Jasa Menulis 5 Artikel
Harga Murah Dengan Standar SEO
CUMA 60.000 @500Kata

Bisnis Vocer Internet Tri BM Grosir Cirebon


Peluan usaha bisnis vocer kuota internet khususnya internet Tri BM kini kian melambung tinggi seiring kemajuan ponsel yakni smartphone berbasis android atau lainnya. Peluang ini bisa menarget ke pengusaha kecil seperti saya dan tentu pengusaha besar. Maka dari itu, saya pun sedang memikirkan strategi untuk melambungkan lebih tinggi lagi penjualan vocer internet khususnya internet tri. Berawal dari penjualan konter yang sebatas menarget pelanggan tetangga, orang sekitar, beralih ke penjualan online yang bisa menarget pasar Jawa Barat. Tentunya, saya akan memakai sistem grosir.


Mengapa saya hanya menarget pasar Jawa Barat untuk penjualan grosir vocer internet khususnya internet tri BM? Penjelasan masalah ini, saya akan menerangkan di dalam pembahasan sub judul

Terlebih dahulu, saya ingin menekankan bahwa vocer kuota internet yang akan dijual online secara grosirꟷsebagai langkah pertamaꟷadalah vocer internet Tri yang menarget Tri BM 1 alias Tri 1 GB dan Tri BM3 alias Tri 3 GB (saya belum melihat Tri BM2 alias Tri 2 GB). Mengapa saya menarget Tri BM sebagai langkah awal penjualan grosir online? Karena tidak ada batasan produk berkadaluarsa. Itu salah satu alasannya. Namun, saya ingin mengumpulkan sistem penjualan terlebih dahulu yang bisa meraup penjualan dalam waktu singkat ketika di awal-awal lauching.

Saya ingin membuka pembahasan mengenai produk kadaluarsa. Apakah tiap produk ada masa kadaluarsanya? Keterangan kadaluarsa yang paling sering tercamtum ada pada produk makanan dan minuman. Termasuk makanan dan minuman adalah obat-obatan. Apakah ada keterangan kadaluarsa pada pakaian, aksesoris dan secara khusus vocer pulsa atau kuota? Kalau saya mengatakan tidak ada keterangan kadaluarsa, mungkin salah. Secara fakta, vocer kuota dan kartu perdana ada yang memiliki keterangan kadaluarsa yaitu Axis Aigo. Secara perasaan, produk yang memiliki masa kadaluarsa bisa memunculkan perasaan khawatir.

Ketika Axis Aigo memiliki keterangan kadaluarsa, saya belum bisa tenang dalam penjualan ketika menerapkan starategi bisnis yang nanti akan dijelaskan. Sebagai gambaran awal, strategi bisnis yang akan diterapkan adalah pengisian isi ulang atas lembaran “vocer kosong” setiap hari.

Namun, saya tidak menutup penjualan produk kuota internet Axis Aigo. Penjualan vocer kuota Axis Aigo pun memiliki keuntungan sendiri. Bahkan, penerapan masa kadaluarsa tidak mengganggu dalam penjualan mengingat batas waktu kadaluarsa terbilang lama. Rata-rata penjualan Axis Aigo per bulan dianggap sama dengan penjualan vocer internet Tri BM. Dari kasus tersebut, penjualan Axis Aigo dianggap bisa diperhitungkan sebagai pemasukan bulanan.

Lalu bagaimana strategi bisnis yang akan saya terapkan dalam penjualan vocer internet Tri BM dengan sistem harga grosir? Kalau berbicara strategi untuk saya sendiri, sepertinya kurang afdol. Di sini, saya akan menjelaskan mengenai startegi yang tidak hanya untuk kepentingan saya sendiri. Berikut penjelasannya.

