Tips Kursus Membuat Blog Bisnis Online

gambar
Banyak orang yang mencari “cara membuat blog”. Sekitar ratusan ribu per bulan orang mencari dengan kata kunci tersebut. Di samping itu, banyak juga blog yang membahas tutorial membuat blog. Ibarat kata, jeruk makan jeruk. Membangun blog namun membahas blog. Ya, tidak masalah memang. Namun yang menjadi masalah adalah, apakah banyak yang membangun kursus online tutorial blogging plus kepentingan bisnsinya?

cara membuat blog

Tutorial blogging sudah menjadi santapan gratis, sampai pemiliknya merasa bosen membahas karena teknologi internet selalu berubah-ubah. Sudah capek-capek membangun blog, malah selalu berubah. Otomatis tulisan yang terdahulu sudah tidak bisa terpakai lagi. Belum lagi merasa kesulitan mencari hal-hal yang harus dirubah. Mengetahui informasi yang ditulis sudah basi atau belum masih kesulitan. Kecuali ada orang yang bertanya tentang hal yang terbaru.

Ketika permasalahan mengenai tutorial cara membuat blog yang selalu berubah-ubah, maka peluang membuka kursus online semakin terlihat bagus. Walau banyak blog membahas pembuatan blog secara gratis, kursus online berbayar masih bisa bersaing dan mengalahkan dengan yang gratisan.

Kenapa kursus membuat blog penting didirikan? Setelah saya mengotak-atik pembuatan blog, yang menjadi sulit adalah tidak ada ruang berkonsultasi dan juga tersebar informasi blogging yang berbeda-beda bahkan cenderung berbahaya ketika salah mengambil informasi. Memang, informasi yang diambil itu dari pakar blogging, tetapi informasinya masih sepotong-potong. Ketika saya melihat informasinya, justru berpotensi membahayakan blog. Informasi sepotong-potong lainnya adalah karena pembahasan sudah tidak bisa dipakai namun belum ada update informasi, mungkin malas mengulang pembahasan.

Banyak para ahli blogging sudah tidak lagi memberikan informasi terbaru. Tidak jarang juga, blog sudah tidak online lagi alias mati. Mereka seperti salah langkah membuat blog. Tujuan mereka membuat blog hanya untuk kepentingan pengunjung tanpa memikirkan dalam sisi finansial. Ketika sering terjadi perubahan-perubahan teknologi informasi, justru akhirnya mereka malas memberikan untuk pengunjung.

Untuk itu, bagi Anda yang sudah merasa menjadi ahli blogging, terutama blogging bisnis dengan menggunakan teknik SEO marketing, lebih baik membangun kursus karena jauh lebih menguntungkan dalam sisi finansial. Ketika ada update terbaru dalam dunia blogging, justru Anda tetap bersemangat memberi informasi yang sudah dibahas karena merasa Anda sudah dibayar anggota lewat kursus tutorial membuat blog.

Lah, kalau kursus, nanti banyak waktu yang terbuang hanya untuk meladeni anggota kursus? Oh tidak. Untuk itu, silahkan membaca lebih lanjut tips membangun kursus tutorial cara membuat blog di bawah ini.

Baca: Jasa Pembuatan Blog + Bonus Artikel dan Konsultasi

Buat Materi Kursus Online Pembelajaran Pembuatan Blog

Banyak sekali yang mengira, ketika materi berupa “cara belajar membuat blog”, hanya berisi hal-hal teknis seperti membuat email, mengedit template dan sebagainya. Bahkan, perkiraan mereka memang betul karena saya sering melihat buku atau ebook panduan blog hanya berisi hal-hal teknis saja. Padahal, membuat blog lebih dari sekedar hal teknis. Sekarang ini, hal teknis tidak perlu dipelajari serius, sudah ada jasa yang menangani. Misal mengenai template blog, maka bisa diserahkan oleh pihak yang menjual atau melayani template blog.

Tahun 2010 adalah awal saya mengotak-atik masalah blogging. Saya berfokus mempelajari hal-hal teknis seperti mengedit desain template dan mengurus hal-hal lainya. Apa yang saya dapat? Blog tidak berkembang bagus. Kenapa begitu? Karena materi pembuatan blog yang banyak beredar hanya membahas masalah teknis saja. Kalau pun membahas masalah memarketingkan blog, tidak maksimal dibahas. Wajar tidak maksimal, karena materi yang diberikan gratisan.

Untuk itu, ketika Anda mau membuka kursus membuat blog, setidaknya harus ada materi sebagai berikut:

  • Materi blogging + menulis
  • Materi blogging bisnis
  • Materi SEO marketing blog

Ketiga materi di atas sangat penting dihadirkan. Ketiga-tiganya tidak bisa dipisahkan. Kecuali materi kursus Anda hanya sekedar hal teknis-teknis saja yang banyak beredar di internet, itu terserah. Namun bila ingin berbeda dari materi yang gratisan, ketiganya harus dipadukan. Biasanya, ketiga materi di atas memang sudah dialami sendiri oleh mentor kursus. Ketika mentor kursus hanya mengajari hal teknis membuat blog, berarti masih ada sesuatu yang disembunyikan.

Apakah materi yang diberikan harus singkat dan menyerahkan pembahasan dalam ruang kursus? Oh tidak! Anda tetap membuat materi kursus yang komplit. Bisa jadi dengan memberikan materi yang komplit, anggota kursus tidak lagi bertanya-tanya atau setidaknya jarang bertanya.

