Cara Membuat Buku Cerita Fiksi Laku Dijual Secara Online

Bagaimana cara membuat buku cerita fiksi yang bisa laku dijual secara online? Pertama-tama, penjualan novel secara online memiliki kesulitan tersendiri kecuali dijual di penerbit mayor. Belum lagi masalah lokasi yang harus disesuaikan. Namun, bila membahas kesulitan-kesulitan semata, kapan anda bisa memecahkan kesulitan yang akan atau sedang dihadapi?


Cara Membuat Buku Cerita Fiksi

Pertama-tama, tentu adalah mengenai cara membuat buku fiksi itu sendiri. Bagaimana seharusnya membuat buku fiksi yang lebih menarget pasar potensial? Bila mau laku, pembuatan buku fiksi novel seperti halnya membuat produk pada umumnya. Mengapa buku fiksi novel anda tidak laku? Maka bisa dijawab, mengapa produk anda tidak laku? Masing-masing memiliki selera yang berbeda. Tentu, sesama peminat pada hal tertentu pun belum tentu memiliki ketertarikan yang melingkupi sesuatu itu. Anda suka membaca buku fiksi novel, mereka suka membaca buku. Anda suka membaca buku novel, mereka pun sama. Tetapi, antara anda dan mereka bisa jadi menyukai jenis dan kualitas yang berbeda pada buku fiksi novel yang dibaca.

Maka dari itu, anda harus memperhatikan langkah sebagai berikut.

1. Melihat Pasar Remaja

Apapun buku fiksi novel yang akan dibuat untuk usaha buku secara online, anda harus memperhatikan pasar kalangan remaja. Karena mereka lah yang bisa menghabiskan buku fiksi novel anda. Anda bisa melihat di rak-rak toko buku, siapakah yang melihat buku fiksi novel? Rata-rata adalah anak yang masih berusia sekolah atau kuliah. Inilah yang perlu anda pikirkan dalam membuat buku fiksi novel. Sekalipun anda membuat buku fiksi novel yang menceritakan orang terdahulu, novel sejarah, sebisa mungkin mengemas ceritanya yang mendukung untuk kalangan remaja. Apakah anda paham?

2. Memakai Bahasa Sederhana

Buku fiksi novel bergaya puitis yang makna kalimatnya mengawang-awang harus dihindari agar bisa diterima banyak kalangan khususnya para remaja. Tetapi, biasanya, isi tidak bisa dilihat ketika bungkus plastik novel masih melekat. Tetapi, alangkah baiknya bila mengupayakan bahasa yang sederhana. Titik bobot tulisannya terletak pada penggambaran ceritanya bukan dalam permainan bahasa, kata-katanya.

3. Kreatifitas Keunikan Unsur-Unsur Cerita

Menulis buku fiksi novel memang mudah. caranya? Anda tinggal mematuhi unsur-unsur membuat novel seperti alur, setting alias latar dan sebagainya. Anda bisa membuat novel dengan kualitas standar. Tetapi, masalahnya buku fiksi novel yang ditulis dibutuhkan untuk penjualan online yang mengharapkan keuntungan. Bila seperti itu, anda tidak bisa sembarangan menulis. Di sinilah dituntut kreatifitas dan keunikan dalam menulis.

Bagaimana melatih menulis kreatif penuh keunikan? Tidak ada cara yang lain kecuali sering-sering menulis dan sering-sering juga membaca untuk kepentingan menulis.

4. Buatlah Cover Menarik Yang Mewakili Selera Remaja

Apalah pemahaman “apalah arti cover”. Bila anda berkeinginan laku, perhatian penuh pada kemasan buku fiksi novel menjadi langkah yang penting. Tentunya, cover berkaitan dengan warna dan gambar. Untuk masalah gambar, anda bisa mencari inspirasi di internet atau toko buku.

Tips Buku Cerita Fiksi Laku Dijual Secara Online

Membuat buku fiksi khususnya buku novel tentu menginginkan bukunya bisa terjual laku. kebanyakan orang berharap demikian. Apalagi mereka mengeluarkan banyak uang untuk membuat satu buku fiksi novel. Lalu bagaimana agar bisa mendapatkan penjualan yang memuaskan sampai menghasilkan keuntungan? Berikut penjelasan tips buku fiksi laku dijual secara online.

1. Membuat Resensi Buku Fiksi Novel

Anda perlu membuat resensi buku fiksi novel. Siapakah yang berhak meresensi? Tentunya bukan anda yang meresensi buku anda sendiri. Resensi buku tentu penilaian atas buku. Bagaimana penilaian bukunya akan diakui bila anda sendiri yang meresensi. Tentunya, anda menggunakan peresensi handal yang sudah terbiasa. Anda bisa memberi buku dan juga kompensasi alias bayaran atas jasanya yang sudah meresensi buku.

2. Membuat Situs Penjualan

Di sini ada pembahasan yang berbeda antara situs untuk buku yang diterbitkan lewat jalur penerbit indie dengan jalur penerbit mayor. Anda tidak bisa menggunakan cara yang sama untuk jenis buku yang diterbitkan di dua jenis.

Pembahasan situs pertama adalah situs untuk penjualan buku lewat jalur penerbit indie atau self publishing. Di sini, pembuatan situsnya lebih kepada kedaerahan. Alangkah baiknya, anda memilih penerbit di kawasan satu propinsi atau satu kota agar penjualan jauh lebih mudah. Biasanya, penerbit indie atau self publishing hanya menjual secara online dengan sistem POD. Bagaimana jadinya bila penerbit yang anda pilih berada di daerah propinsi yang berbeda? bahkan berbeda pulau? Anda tidak bisa melakukan pembuatan yang menarget daerah dimana anda tinggal. Padahal, pembuatan situs target wilayah sangat penting untuk buku fiksi jalur penerbitan online.

Kedua, penjualan buku lewat penerbit mayor. Dalam hal ini, anda dibebaskan dalam target situs penjualan karena sifatnya nasional. Namun anda harus membuat yang bisa menjaring para penikmat sastra. Caranya? Tentu, anda bisa mengembalikan sesuai kebiasaan anda. Bila anda menyukai penulisan fiksi cerpen selain buku fiksi novel, anda bisa membuat blog seputar resensi cerpen dan tips lainya mengenai cerpen. Intinya anda harus mengkaitkan dengan karya anda.