Jasa Bisnis Buku Online Spesial Self Publishing

Anda mengharapkan keuntungan besar dari penjualan buku online yang dilakukan toko online milik penerbit yang melabeli sebagai “self publishing”? Bila dalam satu bulan menerbitkan 10 buku, bagaimana kondisi penjualan buku Anda yang tenggelam dalam tampilan buku-buku “terbaru”? Yang jelas, penjualannya akan sulit laku. Ujungnya, Anda sendiri yang mempromosikannya. Yang menjadi masalah adalah, banyak sekali penulis melakukan promosinya dengan cara “memalukan”, tidak profesional. Anda teliti saja, bagaimana bila tulisan penulis telah terbit.

Self Publishing

Alternatif Jasa: Jasa Membuat Blog (jasa masih dibuka)


Namun jangan khawatir, di sini Anda akan diberikan penawaran yang profesional, bagaimana menjual buku online dengan cara sendiri yang tidak memalukan. Dengan membuat sebuah situs minisite yang profesional, bisa membantu penjualan buku Anda sendiri secara online. Karena dengan situs minisite milik pribadi, walaupun menawarkan di sosial media, kesan profesional dalam penjuaan tetap ada.

Bayangkan bila menjual buku hanya lewat link milik situs penerbit, apakah tidak merasa malu? Saya sering menemukan kejadian ini. Untuk itu, gunakan situs penjualan milik sendiri dengan media minisite.

Berikut contoh desain minisitenya yang terkesan profesional dan tidak malu-maluin:

situs web minisite penjualan

Jasa bisnis buku online ini terdiri dari:

Bagaimana penulis bisa memanfaatkan jasa bisnis buku online ini?

Penerbitan Buku Khusus Di Jalur Self Publishing

Kelemahan jalur self publishing adalah kurang memaksimalkan penjualan buku penulis. Hanya mengandalkan marketing online lewat toko online milik penerbit, tidak disebarkan di berbagai toko. Bila sebagai penulis tidak ikut serta menjual, sulit mengalami penjualan yang diinginkan.

Biasanya penerbitan di jalur self publishing menawarkan bagi hasil. Artinya penerbit seperti ini bisa sukarela menjualkan buku secara online. Setiap ada yang beli, pihak penerbit akan mencetak naskah sesuai permintaan, lalu mengirimkannya ke pembeli. Maka saya menyarankan memilih penerbitan yang membantu sarana penjualan buku Anda. Anda tinggal memaksimalkan saja.

Nanti Anda tinggal mengarahkan pembelian ke situs utama. Jadi ,situs minisite hanya memarketingkan buku saja. Urusan hal teknis transaksi, percetakan, pengemasan, pengiriman, itu semua urusan pihak penerbit self publishing.

Memiliki Kualitas Buku Online Yang Bagus

Ini opsional saja dalam memanfaatkan jasa bisnis buku online milik saya. Namun bila Anda merasa karya tulis yang buat berkualitas bagus, maksimalkan saja penjualan.

Kenapa harus buku berkualitas? Biaya marketing mahal. Bila menjual buku sekedar luapan perasaan, lebih baik buat hadiah saja, bukan untuk dijual. Padahal, biaya marketing untuk buku kualitas rendah dengan buku kualitas tinggi sama saja. Jadi, jangan buang sia-sia uang Anda. Bila buku berkualitas bagus, maka nilai penjualannya pun bisa bagus.

Bagaimana pengertian mengenai buku yang berkulitas bagus? Berikut penjelasannya:

1. Buku Fiksi

Dalam penulisan fiksi, yang dianggap berkualitas bagus adalah memenuhi standar penulisan fiksi khusus novel. Itu saja. Urusan bagaimana seni mengindahkan sebuah cerita, bukan masuk dalam daftar standar berkualitas bagus. Sebagus apapun kualitas seni berceritanya, kalau tidak memenuhi standar penulisan fiksi khusus novel, tetap tidak akan dianggap bagus.

2. Buku Non Fiksi

Buku yang dianggap berkualitas bagus tentu memenuhi standar penulisan non fiksi. Bagaimana lebih jelasnya? Untuk masalah non fiksi, memang agak sulit karena bukan bersifat cerita. Kalau tulisan cerita, memang ada standar khusus dalam membuatnya. Kalau non fiksi, kemungkinan tidak ada standarisasinya. Kalaupun ada, paling karya ilmiah akademik. Sedangkan buku non fiksi tidak harus buku karya ilmiah ala perguruan tinggi.

Intinya adalah, terpenting buku yang ditulis berisi solusi yang bisa memecahkan masalah. Paling bagus untuk buku non fiksi adalah jenis “how-to” atau “tutorial”. Kebanyakan tulisan jenis how-to, dalam pembahasannya selalu untuk membangun sebuah skill. Jadi ada kejelasan solusi untuk masalahnya. Semakin bagus solusi untuk masalahnya tentu kualitasnya semakin bagus.

