7 Tips Peluang Bisnis Cuci Motor

gambar
Semakin banyak pengguna bermotor seperti sepeda motor menimbulkan ada berbagai peluang-peluang bisnis yang muncul yang mengaitkan dengan motor seperti bengkel motor, cuci motor, dan lainnya. Dalam hal ini saya akan membahas mengenai bisnis cuci motor.

Tips Peluang Bisnis Cuci Motor

Apakah Anda membutuhkan informasi bagaimana memanfaatka membuka bisnis cuci motor?

Seperti kita tahu bahwa, rata-rata bisnis ini dilakukan untuk market kelas menengah-ke atas yang tidak punya waktu untuk membersihkan kendaraannya seperti sepeda motor. Untuk itu bila Anda ingin memulai bisnis cuci motor maka lebih baik membuka usaha ini dikawasan perkotaan yang lebih sering dilalui kendaraan bermotor.

Dilihat dari kondisi keuangannya, masyarakat dengan perekonomian yang berada pada kelas menengah-kebawah memungkinkan untuk lebih suka membersihkan sendiri kendaraan motor miliknya.

Dilihat dari sikapnya, masyarakat desa lebih memiliki sikap mandiri, telaten dan suka mengerjakan sendiri. Masyarakat desa terkadang tidak selalu disibukkan dengan berbagai macam aktifitas yang membuat terbengkalai membersihkan yang ada di sekelilingnya termasuk sepeda motor.

Bila Anda ingin membuka bisnis cuci motor, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memanfaatkan peluang bisnis cuci motor.

1. Tempat Yang Strategis

Sehingga dilihat dari kondisi dan sikapnya, maka untuk mengembangkan bisnis cuci motor lebih baik berada di kawasan perkotaan. Biasanya ada kawasan kampus, perkantoran yang bisa untuk dijadikan target market.

Namun yang lebih dikhususkan lagi adalah perkotaan yang ramai dengan lalu-lalang kendaraan bermotor agar bisnis cuci motor anda mendapatkan pelanggan setiap hari. Lebih spesifik lagi bila berdekatan dengan hal yang ramai seperti dekat kampus, dekat mall, atau dekat dengan kantor pelayanan seperti rumah sakit. Dengan begini maka Anda tidak perlu lagi khawatir dengan market yang terbatas.

Tetapi, sikap para pelanggan harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum memutuskan tempat untuk bisnis cuci motor. Rata-rata mencuci motor saat memiliki waktu luang. Ia pun akan mengunjungi tempat terdekat. Nah, alangkah baiknya memilih tempat di area perumahan saja yang sekiranya berada di jalan raya, perkantoran dan sebagainya.

2. Penampungan Bisnis Cuci Motor Yang Luas

Bisnis cuci motor membutuhkan tempat yang memang agak luas. Hal ini untuk memperkiraan tampungan pencucian motor. Biasanya ada antrian motor yang akan dicuci bila memang jasanya laku. Namun tidak membutuhkan tempat yang luas pun tidak menjadi persoalan bila belum ada kepastian terjadi deretan pelanggan. Baru setelah terlihat ramai, ada penambahan pembangunan tempat asalkan sudah disiapkan lahannya. Sayang sekali, banyak pelanggan tetapi membuat motor berserakan di pinggir jalan, tempat lalu-lalang orang.

Kasus pencucian motor yang berdekatan dengan lalu lalang orang sudah banyak terlihat di jalan raya. Tentunya bisnis cuci motor kelas mikro. Bila seperti ini, jelas tidak perlu anda lirik. Apalagi anda menarget pelanggan menengah-ke atas yang marketnya jauh lebih bagus untuk bisnis cuci motor, tentunya anda harus lebih serius membangun tempat pencucian yang jauh dari samping jalan.

3. Menyediakan Peralatan Cuci Motor Lengkap Dan Perlengkapan Lainnya

Hal penting yan tidak kalah penting dalam membangun bisnis cuci motor adalah menyediakan peralatan cuci motornya. Untuk mencuci, memang sederhana pun bisa seperti melakukan penyemprotan ke bagian yang perlu dibersihkan lalu membiarkan kering. Sederhana kan? Tetapi ini adalah jasa pencucian motor, sehingga harus lengkap menyediakan peralatan cuci motornya.