Mendaftar Sebagai Member Tri Melalui Dealer

Waktu ada keinginan mendaftar ke dealer XL dan sudah mengunjunginya, saya pun merencanakan mendaftar ke Tri. Karena merasa belum siap dalam sistem penjulan, saya membatalkan mengunjungi dealer Tri. Kebetulan, dealer Tri terletak di area kios terminal Harjamukti Cirebon. Saya berencana mendaftar ketika sudah siap dalam sistem penjualan. Enaknya, saya bisa mengandalkan satu kali perjalanan kendaraan umum (elp=angkutan umum tingkat kabupaten). Bila mengharuskan belanja ke tempat, saya hanya mengandalkan modal transportasi 8000. Maklum, saya belum memiliki kendaraan motor.

Mengapa harus mendaftar sebagai member Tri melalui dealer? Sudah jelas kan, saya menarget penjualan sistem grosir. Bila mendaftarkan diri sebagai member Tri melalui dealer, saya bisa menjual vocer internet tri grosir dengan hasil keuntungan yang tidak sedikit.

Sebagai contoh, harga grosir Axis Aigo sekitar 12.500. Bila dijual, vocer internet Axis Aigo bisa dipatok dengan harga sekitar minimal 13.500. Berapa keuntungan? Penjual bisa mendapat keuntungan minimal 1000. Bila harus dipotong dengan harga lembaran “vocer kosong” berharga 500, penjual masih mendapat keuntungan minimal 500. Karena berharga grosir, pembeli akan memesan lebih dari 20 lembar vocer internet. 500X20= 10.000. Lumayan besar bukan sekali transaksi? Belum lagi berpotensi langganan. Bagaimana bila mendapatkan 50 transaksi tiap bulan? 10.000x50=500.000/bulan

Jadi, menjadi member Tri yakni mendaftar di dealer terdekat hukumnya wajib bila mau mendapatkan keuntungan besar dengan harga murah.

Siapkan Sistem Penjualan Vocer Internet Tri BM Harga Grosir

Mungkin, penjualan online yang tersulit adalah menyiapkan sistem penjualan. Sistem penjualan bukan melulu situs penjualan. Ada beberapa sistem penjualan yang perlu dihadirkan. Dengan menghadirkan sistem penjualan, kegiatan operasional bisa dijalankan dengan mudah. Jadi, yang dimaksud sistem penjualan adalah yang memudahkan dalam proses kegiatan operasional penjualan. Terpenting, sistem penjualan bisa diserahkan orang lain ketika si owner sudah tidak bisa mengurusi penjualan sendirian.

Sistem penjualan yang perlu dihadirkan adalah sebagai berikut:

1. Situs Penjualan Vocer Internet Tri

Situs penjualan terpercaya sangat dibutuhkan dalam penjualan online. Namun, pembangunan situs penjualan membutuhkan modal yang tidak sedikit. Bagaimana bisa mendapatkan keuntungan besar dalam waktu cepat bila diawali dengan membuang modal besar? Padahal, strategi online yang harus diterapkan adalah pembangunan situs penjualan pribadi harus berdasarkan modal keuntungan. Maka dari itu, anda bisa mengandalkan situs marketplace yang sudah terkenal terpercaya seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Ketika penjualan vocer online berlaku juga secara elektrik, anda perlu menyiapkan situs pribadi berdomain yang bisa dipercaya selayaknya situs marketpace: misal Tokopedia dan Bukalapak.

2. Membangun Jaringan Reseller

Anda mungkin memiliki pikiran bahwa penjualan vocer internet Tri online akan melepaskan diri dari penjualan offline. Pemikiran tersebut salah besar. Justru dalam penjualan kelas grosir, penjualan vocer internet Tri harus menarget online dan ofline. Bahkan, penjualan dianggap tidak sah bila hanya menarget secara online.

Mengapa bila hanya menarget penjualan online dianggap tidak sah? Begini. Anda menjual secara online mematok ongkir. Anda pun ketika kehabisan stok lembaran vocer kosong akan mengandalkan online untuk membeli lembaran tersebut. Lantas, anda menjual kembali vocer tersebut (dengan isi kuota internet Tri) dengan mematok ongkos kirm. Aneh bukan kalau hanya mengurusi penjualan online? Tetapi, tetap, penjualan tersebut menguntungkan. Hanya saja, aktifitas penjualan terkesan aneh bila berfokus online.

