Riset Pasar Produk Toko Online untuk Pemula

blog
Riset Pasar Produk Toko Online untuk Pemula
Riset Pasar Produk Toko Online untuk Pemula - Untuk riset pasar, sebenarnya ada serangkaian yang perlu diperhatikan dari pengalaman belajar saya bersama guru internet marketer kelas dunia, Gm Susanto. Namun disini saya memandang diri saya sebagai pemula yang sibuk dan tidak mau repot dengan kegiatan riset pasar. Tapi, pada dasarnya riset pasar bisa dilakukan sederhana saja.

Dalam bisnis, harus melihat kondisi pasar. Bila memang kita tidak melihat kondisi pasar, maka akan sulit mendapatkan penjualan yang diinginkan.

Yang perlu ditekankan adalah, semua bisa dijual secara online. Ini yang perlu anda tekankan dalam pikiran. Tapi tidak semua yang dijual secara online bisa mendapatkan penjualan. Ini yang sangat penting ditekankan. Kenapa? Karena kita perlu berpikir sebelum bertindak. Salah satunya adalah riset pasar.

Baca: Membuat Situs Penjualan Toko Online

Rekan guru saya bercerita bahwa ia menjual boneka berbi ke luar negeri lewat situs ebay. Tahu kan ebay? Semacam toko bagus. Wajar kan kalau dia menjual berbi? Karena memang mudah dan boneka yang banyak diminati orang. Namun, justru yang dijual adalah boneka yang sudah tidak baru lagi dengan harga yang tidak asal karena memang ongkos kirim ditanggung pembeli. Ternyata apa? Ada yang beli juga.

Kemungkinan boneka itu memiliki hal yang unik. Dan tentu karena pasar boneka berbi bagus apalagi di nagara maju seperti Amereka Serikat dan lainnya.

Dengan melihat kondisi pasar maka akan dengan mudah mendapatkan penjualan. Namun contoh di atas adalah contoh untuk penjualan yang tidak ada urusannya dengan kata kunci.

Bila memang kita menjual produk dengan menggunakan website toko online atau blog, tentu kita harus memperhatikan pasar dengan menggunakan alat. Alat yang dimaksud adalah “Google Adwords”. Saya disini tidak akan menjelaskan mengenai hal teknik riset pasar. Karena hal teknis bisa anda minta bantuan kepada saya atau cari di internet.

Sebagai contoh, saya sudah menyiapkan beberapa kata kata kunci tentang parfum.

Pertama-tama memang kita tidak selalu harus meriset kata kunci lebih awal. Tetapi melihat diri kita terhadap produk yang mau kita jual. Tentu kita harus me-list apa saja yang menjadi alasan kenapa kita menjual produk A, produk B atau produk lainnya. Dalam hal ini yang saya contohkan adalah parfum.

Kenapa kita mau menjual parfum?

-    Penyuka berbagai parfum
-    Memahami berbagai jenis parfum
-    Memiliki saudara yang punya perusahaan parfum
-    Dekat dengan perusahaan parfum agar menghemat biaya transportasi
-    Keuntungan terbilang cukup bila ongkos kirim ditanggung penjual.
-    Dll

Dari sekian banyak produk, ternyata setelah menjalani list mengenai penilaian produk terhadap kehidupan kita maka yang lebih kuat adalah produk parfum.

Yes, anda akan menjual produk parfum karena ini lebih kepada persahabatan dengan diri anda. Dan anda lebih menyukai parfum wanita bila untuk jualan dengan alasan, anda menganggap pasar parfum untuk wanita lebih laku dengan parfum pria. Juga anda pun penyuka parfum original sehingga ada tambahan tersendiri untuk parfum wanita.

Maka kita akan meriset parfum.

Ternyata hasilnya seperti ini. Misal.

1.    Parfum = 5400
2.    Rumah Parfum = 5400
3.    Parfum Murah = 729
4.    Parfum Original = 3600
5.    Parfum Original Murah = 880
6.    Jual Parfum = 1300
7.    Toko Parfum = 590
8.    Grosir Parfum = 390
9.    Jual Parfum Original = 1300
10.    Parfum Pria = 1600
11.    Parfum Wanita = 720

Untuk riset pasar sendiri mudah rumusnya yaitu banyak pencarian dan sedikit persaingan. Anda bisa melihat hasil di atas. Untuk kata kunci “parfum” bisa mencapai 5400 per bulan dan ada beberapa kata kunci dengan jumlah yang di bawah kata kunci parfum.

Sengaja saya tidak mencantumkan jumlah pesaing dalam kata kunci di atas. Yang penting adalah, anda mengetahui jumlah pencarian kata kunci yang akan dijadikan nama situs anda.

Kenapa tidak perlu memperhatikan jumlah persaingan? Jelas tidak perlu karena bagi pemula yang tidak mau ribet malas untuk melihat para pesaing. Sehingga saya tidak perlu menjelaskan.

Yang penting dalam penjualan berikutnya bila ingin memperderas penghasilan, harus memperhatikan pesaing dan perlu pendalaman sampai mendapatkan produknya alias membeli.

Lagi pula produk yang anda jual adalah produk fisik. Sebenarnya yang diutamakan adalah kata kunci “Langganan”. Untuk penjualan “sekali beli”, maka harus memperhatikan betul mengenai jumlah pencarian dan persaingan terhadap kata kunci. Namun untuk penjualan produk fisik, maka lebih baik memperhatikan betul mengenai potensi berlangganan.

Setelah kita mengetahui jumlah jumlah pencarian terhadap kata kunci maka kita harus melakukan penyesuaian. Karena anda lebih menyukai parfum original untuk wanita maka kata kunci yang ada pilih adalah gabungan antara kata kunci “parfum wanita” dan “parfum original”.

Karena parfum original lebih banyak pencariannya maka parfum original lebih awal ditulis sehingga menjadi “Parfum Original Wanita” yang akan menjadi nama domain website toko online atau blog.

Nah, kata kunci yang dicari di internet adalah kata kunci model “Buy” bukan model “Learn” atau “Tips” bila memang yang anda jual adalah produk fisik non pembelajaran. Sehingga, kemungkinan besar pencari kata kunci parfum karena memang mau membeli parfum.

Bila memang mengunjungi situs anda yang lebih memakai kata kunci model “Buy” maka kemungkinan besar akan membeli parfum anda.

Selanjutnya adalah, apakah parfum bisa menjadi produk “Langganan”? Setelah melihat kebutuhan ternyata parfum bisa menjadi produk “Langganan”. Sehingga yang terpenting bukan banyak pencarian kata kuncinya namun lebih kepada bagaimana satu pembeli bisa beli berkali-lipat? So, itu ada di tangan anda dan ada di produk yang anda jual.

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!