Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Blog Bahasa Inggris Sambil Belajar Menulis

Apa pentingnya membuat blog bahasa inggris? Salah satu tujuan utamanya adalah untuk bisnis online adsense. Nilai klik iklan dari luar negeri jauh lebih besar dari iklan di indonesia. Jadi, membuat blog bahasa inggris nilai keuntungannya jauh lebih besar daripada bahasa indoensia di saat permodalan membuat blog mungkin sama. 

Membuat Blog Bahasa Inggris
Sumber:www.edumor.com


Tetapi, kita harus juga membuat blog bahasa indonesia untuk penjual indonesia karena kita perlu mengangkat para pebisnis indonesia.

Namun disini, saya lebih menekankan membuat blog bahasa inggris sambil belajar menulis. Titik fokus belajar menulisnya lebih ke bahasa inggris untuk kepentingan blog bahasa inggris.

Berikut soal pembahasan membuat blog bahasa inggris sambil belajar menulis.

Manfaat Belajar Menulis Bahasa Inggris Sambil Membuat Blog

Manfaat belajar menulis menggunakan bahasa inggris tentunya bisa mematangkan tentang menulis itu sendiri dan juga kematangan berbahasa inggris.

Hal yang perlu menjadi catatan penting bagi yang mau memperdalam bahasa inggris, bahwa, menulis bahasa inggris jauh lebih efektif dalam membangun kemahiran bahasa inggris lebih bebas. Bandingan dengan melisankan bahasa inggris, aktifitas ini memerlukan lawan percakapan bila mau dianggap normal. Kegiatan menulis hanya membutuhkan waktu luang, agar bisa maksimal menulis.

Memperbanyak Membaca Tulisan Berbahasa Inggris Milik Orang Bule dan Juga Tulisan Bahasa Indonesia


Ada baiknya, penulis blog bahasa inggris harus membaca tulisan berbahasa inggris milik orang bule, orang luar negeri. Tujuannya untuk melihat kondisi tulisannya seperti apa. Tentunya, membahas sesuatu dalam tulisan bahasa inggris harus mengetahui juga kondisi sebuah wilayah di luar negeri.

Misal, menulis bahasa inggris tentang makanan. Tentu, harus sesuai dengan makanan yang ada di negara yang ditarget. Hal ini membutuhkan referensi tulisan bahasa inggris.

Sebagai penulis indonesia, tidak pula melupakan menulis membaca tulisan orang indonesia, tentang indonesia. Nantinya, hal ini bisa dijadikan kolaborasi pembahasan dalam tulisan bahasa inggris.

Secara umum, blogger alias penulis blog bahasa inggris sendiri harus banyak membaca tulisan, mendengarkan pengetahuan, untuk memudahkan dalam proses membuat tenulisan yang lengkap, mendalam, memecahkan masalah.

Lebih Baik Berfokus Pada Menulis Niche Topik Dalam Membuat Blog Bahasa Inggris

Ketika anda masih tahap belajar menulis, apalagi belajar menulis bahasa inggris, tentu kesulitannya bisa 2x lipat dari menulis memakai bahasa indoensia. Apalagi, menulis menggunakan bahasa apapun tetap membutuhkan materi yang akan ditulis. Hal ini yang membuat anda membutuhkan fokus agar lebih mempedalam materi yang akan ditulis.

Kecuali, anda memiliki beberapa tim penulis dalam blog bahasa inggris anda. Jadi, masing-masing niche dalam kategori, ditangani beberapa penulis. Anda bagian di niche tertentu dalam menulis di blog bahasa inggris.

Persaingan pasar internasional memang kuat, sangat kuat sekalipun bermain nich. Jadi, bila memang bermain gado-gado dalam membuat tulisan di blog bahasa inggris, jelas, tantangan persaingannya makin berat.

Dimana Pasar Yang Bagus Untuk Blog Bahasa Inggris? #Membuat Penargetan Negara

Bila menarget global tanpa target negara, bisa jadi akan lebih menyulitkan. Jadi, sebagai langkah ikhtiar menuju menurunkan tingkat pesaingan, bisa melakukan menarget negara. Yang menjadi kendala adalah, anda harus meriset satu per satu negara yang memakai bahasa inggris. Tujuannya untuk melihat negara mana saja yang memiliki kata kunci mahal.