Saya pernah mengikuti kursus marketing blog yaitu membahas SEO. Namun sebagai pengembangan materi, dilakukan lewat tanya-jawab. Karena jam kursusnya terbatas, akhirnya pertanyaan yang bisa saya ajukan cuma sedikit. Sebagai solusi, saya membuat beberapa pertanyaan sekaligus walau tidak setiap hari. Saya seperti itu karena tahu apa-apa yang harus saya tanyakan seputar SEO. Bagaimana bila anggota kursus sama sekali belum paham SEO?

Baca: Jasa Backlink SEO Murah dan Ramah

Bagaimana bila tidak harus membuat materi kursus? Boleh-boleh saja, terpenting Anda punya daftar isi sebagai langkah-langkah pembelajaran dan tujuan kursus. Ketika kursus, Anda harus yang memulai membicarakan suatu masalah. Misal prosesnya seperti ini:

  • “Apakah Anda sudah bisa membuat blog?” Lalu Anda membuat bimbingan untuk mereka dalam membuat blog. Ketika ada pertanyaan dari anggota, tinggal jawab saja.
  • “Sudah bisa menulis artikel?” Sama prosesnya seperti di atas.
  • Dan seterusnya.

Menyediakan Media Kursus Online Yang Tepat

Apakah media grup Facebook sebagai solusi media kursus yang tepat? Ketika saya mengikuti kursus SEO, media kursus menggunakan grup Facebook. Resikonya apa? Orang lain tahu tentang masalah kita dan kegiatan SEO untuk blog yang seharusnya menjadi rahasia malah terbuka. Untuk masalah media, grup Facebook belum dikatakan tepat.

Apakah menggunakan website membership khusus? Bisa, namun buat apa bila masih ada cara yang lain? Dengan menggunakan website membership, artinya Anda harus mengeluarkan modal untuk membeli websitnya. Padahal, bisa disamakan dengan media lain yang masih gratis.

Terus menggunakan media apa? Sampai saat ini, media email masih sangat efektif untuk kursus. Namun ada pengecualian. Anda harus membuat email khusus untuk melayani anggota kursus, tidak untuk yang lain. Begitu juga anggota kursus yang mengharuskan membuat email baru khusus untuk kursus. Bila ada email khusus, tidak ada istilah kerepotan mencari data-data yang sudah ada karena tidak ada kiriman dari yang lain.

Harus Memiliki Tujuan Finansial Dari Kursus Online

Tujuan dari kursus tutorial membuat blog biasanya berdasarkan pengalaman si mentor. Bila si mentor berpengalaman berhasil meraih puluhan ribu uang dollar dari Google Adsense, pengalaman itu yang akan di-share sebagai tujuan dari pembelajaran membuat blog. Tentu, tujuan yang ada buat sebagai tujuan finansial. Tujuan finansial memiliki efek untuk menggabungkan semua pembelajaran. Tanpa tujuan finansial, kursus akan bersifat hambar.

Catatan dalam men-share pengalaman Anda sebagai tujuan kursus, tentu tidak harus, bahkan jangan membeberkan situs blog yang sudah terbukti sukses. Cukup memberkan kiat-kiat bagaimana membangun blog yang sukses sampai menghasilkan uang dollar berdasarkan pengalaman Anda dalam kegiatan mengurus blog.

Jangan Memberikan Batas Waktu Pada Kursus Online

Kesalahan pengelola kursus online adalah memberikan jatah waktu kursus. Memang, dalam dunia ofline ada pembatasan waktu kursus. Namun setidaknya jangan menyamakan kursus online dengan ofline. Tujuan kursus online adalah agar bebas waktu bukan malah terkekang waktu. Cara yang terbaik membuat pembatasan waktu kursus adalah diserahkan masing-masing anggota. Kalau anggota kursus sudah sukses membangun blog, buat apa banyak tanya ke mentor? Lagi pula, dengan adanya pembatasan waktu, anggota tidak bisa dikontrol sampai mencapai tujuan dari kursus.

Ketika saya kursus SEO, ada pembatasan waktu dalam 1 bulan. Pembelajaran pun hanya dibuka malam hari. Bagaimana bisa melakukan kursus secara maksimal hanya dalam waktu 30 hari ketika pembelajaran dibuka hanya di malam hari? Ketika saya melihat anggota lain, ternyata hanya sedikit yang bertanya-tanya. Hanya saya dan sedikit anggota lain yang memborong dengan berbagai pertanyaan.

Memberikan Pelayanan Update Informasi

Anda bisa membuat pelayanan update informasi terbaru. Cukup menggunakan email autoresponer atau feedbunner untuk kepentingan update informasi. Ketika memberikan informasi terbaru, anda tidak perlu susah-payah memberi tahu satu per satu ke anggota kursus.

Pelayanan ini jangan sampai dilupakan karena perkembangan teknologi internet selalu berubah.

***

Apakah Anda sudah jago tentang cara membuat blog yang berhasil? Bila sudah, tidak salahnya untuk membuka kursus blog bisnis online. Seperti yang sudah saya katakan, orang yang membutuhkan pembelajaran seputar blog memang banyak. Ketika kursus Anda menjual, tentu akan banyak yang minat. Tinggal Anda harus bisa mengatur waktu dan kesiapan menghadapi anggota kursus yang banyak.

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!