Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jajanan Yang Cocok Dijual Di Sekolah

Apa saja jajanan yang cocok dijual di sekolah? Tentnya, setelah mengamati para penjual makanan ringan alias jajanan, kebanyakan mereka mendapatkan penjualan. Tentunya, titik tekannya bukan sekedar cocok atau tidaknya, karena jajanan yang bisa dimakan cocok dijual di sekolah. Anak-anak di sekolah membutuhkan jajanan yang mengenyangkan atau cemilan pendamping sebagai bekal untuk belajar di sekolah. Tentunya, jananan yang paling cocok adalah yang mengasilkan banyak penjualan.

 Gambar: kaltengpos.co

Logika agar bisa mendapatkan penjualan yang banyak, anak-anak di sekolah membutuhkan jajanan yang menyangkan atau cemilan pendamping sebagai bagian dari menikmati waktu istirahat belajar di sekolah yang tidak memiliki banyak waktu. Dari pembahasan ini, saya mencoba membahas jajanan yang cocok dijual di sekolah yang memang mendapatkan banyak penjualan setiap harinya.

Langkah Penjualan Produk Yang Cocok Dijalankan Di Sekolah

Pembahasan langkah ini agar menjadi perhatian para penjual yang ada di sekolah. Berapa banyak produk yang dilayani untuk anak di sekolah dalam waktu terbatas? Ini catatan pentingnya.

1. Produk Jajanan Siap Saji

Waktu istirahat sebentar. Apalagi, anda hanya berjualan di luar sekolah. Beruntung bila berjualan di dalam sekolah, ada saja anak di dalam sekolah yang jajan. Kalau di luar sekolah, bisa saja ada yang belum ketika pulang sekolah. Tetapi, lagi-lagi, anak berbegas pulang dari sekolah. Ketika mereka menunggu lama dalam membeli jajanan di sekolah, ini berpotensi tidak mengalami penjualan maksimal. Bukan karena produk tidak laku, tetapi, pelayanan atas jajanan yang lama. Jadi, alangkah baiknya, anda menyediakan produk yang siap saji.

Biasanya, jajanan yang digoreng dadakan yang menghambat mereka untuk membeli jajanan pada anda. Alangkah baiknya, jajanan gorengan atau yang direbus dadakan, diminimalisir waktu prosesnya. Bisa dilakukan beberapa jam sebelum waktu istirahat agar tetap hangat ketika dinikmati namun tetap siap saji. Atau, memilih produk jajanan yang proses pemasakannya namun bisa dilakukan dalam jumlah banyak sebentar seperti mi ayam, mi rebus, dll yang bisa dimasak berjumlah lebih dari 3 sekaligus.

2. Mementingkan Produk Jajanan Di Bawah Harga 5000

Mungkin makan bisa dihargai 5000. Tetapi, ada jajanan yang memang bisa dijual di bawah harga seperti ini. Mungkin saja, anak di sekolah membawa bekal makanan sendiri sehingga hanya membutuhkan makanan jajanan pendamping.

3. Siapkan Uang Kembalian

Jangan sampai anda mengalami kesulitan mengenai uang kembalian. Hal ini akan menghambat penjualan. Bayangkan, bagaimana bila mereka memakai uang di atas 50000? Tentunya, anda sendiri akan dihalangi penjualannya. Apakah anak sekolah harus merelakan tidak ada pengembalian? Tentu tidak. Mereka akan kecewa sekalipun kurang 1000 atau 500 dalam pengembalian uangnya.

4. Siapkan Gerobak Dorong

Alangkah baiknya, anda tidak perlu manggal di area sekolah yakni memiliki tempat bangunan yang tentunya tidak bisa dipindah. Lebih baik menggunakan gerobak yang memang bisa didorong untuk dibawa pulang atau keliling. Kecuali, produk jajanan anda tidak berfokus pada jajanan anak sekolah, ya silahkan saja mangkal di situ dalam jangka panjang. Mungkin saja, anda diberikan kesempatan masuk dalam tempat kantin.

Beberapa Produk Yang Bisa Cocok Dijual Di Sekolah

Setelah pembahasan di atas sudah anda pahami, hal yang perlu dipahami adalah mengenai pembahasan jenis-jenis produk jajanan di sekolah sesuai kriteria: produk jajanan siap saji dan mementitngkan produk di bawah 5000. Berikut jenis produk jajanan yang cocok di jual di sekolah sesuai kriteria.

1.    Jajanan Siomai
2.    Jajanan Cilok
3.    Jajanan Telur Gulung
4.    Jajajanan Kue Leker
5.    Jajanan Batagor
6.    Jajanan Rujak Buah
7.    Jajanan Bakso Ikan
8.    Jajanan Bakso Sapi
9.    Jajanan Sosis Bakar
10.    Jajanan Bakso Bakar
11.    Telur Gulung
12.    Jajanan Naget

Jenis jajanan di atas tidak membutuhkan waktu lama dalam pembuatan. Karena 5 orang pemesan bisa dilakukan sekaligus.

Memilih Produk Yang Bisa Dijual Di Luar Sekolah

Tidak semua produk bisa habis seketeka itu juga, dalam waktu sekolah, apalagi waktu istirahat yang sebentar. Anak-anak yang pulang pun rata-rata berkeinginan langsung pulang. Jadi, mengambil produk yang bisa dijual di luar sekolah memang tetap diperhatikan. Biasanya, para pedagangnya akan berkeliling untuk mencari tempat yang berpotensi mendapatkan penjualan.

Permasalahan ini memang dianggap opsional, kalau mau berfokus pada penjualan di sekolah. Namun, apakah hanya sampai jam siang berjualan di saat banyak kebutuhan mengandalkan penghasilan? Tentunya, berkeinginan berjualan sampai sore. Sehingga, memilih produk yang tepat di luar jam sekolah penting diperhatikan.

Contohnya apa jajanan yang bisa dijual di rumah? Hal ini berdasarkan kepantasan saja. Contoh: siomai, batagor, bakso, dll

Membahas Penjualan Di Kantin dan Di Luar Kantin

Disini tidak sedang membahas peluang berjualan di kantin karena penjualan di kantin memiliki keterpatasan peluang karena keterbatasan tempat. Namun disini ingin menjelaskan, ada perbedaan mengenai produk berjualan di kantin dengan produk penjualan di luar kantin. Kantin bisa diibaratkan dengan restoran atau rumah makan. Sehingga, disitu ada banyak variasi menu makanan. Sedangkan penjualan di luar kantin bentuk pecahan menu yang ada di kantin.

Jelas, di kantin bukan sekedar tema jajanan anak. Di situ dihidangkan makanan pokok, bisa nasi uduk, nasi padang, dll. Biasanya seperti itu. Tentunya, bisa berisi aneka jajanan yakni makanan ringan. Karena itu, aneka jajanan di kantin bisa jauh lebih bervariasi

Saya sendiri kurang begitu paham. Saya pahamnya kondisi kantin sekolahku dulu.