Maka dari itu, penjualan harus memfokuskan, mendasarkan pada penjualan offline yang bertujuan untuk membangun reseller. Bagaimana caranya? Mudah. Seperti yang sudah banyak dilakukan para sales, penjualan cukup dengan melakukan penyetoran beberapa lembar vocer internet Tri. Anda bisa bekerjasama dengan beberapa konter pulsa yang memang belum bekerjasama dengan pihak lain. Tujuannya agar para reseller pun terbantu denan stok lembaran vocer internet Tri BM yang anda miliki.

3. Membangun Konter

Apakah penjualan vocer internet membutuhkan konter? Harus. Tetapi anda perlu melihat lokas terdahulu. Ketika di jejeran kios (biasanya kios) banyak yang menjual pulsa dan kuota dengan harga eceran, anda tidak perlu membangun atau menyewa kios di sekitar wilayah itu. Anda perlu menarget tempat kios/ruko yang lebih mendukung penjualan grosir walaupun secara eceran pun harus diterapkan.

Khusus di wilayah rumah saya, di Astanajapura, Cirebon, konter berdiri tidak berdekatan dengan konter-konter. Saya menjauh dari banyak konter. Letak konter pun bisa dikatakan jauh dari rumah saya. Kebetulan, konter berada dalam rumah. Ketika memberlakukan penjualan grosir, saya merasa aman dari para pesaing kelas eceran. Starategi yang harus diterapkan adalah jangan menjadi pesaing untuk kelas reseller.

4. Stampel Kuota Internet Tri BM

Lembaran vocer “kosong” biasanya tidak memiliki keterangan seperti 1 GB atau 2 GB. Ketika penjualan vocer seperti ini, pembeli akan merasa kebingungan ketika bercampur menjadi satu antara 1 GB dan 2 GB. Ketika itu terjadi, yang mendapatkan kerugian siapa? Pembeli dan anda juga yang sebagai suplier. Maka dari itu, harus memberikan stampel keterangan tersebut. Memiliki stampel dianggap penting untuk menyelamatkan perbedaan produk ketika ada kasus tercampur.

Anda bisa membuat stampel di tukang yang sudah terbiasa membuat stempel. Tidak perlu stamel mahal. Terpenting bisa digunakan untuk pembedaan produk. Bila ada beberapa 2 jenis GB, bisa membuat dua stampel.



Membuat stampel tetap mahal karena harus mengandalkan tinta juga. Hm... pada intinya, anda bisa mengandalkan alternatif lain. Anda bisa menggunakan kertas kecil yang sudah biasa digunakan untuk keterangan harga. Kertas itu bisa dibeli di toko terdekat anda. Biasanya di toko penjualan kertas.

Namun untuk terkesan profesioan, penggunaan stempel harus anda pikirkan.

5. Tim Pekerja Vocer Internet Tri

Seperti yang sudah dijelaskan pakar online shop, ketika penjualan sudah menghasilkan banyak per harinya dan rutin, seorang owner harus memikirkan tim pekerja yang akan membantu meringankan pekerjaan anda. Anda bisa kelelahan dan kewalahan bila hanya melayani sendirian.

6. Memiliki 4 Rekening Bank

Ketika berfokus dalam penjualan di situs Tokopedia atau Bukalapak, anda tidak membutuhkan rekening sebanyak itu. Tetapi kalau sudah membangun situs penjualan sendiri, anda harus menyiapkan rekening sebanyak itu. Mereka berbelanja pada anda karena ingin dijual kembali. Toko anda jangan sampai menambah beban modal berbelanja mereka.

Strategi Mengikuti Aturan Yang Diberlakukan Dealer Tri

Ketika saya berniat mendaftar ke dealer XL Cirebon, salah satu yang dipusingkan adalah mengenai target penjualannya. Minimal harus ada transaksi walaupun sebesar 5000. Untuk yang baru memulai bisnis, pemberlakukan syarat seperti itu cukup memberatkan. Apakah syarat seperti itu ada di dalam dealer Tri? Bisa dipastikan ada karena harus ada seperti itu. Anggap saja dealer Tri Cirebon pun menerapkan seperti itu. Bila seperti itu, penjual pemula seperti saya pun merasa kesulitan.

