jambu merah hanya menjadi jus tunggal tanpa campuran atau jus campuran yang terasa tidak enak.

Walaupun anda hanya menfokuskan pada penjualan jus tunggal (hanya jus murni jambu) tetap saja pengelolaan jus membutuhkan resep yang tepat agar hasilnya juga bisa terasa enak di lidah banyak orang. Masalah ukuran pemberian air untuk jambu satu butir atau pemberian gula pun harus diketahui dan dikuasainya. Ketepatan resep dalam mengelola jus jambu merah pun bertujuan untuk menjaga kondisi rasa dan beberapa hal yang ada dalam jus. Menjual jus jambu merah bukan melulu soal rasanya yang enak tetapi juga keenakannya bisa berkelanjutan untuk jangka panjang. Maka penting memiliki resep yang tepat yang terpakai dengan tepat.

Banyak pengusaha, secara khusus minuman, menjaga produksinya dengan ketepatan resep. Artinya, mereka menjaga resep yang sudah menjadi kesepakatan di awal produksi untuk terus dilanggengkan. Ketepatan resep dijadikan barometer keberhasilan sebuah bisnis. Hal ini beralasan bahwa produk merupakan perwujudan dari sebuah misi bisnis. Bila pengolahan produk gagal maka sudah dipastikan misi bisnisnya gagal. Banyak produk tidak pernah berubah kondisinya padahal sudah diproduksi puluhan tahun yang lalu dan tersebar ke seluruh dunia. Hal itu wujud konsistensi penjagaan resep agar terolah dengan tetap sesuai resep yang sudah ditetapkan.

Bagaimana dengan resep jus jambu merah? Artikel ini tidak menjelaskan soal resep langkah-langkah membuat jus jambu merah sebagai bentuk resepnya. Artikel ini hanya berusaha menjelaskan prinsip dasar membuat produk jus yang berasal dari bahan jambu merah. Prinsip dasar ini memiliki tujuan agar produksi jus jambu merah bisa berhasil yang siap bersaing dengan produk minuman khususnya jus jambu dari perusahaan lain. Bagaimana prinsip dasarnya dalam resep jus jambu merah?

a. Menjaga Kesehatan

Sepertinya, kesehatan jus sering diabaikan para penjual kecil. Banyak yang menggunakan es batu yang tidak higienis. Banyak juga yang menggunakan air galon isi ulang yangꟷmenurut dokterꟷdisebut air ledeng bukan galon dari merek yang sudah dipercaya kesehatannya. Tetapi, apakah penjual kecil bisa memenuhi unsur kesehatan ini? Sulit bila masih menjadi penjual jus dadakan. Harus menjual jus kemasan karena minimal tidak akan memakai es batu.

Kesehatan jus jambu merah pun berkaitan dengan jambu merah yang didapatkannya. Pembelian buah berasal dari tukang buah tidak menjamin bersih dari bahan-bahan yang berbahaya. Namun bila langsung ke perkebunan kebun jambu atau ke pasar yang terpercaya menjual buah sehat, penjual kecil tidak akan mampu menjangkaunya.

Mementingkan jus jambu merah yang sehat harus mementingkan kualitas bisnis itu sendiri. Semakin bagus sistem bisnisnya, maka akan secara otomatis meningkatkan kualitas kesehatan jus.

b. Konsistensi Mempertahankan Resep

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mempertahankan resep dari waktu ke waktu sangat penting untuk kelangsungan suatu bisnis. Maka pembahasan ini tidak perlu diperpanjangkan.

c. Menvariasikan Resep Jus Jambu Merah

Pasar akan jenuh dengan produk yang monoton. Di sini, tidak bermaksud menambah jenis jus. Anda bisa menambah ke jenis juga bila sudah memproduksi variasi jus jambu merah. Ada banyak variasi jus jambu merah. Seperti jus jambu merah original, jus jambu merah susu krim, jus jambu merah yogurt dan variasi resep lainnya. Hal ini penting diperhatikan untuk menghindari kejenuhan konsumen.

Dalam jangka panjang, bisa menambah jus lain selain dari jus jambu merah. Untuk itu, penamaan perusahaan jangan mewakili jus jambu merah agar bisa memproduksi berbagai jenis jus. Kecuali mau konsistem dalam jus jambu merah saja, penyesuaianpun tidak menjadi persoalan

d. Resep Tampil Beda

Resep ini bisa dikatakan adalah resep rahasia. Walaupun jus jambu merah bisa dibuat original yang semua orang bisa membuatnya, tetapi dengan mengandalkan resep rahasia, jus bisa memiliki rasa yang berbeda, khas, yang tidak bisa ditiru. Bisa dari pemilihan buahnya, takaran airnya atau bahkan cara pengolahannya. Intinya, bisa tampil berbeda hanya karena resep rahasia. Resep rahasia mungkin hanya bisa dijalankan bila pengelola yang mengambil alih penanganan resep.

Tetapi, apakah bisa jus jambu merah yang murni tanpa campuran bahan lain bisa berbeda dengan produk pesaing? Entahlah. Kita analisis air minum kemasan antar merek. Apakah ada berbedaan? Masing-masing mengklaim berbeda. Bisa dari sumber airnya atau pengolahannya. Sama halnya dengan jus jambu merah, bisa dilakukan berbeda dari sisi buah, gula atau lainnya.

