Tips Memulai Ide Bisnis Rumahan Online Ala Bob Sadino

blog
Masalah ide bisnis rumahan online memang banyak sekali berseliweran, bahkan hadir di sekeliling kita sendiri tanpa pernah kita sadari. Kenapa kita sampai tidak bisa memperhatikan yang ada di sekeliling ketika mau membangun bisnis? Mereka mencari di internet dan dimana-mana hanya ingin mencari dan mendapatkan ide. Padahal, bila sudah memiliki skill bisnis, mudah sekali menangkap sebuah ide.

Bob Sadino

Contohnya apa ide bisnis rumahan bisa hadir tanpa diminta oleh kita sendiri? Contohnya kasus Bob Sadino yang mendapatkan ide bisnis untuk mempertahankan hidup ketika melihat telur menetas, melihat anak-anak ayam yang nantinya tumbuh dewasa tanpa orang tua. Wah, padahal itu kan hal spele. Namun faktanya, dari kisah telur itulah akhirnya Bob Sadino berhasil membangun supermarket kebutuhan dapur rumah tangga seperti sayuran.

Memang banyak sih, mereka mudah mendapatkan ide sampai pusing memikirkannya. Ujungnya tidak satu pun bisnis yang terbangun. Kalaupun ide bisnisnya berhasil terbangun, mereka tidak mengembangkannya dengan serius karena ada berbagai hal yang menghalangi untuk maju. Apakah anda tipe orang seperti ini?

Melihat kasus Bob Sadino yang berhasil menemukan ide bisnis sampai membuat perubahan yang besar dalam hidupnya, ada poin penting yang perlu anda perhatikan baik-baik:
  1. Carilah ide bisnis di sekeliling kehidupan anda sendiri.
  2. Kuatkan ide bisnis dengan kebutuhan penting

Ketika anda melihat telur, maka yang dilihat bukan sekedar ide bisnis jualan telur. Tetapi masukkan kekuatan pada ide tersebut hasil mengamati telur. Seperti Bob Sadino yang berawal dari jualan telur. Namun karena memiliki spirit seperti perjuangan seekor ayam kecil yang berhasil hidup apa adanya, Bob Sadino bertekad mengembangkan ide bisnis jualan telurnya. Artinya, idenya dianggap penting dan menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan.

Dari dua point penting hasil inti sari pengalaman Bob Sadino dalam memperlakukan idenya, anda bisa menerapkan di berbagi ide bisnis yang lain.

Memulai Perencanaan Bisnis Di Rumah Online

Semua kegiatan produktifitas berawal dari ide. Apakah sepakat? Saya kira harus sepakat. Mau membuat atau melakukan apapun, tetap berawal dari ide. Ide adalah rencana awal dalam melakukan sesuatu. Dengan ide, maka jalannya akan terarah menuju suatu yang diinginkan. Karena ide sendiri seperti sebuah tujuan. Walau pada akhirnya akan berbelok dari ide, namun tetap segala sesuai harus diawali dengan ide.

Begitu juga dalam berbisnis online. Harus berawal dari ide untuk memulai bisnis di rumah online. Tanpa ide, bisa jadi anda tidak bisa berjalan untuk berbisnis sesuatu apalagi mencapai tujuannya. Anda seperti berniat berjalan namun juga tanpa tujuan.

Apakah ada bisnis tanpa ide? Bukankah ide adalah alat gerak suatu bisnis? Ada. Anda diberi salah satu perusahaan untuk dijalankannya, baru anda berbisnis tanpa ide. Untuk itu, ide seperti modal uang, ada atau tanpa uang bisa membangun bisnis. Bisa saja anda tidak menemukan ide, tetapi orang lain yang menemukan dan memberikannya ke anda. Nah, wujud perusahaan yang diberikan kepada anda pun termasuk hasil dari ide. Dalam hal ini, titik tekannya adalah berbisnis harus berawal dari ide. Namun tidak mesti ide itu datang dari dalam diri kita sendiri. Bisa saja dari orang lain.

Nah untuk memulai mendapatkan ide bisnis, anda bisa memamahi penjelasan di bawah tentang bagaimana ide bisnis di rumah online bisa didapatkan dengan hanya memanfaatkan keadaan masyarakat atau konsumen dalam kehidupan kesehariannya. Namun tetap harus melihat di sekeliling kehidupan kita terlebih dahulu.