Memiliki Pasar Yang Bagus

Biasanya, buku yang memiliki pasar yang bagus adalah buku jenis novel, how-to dan tutorial. Namun itu bergantung tema pembahasannya. Biasnaya, orang berkunjung di internet mencari ebook atau panduan berbayar adalah untuk kepentingan kebutuhan mendesak, untuk memecahkan masalah rumit dengan segera. Kalau menjual buku biografi, katakanlah, maka target pembacanya hanya orang yang ingin menambah wawasan saja. Kalau sekedar menambah wawasan, banyak sekali situs portal yang menyajikan berita dan tips setiap harinya.

Jadi, pastikan buku yang akan dijual secara online dengan menggunakan jasa saya adalah buku how-to, novel atau tutorial. Boleh selain itu, namun resiko tidak laku cukup besar. Itu pilihan Anda saja.

Menyerahkan Artikel Review Buku Online

Saya tidak mungkin bisa mereview buku Anda, baik fiksi atau non fiksi. Sebaiknya Anda menyerahkan artikel review. Berikut penjelasan membuat artikel review:

1. Buku Novel

Bila berupa novel, cukup memberikan review mengenai cerita yang hubungannya dengan pelajaran kehidupan. Jangan menjelaskan alur cerita karena bisa mengurangi rasa penasaran. Untuk hal ini, nanti saya akan memperlihatkan contohnya.

2. Buku How-To

Artikel review untuk buku how-to, bisa seperti membuat resensi namun tidak perlu menjelaskan kekurangan suatu buku. Tidak sama dengan resensi, hanya menjelaskan “masalah apa sampai membuat buku?” “bagaimana buku memberikan solusi untuk masalahnya?”. Kalau masalah review buku how-to, Anda bisa tonjolkan dengan detail apa saja manfaat yang ada dalam buku.

Usahakan memberikan daftar manfaat. Daftar manfaat bisa menyesuaikan dengan pembahasan per bab-nya. Biasanya buku memiliki jumlah bab, 20 atau berapa lah. Nah, bab ini bisa Anda manfaatkan sebagai penjelasan daftar manfaat untuk konsumen.

3. Buku Tutorial

Untuk buku tutorial, cukup menjelaskan bab-bab yang ada di buku. Biasanya, pembahasan tutorial tertentu akan menyertakan gambar. Nah, Anda bisa menyerahkan gambar “akhir”. Misal membahas tutorial Photoshop atau pemrograman web tentang membuat “desain website”, maka gambar akhir bisa ada serahkan untuk dipasang dalam web minisite.

Boleh Menyertahkan Banyak Buku

Bila buku-buku yang Anda miliki (sudah diterbitkan dan dijual) punya kesamaan tema, bisa menjual semua dalam 1 (satu) minisite. Justru ini untuk memberikan berbagai pilihan agar pengunjung tidak merasa jenuh ketika melihat situs penjualan. Biasanya pebisnis bila menjual 1 buku (biasanya ebook), maka akan mensiasatinya dengan berbagai bonus untuk memberikan kesan yang menyenangkan, tidak membosankan. Nah, buku-buku anda bisa sebagai pemberi kesan yang menyenangkan dalam halaman penjualan.

Apakah boleh berisi campuran buku milik teman-teman Anda yang sesama penulis? Tentu sangat boleh bila memiliki kesamaan tema. Namun resikonya, buku siapa yang laku? Itu masalahnya. Untuk itu, lebih baik hindari saja.

Boleh Memberikan Bonus Ebook Atau Vidio

Anda bisa kerjasama dengan pihak penerbit untuk memberikan kupon bonus atau apa saja lah yang bisa sebagai “identitas” pembelian buku utama. Bila itu mendukung penjualan, tentu mereka akan sangat menyutujui. Asalkan Anda sendiri yang memberikan model kupon bonus atau yang lainnya.

Buat apa membuat kupon bonus atau identitas lainya? Untuk bukti pembelian buku. Bila ingin mendapatkan bonus seperti ebook, vidio atau yang lainya, maka tinggal menyerahkan nomer kuponnya saja ke Anda. Anda yang sebagai pemilik bisa mengecek kebenaran nomer kupon yang dikirim si pembeli.

Ada solusi lain yang lebih simpel dan banyak yang melakukan yaitu memberikan halaman khusus untuk download produk ebook. Keuntungan penjualan secara online adalah tidak bisa membuka buka-buku, sehingga halaman download bisa tersembunnyi. Tujuannya agar yang mendownlaod bonus hanya pembeli saja bukan orang yang berkunjung.

Boleh Konsultasi Blog, Bisnis, dan Marketing SEO

Ini sebagai bonus saja, barangkali anda ingin bertanya-tanya bagaimana tentang kegiatan blogging, memanfaatkan blog untuk bisnis dan memarketingkan situs penjualan atau blog dengan teknik SEO. Terserah mau memanfaatkan atau tidak.

WARNING! JASA PEMBUATAN BLOG INI DITUTUP. BILA INGIN MAHIR BLOGGING BISNIS, SAYA MENYEDIAKAN TEMPAT KURSUS BLOG BISNIS