Bangun Usaha Jus Jambu Merah Berkelas Perusahaan Besar

Banyak penjual jus, rata-rata hanya menggunakan kios kecil tempat usahanya. Kalaupun jualan jus mengandalkan tempat besar, hal itu dicampuri beberapa penjualan produk lainnya. Bisnis semacam itu membuat sebagian orang tidak tertarik membuka usaha jus. Standar pengusaha seperti itu bisa jadi masih dianggap sebagai penjual jus bukan pengusaha jus. Penjual jus akan sibuk melayani pembeli setiap harinya walaupun ia sebagai pemilik jus. Sedangkan pengusaha jus akan sibuk memantau dan memikirkan bagaimana pengelolaan bisnisnya ke depan.

Pemfokusan produksi jus jambu merah memudahkan dalam pembangunan bisnis kelas pebisnis alias pengusaha. Mengapa demikian? Untuk memproduksi sebuah jus jambu merah, pengusaha membutuhkan stok jambu kepada salah satu pemilik perkebunan jambu. Bila tidak memiliki fokus dalam produksi jus jambu di awal pembangunan sebuah bisnis, pengusaha akan kesulitan dalam menarget perkebunan yang lain. Bagaimana memilih beberapa perkebunan yang berbeda tempat untuk produksi minuman jus? Bagaimana pemilihan resep untuk beberapa jenis jus? Tentunya si pengusaha tidak semudah berpikir mengenai keuntungan. Ya, berfokus pada jus jambu akan mengefek pada tingkat keuntungan bisnis karena akan berfokus pada varian jus jambu daripada terpisahkan dengan jenis jus.

Apakah bisa menfokuskan bisnis kelas besar hanya pada produksi jus jambu merah? Bagaimana pula produsen mi instan yang konsisten memproduksi mi instan? Mereka berhasil hanya berfokus pada mi instan. Atau kalau mau contoh yang bagus adalah produsen minuman air putih. Bagaimana bisa produsen air putih kemasan bisa mengapai kesuksesan yang besar? Sekali lagi, perusahaan yang berfokus pada salah satu jenis produk bisnis tidak sampai mempersulit perjalanan bisnis. Karena pada akhirnya, perusahaan minuman air bening kemasan memproduksi jenis air yang lain yakni minuman elektrolit yang masih berstatus bening. Jadi, perusahaan sangat bisa melangkah menuju bisnis besar hanya berfokus pada produksi jus jambu merah.

Hal yang dipentingkan perusahaan jus jambu merah adalah membangun sistem perusahaan. Perusahaan air kemasanꟷyang terkesan tidak ada artinyaꟷmampu meraih kesuksesan karena bersistem bisnis yang mendukung untuk meraih kesuksesan besar.

Daftarkan Produk Jus Jambu Merah Untuk Penjualan Online

Ketika melayani salah satu klien, saya mendapat informasi bahwa produk si klien sedang melakukan pendaftaran di beberapa lembaga seperti Dinas Kesehatan, HAKI, dan MUI. Sekarang ini sudah menyelesaikan pendafarannya. Untuk pengurusan lainnya adalah uji kadaluarsa produk. Menurut si klienꟷyang juga berdasarkan hasil seminar UMKMꟷbahwa untuk penjualan secara online, produk makanan atau minuman terlebih dahulu harus didaftarkan ke lembaga-lembaga yang berkepentingan mengontrol produk makanan dan minuman. Nah, salah satu yang harus didaftarkan adalah produk jus jambu merah.

Mengapa harus didaftarkan terlebih dahulu ke pihak yang terkait dengan kontrol produk? Saya sendiri kurang paham. Namun untuk menghindari resiko pelanggaran penjualan produk, alangah baiknya produk jus jambu merah melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk meminimalisir resiko.

Manfaatkan Situs Jual Beli Online

Saran saya, lebih baik memanfaatkan situs jual-beli online yang terpercaya. Katakanlah anda memanfaatkan Tokopedia atau Bukalapak. Dengan memanfaatkan situs tersebut, anda sudah menghemat dalam pembuatan situs online shop yang bersistem canggih. Kedua situs itu sudah memiliki sistem online shop yang canggih. Bila anda tidak memiliki banyak rekening, pihak situs jual-beli akan memfasilitasi. Bila tidak repot mengenai komunikasi tertela-tele penuh curiga dari pembeli hanya sekedar masalah pengiriman produk, situs jual-beli online tersebut sudah menyiapkan alur transaksi, mulai dari pembayaran sampai konfirmasi pengiriman. Intinya, anda bisa diuntungkan dengan memanfaatkan situs jual-beli online.

Apakah tidak harus menggunakan situs toko online sendiri? Seharusnya anda membuat situs toko online sendiri bila sudah bersistem secanggih situs jual-beli seperti Tokopedia. Tetapi bila situs penjualan tidak secanggih situs jual-beli online, mengapa harus buang uang hanya untuk memiliki situs tidak canggih?

Dengan memanfaatkan situs jual-beli yang sudah populer dan terpercaya, anda bisa dengan mudah menarget penjualan spesifik kota tempat tinggal Anda. Rata-rata pembeli sekarang beralih ke situs terpecaya yang melindungi konsumen. Tidak mustahil juga anda mendapatkan konsumen yang berasal dari daerah yang sama dengan anda. Hal ini karena mereka sudah mengetahui situs jual-beli online. Ketika membeli secara online barang yang dibutuhkan, mereka lebih tertarik menarget pembelian dari penjual satu kota. Tentunya, ongkir murah dan pengiriman cepat. Asalkan, anda menjual produk hasil karya sendiri, salah satunya jus jambu merah.