Lalu bagaimana silusinya agar bisa menghasilkan transaksi tiap harinya? Begini langkah-langkahnya:

1. Isi Vocer Internet Tri Setiap Hari

Enaknya melakukan pengisian internet Tri di “vocer kosong” adalah vocer Tri tidak memiliki batas waktu kadaluarsa. Ketika setiap hari sampai 1 bulan menghasilan 30 pengisian vocer pulsa, vocer tersebut tidak sampai mengalami ancaman kadaluarsa. Inilah yang bisa dimanfaatkan untuk strategi pengisian setiap hari.

Ketika ada syarat harus ada transaksi penjualan pulsa atau kuota elektrik, minimal 5000 setiap hari, anda bisa menerapkan itu untuk pengisian vocer internet Tri setiap hari. 1 hari satu lembar. Jangan lebih dari 1 lembar vocer untuk kebutuhan memenuhi syarat transaksi. Ini cara yang bisa mengamankan dan lolos dari persyaratan.

2. Isi Vocer Internet Tri Di Momen Pemesanan

Ketika ada pemesanan dalam jumlah banyak, anda bisa memulai pengisian ulang sesuai jumlah pemesanan itu. Tentu, pengisian dalam jumlah yang banyak bagian dari pemenuhan syarat tersebut walaupun dilakukan ketika ada pemesanan.

Begitulah dua langkah cara memenuhi persyaratan penjualan bersama dealer terkait.

Apakah akan selamanya seperti itu? Tidak. Ketika sudah berhasil menghasilkan penjualan setiap hari, baik sedikit atau banyak, tidak perlu menerapkan dua cara di atas.

Target Penjualan Vocer Internet Tri Wilayah Jawa Barat

Mengapa tidak menarget senasional Indonesia untuk penjualan vocer internet Tri? Jawabannya: mustahil. Penjualan produk fisik online memiliki keterbatasan wilayah karena ada ongkos kirim. Memang, pengiriman produk lintas provinsi sudah terjadi sejak dahulu. Hanya saja, pengiriman produk lebih ke borongan menggunakan mobil semodel truk. Tetapi kalau menggunakan jasa kurir, pengiriman sepertinya akan ada batasan wilayahnya. Batasan wilayah yang masuk akal adalah masing-masing wilayah memiliki online shop sendiri. Bila pembeli bisa membeli lewat online pada toko yang se-wilayah atau sekitarnya, mengapa memilih tempat yang jauh?

Maka dari itu, saya berfokus memarketingkan toko vocer internet hanya menarget Jawa Barat. Area Jawa barat masih memberlakukan ongkos kirim sekitar 18.000 atau di bawahnya untuk per kilo gram. Fokus Jawa Barat pun masih dianggap terlalu jauh karena masing-masing kota memiliki online shop penjualan vocer internet Tri. Ongkos kirim pun belum murah. Mengapa saya memilih suplier area Indramayu, Cirebon, Majalengka, dan Kuningan? Karena ongkos kirim jauh lebih murah sekitar 10.000. Tetapi, fokus Jawa Jawa barat masih menjadi pilihan karena wilayah Indramayu, Cirebon, Majalengka, dan Kuningan pun berada di Jawa Barat.

Bagaimana memfokuskan dalam penargetan? Hal ini berlaku bila saya menggunakan iklan Facebook Ads atau Google Ads. Tetapi, bila mengandalkan situs marketplace, tidak perlu mengiklankan toko kita lewat media berbayar. Fokus penargetan pun bisa dilakukan lewat toko online yang ada di marketplace itu sendiri. Pembeli biasanya mencari-cari toko yang berada di area wilayah terdekat. Nah, anda bisa mencantumkan nama wilayah di toko online anda.