1. Ide Bisnis Online dari Kebutuhan

Terpenting wilayah sekitar yang patut diperhatikan adalah wilayah kehidupan kita sendiri. Artinya kita bertanya untuk kita sendiri, “Apa sih yang saya butuhkan dalam kehidupan sehari-hari?” Lalu mengkaitkannya ke dunia online untuk pemenuhan kebutuhannya. Ketika ada penyedia jasa untuk kebutuhan pribadi, tandanya cocok untuk target online.

Jadi begini. Sekarang ini saya lagi membutuhkan penulis berbahasa inggris untuk blog luar negeri saya. Namun karena permodalan masih juga tersendat-sendat, saya mem-pending pemberian artikel untuk blog luar negeri. Dari keadaan saya ini yang sedang butuh penulis inggris, memunculkan sebuah ide untuk membuka jasa menulis artikel blog.

Berawal dari kebutuhan saya sampai sering membeli banyak artikel inggris, akhirnya saya membuka jasanya. Namun saya berfokus pada penulisan artikel bahasa Indonesia.

Saya berpikiran barangkali saja ada peminat untuk dibuatkan artikel bahasa indonesia. Karena berkaitan dengan jasa online, saya terlebih dahulu merisetnya. Tujuannya untuk mengetahui berapa jumlah perkiraan peminat pada jasa artikel.

2. Ide Bisnis Online dari Permasalahan yang Ada

Sebelum saya kursus SEO, saya tentu saja memiliki permasalah. Apa permasalahan-permasalahanya? Salah satu permasalah terbesar adalah tidak bisa menuliskan artikel dengan unsur variasi kata kunci yang mendukung kata kunci homepage dan juga tidak tahu bagaimana mencari situs dofollow yang bisa dipasang backlink. Padahal kedua permasalahan itu sangat sederhana namun saya kesulitan mencarinya di artikel gratisan.

Padahal pengetahuan SEO sangat penting untuk kebutuhan blogging, setidaknya berusaha membuat blog yang standar SEO.

Setelah saya kursus SEO, perubahan pengetahuan SEO meningkat dengan baik sampai berunjung mencoba membuka jasa seo. Saya berpikir, banyak juga orang-orang yang menginginkan jasa SEO. Setelah mencoba dan akhirnya menutup jasanya, saya beralih ke bisnis kursus blog online yang di dalamnya masih ada materi SEO bahkan dikembangkan lebih baik dari materi kursus mentor lain.

Saya berpikiran, dari sebuah masalah pribadi bisa diangkat untuk kebutuhan peluang bisnis atau kerja sendiri. Bila tidak laku, setidaknya bisa untuk memaksimalkan membangun banyak blog dengan cara kerja SEO yang sama.

3. Ide Bisnis Online dari Resiko Konsumen

Resiko dalam finansial memang yang paling banyak diminati. Urutan kedua adalah masalah kecantikan, kemungkinan. Sehingga muncullah sebuah program investasi, konsultasi keuangan untuk keamanan keuangan pribadi dan keluarga. Untuk masalah kecantikan, muncul para konsultan kecantikan online untuk mengatasi masalah yang dialami wanita.

Apakah ide ini bisa dijadikan bisnis di rumah online? Bisa untuk kalangan profesional ahli seperti dokter spesialis yang membuka praktek kerja di jam tertentu secara online setelah pulang bekerja dari kantor. Atau seorang pakar investasi yang mengurusi program investasi sang klien. Kerjanya tetap bisa maksimal di rumah. Pada ujungnya, nanti menjual produk-produk tertentu sehingga akan menggabungkan kerja+bisnis rumahan.

Apakah bukan ahli bisa menjalankan ide bisnis ini? Bisa, seperti lebih ke pembangunan startup bisnis (baca Sumber). Munculnya tokopedia, bukalapak adalah berawal dari resiko belanja online. Sering terjadi penipuan oleh pihak penjual karena merasa tidak memiliki pencegahan tindak kejahatan. Untuk keamanan belanja, muncullah startup dalam hal ecomerce untuk mengamankan belanja online sekaligus memfasilitasi pedagang kecil.