Peralatan cuci motor dan perlengkapan lainnya mampu untuk memuaskan pelanggan karena bisa melayani sesuai keinginan pelanggan. Hal standar dari peralatan cuci motor perlu diketahui terlebih dahulu. Setelah itu, pengembangannya sesuai kebutuhan pelanggan.

Berikut adalah peralatan cuci motor dan perlengkapan lain disertai rincian modalnya yang dilansir dari Investasiuntung.com

Peralatan Cuci Motor, Perlengkapan, Dan Modal Awal:

  • Mesin jet cleaner: Rp 500.000
  • Kompresor angin: Rp 1.500.000
  • Mesin salju + selang: Rp 1.500.000
  • Lap microfiber dua buah: Rp 450.000
  • Single post lift motor: Rp 1.000.000
  • Sepatu boot dua buah: Rp 350.000
  • Spanduk: Rp 250.000
  • Brosur: Rp 50.000
  • Kanebo: Rp 50.000
  • Sarung tangan dua buah: Rp 75.000
  • Banner kecil 10 pcs: Rp 200.000
  • Sikat, spon, kuas, lap, ember: Rp 150.000
  • Banner Vertikal: Rp 700.000
  • Kopler, Selang angin 10 meter, Air duster: Rp 450.000
  • Kaos seragam: Rp 200.000
  • Stempel: Rp 75.000
  • Nota: Rp 25.000
  • Kartu anggota: Rp 100.000
  • Survey Lapangan: Rp 50.000
  • Biaya lain-lain: Rp 600.000

Total biaya modal usaha Rp 8.275.000


Peralatan Cuci Motor, Perlengkapan, Dan Modal Bulanan:

  • Isi ulang salju: Rp 400.000
  • Clear snow shampo: Rp 700.00
  • Obat poles bodi: Rp 50.000
  • Semir poles ban: Rp 400.000
  • Sabun colek: Rp 60.000
  • Air: Rp 400.000
  • Listrik: Rp 400.000
  • Bensin: Rp. 75.000
  • Gaji Pegawai dua orang: Rp 1800.000
  • Biaya lain-lain: Rp 200.000

Total modal kerja Rp 4.485.000

Harga di atas mungkin saja sudah berubah mengingat di tulis pada tahun 2016.

4. Berikan Pelayanan Perawatan Motor

Mengapa butuh pelayanan perawatan motor atau biasa disebut bengkel motor? Karena pelanggan cuci motor memiliki kebutuhan juga dalam hal perlengkapan motor. Jadi, anda bisa menggabungkan pelayanan perawatan motor. Pegawai yang anda kerjakan adalah pegawai yang mengerti cara mengutak-atik motor, sekaligus bertugas mencuci motor.

Hanya saja, bengkel yang di maksud tidak seperti bengkel pada umumnya yang ada penambalan ban, pengelasan dan lainnya. Namun ada pelayanan seperti itu pun, tidak masalah. Namun baiknya lebih kepada merawat motor agar tampil lebih baik seperti mengecat motor yang tergores tembok atau jatuh, mewarnai lebih cemerlang, mendesain dan lainnya. Hal ini karena pencucian motor lebih kepada upaya menampilkan kebersihan. Kalau ada bengkel penambalan ban atau pengelasan, terkesan memperlihatkan kekotoran tempat.

Dengan penggabungan seperti ini dalam bisnis cuci motor anda, diharapkan pencucian motor tidak sepi. Ada beberapa kasus, mungkin banyak, bahwa tempat pencucian motor selalu saja sepi. Tidak seperti pencucian mobil. Mengapa sepi? Untuk apa motor dicuci? Lagi pula, gampang juga pencucianya. Jadi lebih banyak orang yang memang mencuci motor sendiri daripada dicucikan.

5. Berikan Pelayanan Yang Bagus

Dimana-mana, bisnis apapun, selalu menekankan memberikan pelayanan yang bagus untuk pelanggan bila memang bisnis yang dijalankan ingin terus berkembang dan tetap maju selama bertahun-tahun. Untuk itu Anda jangan melupakan pelayanan dalam bisnis cuci motor anda.

Anda perlu menyediakan tempat pembuangan air bekas cuci yang bagus agar sisa-sisa air tidak mengganggu penglihatan.

Keterampilan pembersihan dan sikap hati-hati harus dikuasai agar menghasilkan pelayanan yang mampu memuaskan para pengguna jasa cuci Anda.

Pelayanan pembersihan pun bisa ditambah dengan menggunakan cairan pengkilap motor bila memang pelanggan memintanya atau memang sebuah bonus dari bisnis Anda. Tentu Anda harus membeli cairan pengkilap yang bisa dipercaya kualitasnya.

Memberikan tempat duduk yang cukup bagi pelanggan yang ingin menunggu sangat penting diperhatikan.

Tidak kalah penting adalah fasilitas penjagaan terhadap antrian motor yang terparkir agar pelanggan merasa nyaman dan aman bila meninggalkan motornya untuk dicuci di tempat cuci motor Anda.

6. Patok Harga Murah

Mematok harga murah memang penting untuk bisnis cuci motor anda. Mengapa? Sudah dijelaskan bahwa orang yang mencucikan motor bisa dibilang jarang tiap harinya. Hal ini karena bukan kebutuhan pokok. Maka memaotok harga murah adalah solusi terbaik. Lagi pula, yang butuhkan adalah beberapa perlengkapan yang tidak membutuhkan biaya banyak.

Hanya saja perlu diperhatikan sumber air yang anda ambil. Darimanakah air yang digunakan? Tidak mungkin dari air pembelian, bukan? Namun bila terpaksa harus beli, maka tarif pencucian pun akan lebih mahal. Namun terpenting adalah mengikuti harga pasar.

7. Marketingkan Lewat Media Sosial

Tidak ada yang salah bukan memarketingkan bisnis cuci motor di media sosial? Hanya saja pembahasannya berbeda. Ketika mengiklankan, memarketingkan jasa atau produk di media sosial, tidak harus menggunakan teknik yang sama. Setiap produk dan jasa memiliki ciri khas dan perbedaan sehingga cara memarketingkan pun bisa berbeda.

Lalu bagaimana memarketingkan bisnis cuci motor di media sosial? Tentunya, cara yang efektif adalah mengupload kegiatan usahanya. Paling tepat adalah menggunakan media Instagram mengingat jauh lebih unggul dalam menampilkan foto. Ketika berisi foto-foto aktifitas penucian motor, tentu hasil yang ditampilkan terlihat bagus. Tentunya, menggunakan kamera yang bagus.

Hanya saja, kelemahan Instagram adalah tidak bisa menarget pertemanan antar desa, kecamatan dengan mudah. Kecuali memang anda menanyakan langsung media sosialnya. Tetapi ribet bila mau menarget puluhan orang. Yang bisa melakukan pencarian teman tertarget hal itu adalah Facebook.

Tetapi anda bisa memanfaakan kolom pencarian Instagram berdasarkan nama tempat yang dianggap terkenal seperti RS Sunan Gunung Jati. Nanti muncul deretan post-post orang yang berada di area tersebut. Anda bisa memilah lagi.

Apa yang di maksud teman tertarget? Nah, ini yang perlu diperhatikan. Bisnis cuci motor yang terpenting adalah membangun pelanggan. Pelanggan yang bisa diandalkan adalah orang terdekat yang ada di area tempat pencucian motor. Intinya satu desa/keluarahan. Mengapa? Karena yang membutuhkan adalah orang yang punya kendaraan motor. Cuma itu. Sedangkan di area sekitar banyak kendaraan motor. Masak memilih orang jauh?

Jadi, fokus pertemanan anda adalah dengan orang-orang yang tinggal di area tersebut.

***

Dengan 7 tips di atas semoga bisa menjadikan peluang bisnis cuci motor Anda berkembang dengan baik.

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!