4. Ide Bisnis Online dari Hobi

Hobi saya apa selain menulis? Memang yang namanya hobi adalah sesuatu yang sering dijalankan setiap waktunya. Tidak ada yang lain selain menulis. Namun saya memiliki ketertarikan pada dunia pemrograman web yang bisa jadi akan berbuah menjadi hobi. Ada satu lagi ketertarikan yaitu pada dunia desain grafis, namun sepertinya sulit dikerjakan karena menuntut kerja maksimal pada otot jari.

Untuk masalah pemrograman web, ada beberapa jenis pemrograman yang ingin saya kuasai. Bukan tanpa alasan untuk menguasainya. Kebetulan sedang mengembangkan program kursus online yang salah satu materinya adalah mengenai pemrograman web. Gak salah dong, belum mahir tapi sudah buka kursus? Hehe... main modal lah dalam membeli materi sehingga bisa memfasilitasi pembelajar modal kecil.

Nah, dari hobi bisa dikembangkan menjadi sebuah bisnis pembelajaran atau produk konsumtif. Saya sendiri membuka kursus blog online. Bagaimana dengan hobi anda?

Memulai Ide Bisnis Di Rumah Online

Ini yang menarik. Karena tidak sedikit orang yang memiliki ide brilian bahkan sampai sudah merencanakan prosesnya, namun tidak sampai mewujudkannya. Tidak sedikit juga, salah satunya Bob Sadino, yang hanya memiliki ide sederhana namun berhasil mewujudkannya sampai pada level tinggi. Kenapa bisa begitu?

Kembali ke pembahasan awal, bahwa anda harus:
  1. Mencari ide bisnis di sekeliling kehidupan anda sendiri
  2. Menguatkan ide bisnis dengan kebutuhan penting

Untuk masalah mencari ide, sudah dibahas di awal. Nah, poin kedua ini akan di bahas di sini.

Untuk melaksakanakan ide bisnis, harus terlebih dahulu bertanya, “Pentingkah ide saya diwujudkan? Bila memang penting, seberapa pentingkah diwujudkan?” jawabannya anda bisa memilih sendiri karena masalah keinginan tidak bisa diteorikan. Sehebat apapun ide yang anda miliki bila tidak ada minat, ya bisa jadi tidak akan terwujud kecuali diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan. Begitu juga sebaliknya, walau sederhana namun dengan tekad kuat membangun bisnis, ya terbangun juga.

Lalu bagaimana memulai mewujudkan ide bisnis di rumah online? Yang simpel saja dulu. Saya membahas mengacu pada pengalaman saya sendiri. Berikut langkah yang pernah saya lakukan dan terbilang cukup efektif bila dilakukan tanpa modal:

1. Membuka Jasa Online Sesuai Keahlian Anda

Pastikan memang tepat bila dibuat jasa online. Gampangnya sih jasa backlink SEO yang pernah saya lakukan. Waktu itu saya hanya membuat tulisan penawaran di blog ini. Jelas tidak membutuhkan modal apalagi pembuatan produk. Karena yang ditawarkan hanya jasa bukan produk online.

Anda perhatikan, apakah jasa online laku atau tidak. Bila tidak laku, maka pengembangan ke dalam bisnis akan mengalami kesulitan juga. Artinya ada yang lebih baik dari anda.

2. Pengembangan Ide Ke Dalam Bisnis Sesuai Jasa Online

Katakanlah jasa backlink SEO yang saya dirikan laris-manis, memiliki banyak peminat. Maka anda buat program bisnisnya yaitu lebih kepada program pembelajaran SEO. Sebagai fasilitas atau katakanlah bonus, anda bisa menyelipi dengan pelayanan backlink SEO. Mereka yang ikut program kursus, semata-mata ingin mendapatkan ilmu, juga ingin mendapat layanan murah backlink SEO-nya.

Harga kursus SEO misal 150.000 untuk jatah waktu tak terbatas. Harga jasa backlink SEO misal 500.000. Anda gabungkan harga kedua itu menjadi 500.000 doang. Sehingga para pelanggan jasa online akan lebih memilih paket kursus daripada paket jasa. Bisa jadi akan menghasilkan pelanggan 3 kali lipat dari sebelum membuka kursus.

***

Bagaimana? Apakah anda tertarik cara memulai bisnis di rumah ala saya? Untuk memulainya, pastikan anda harus perhatikan dua poin di atas yang menurut saya sebagai intisari dari pengalaman Bob Sadino (tentangnya).

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!