Tetapi, apakah bisa melakukan targeting negara? Dalam Google Search Console memang ada fasilitas penargetan negara. Anda bisa mencobanya, barangkali berhasil. Saya sendiri melakukan penyettingan target negara indoensia untuk blog ini.

Cara penargetan di Google Search Console:

  • Klik menu “Laporan dan Versi Lama”.
  • Lalu buka “Penargetan Internasional”.
  • Klik menu “Negara” lalu pilih negara yang akan ditarget.
  • Jangan lupa “Ceklis”

Tetap, saya tidak tahu, apakah efektif atau tidak. Karena, kalau kita berada di Indonesia, ya sebenarnya penargetannya indonesia. Ya, silahkan anda tanya ke yang lebih ahli.

Kali ini, saya ingin mencoba meriset kata kunci “cara membuat blog” dengan “how to create a blog” sebelum memutuskan negara mana yang akan ditargetkan.

  • Cara membuat blog: jumlah pencarian 10 rb – 100 rb. Biaya iklan Rp814,04 - Rp211.481,60 (Rp2,689,73 menurut Ubersugest). Target negara indoensia.
  • How to create a blog: jumlah pencarian 1 rb – 10 rb. Biaya iklan Rp26.752,00 - Rp195.712,00 ($15 menurut Ubersugest). Target negara amerika serikat.

Anda bisa melihat perbandingan di atas. Negara indonesia mematok harga dasar iklannya sekitar 800 atau 2600. Sedangkan, amerika serikat mematok harga dasar iklannya sekitar 26.000 atau $15. Coba, sama-sama membahas cara membuat blog tetapi biaya iklannya berbeda. Jadi, lebih unggul menarget negara amerika serikat daripada indonesia.

Semakin besar biaya iklan, tentunya, berpotensi mendapatkan harga klik yang semakin besar.

Persiapan Sebelum dan Sesudah Membangun Blog Dari CMS Wordpress Dengan Template/Tema Premium

Ingat! Pesaingan pasar luar negeri memang berat. Jadi, anda jangan menggunakan blogspot atau media gratisan lainya. Lebih baik, anda membuat blog bahasa inggris dari CMS wordpress agar hasilnya jauh lebih baik.

Menggunakan CMS wordpress berarti anda harus menyewa hosting dan domain. Untuk masalah ini, saya tidak bisa menjelaskan di sini. Yang akan saya jelaskan di sini adalah strategi pengaturan modal agar tidak menemukan kegagalan: gagal berlangganan hosting+domain.

Langkah-langkah sebelum menyewa hosting+domain:

  • Siapkan 5 artikel utama dengan informasi yang lengkap, setidaknya 2000 kata. Paham kan maksud lengkap?
  • Siapkan minimal 50 artikel pendamping.
  • Siapkan minimal 30 artikel untuk kepentingan memakai jasa backlink PBN

Langkah-langkah perdana setelah menyewa hosting:

  • Posting 10 artikel, termasuk di dalamnya artikel utama
  • Minimal 10 artikel menautkan link ke artikel utama
  • Konsultasikan ke jasa backlink PBN mengenai kondisi blog luar negeri sebelum memakai jasa backlink PBN
  • Bila sudah beres sesuai arahan jasa backlink PBN, silahkan melakukan tindakan memakai jasa PBN.
  • Update artikel sesuai hasil arahan jasa backlink
  • Siapkan akun adsense

Bisa jadi, dalam setahun, anda belum bisa mendapatkan keuntungan. Tetapi, tahun berikutnya, bisa jadi sudah untuk kebutuhan mengembalikan modal.

Saran: lebih baik membuat blog untuk affiliate untuk langkah pertama, sebelum mendapat minimal 10.000 per bulan pengunjung.

Membutuhkan Kekuatan Backlink PBN Demi Penghematan Biaya Iklan

Blog luar negeri memang sulit untuk mencari celah bisa bersaing. Jadi, anda harus membutuhkan kekuatan backlink agar bisa menang dalam persaingan. Backlink yang kuat berasal dari backlink PBN karena backlink berada di halaman artikel. Ketika ingin kekuatan backlink PBN bertambah, bisa melakukan pemasangan backlink dengan cara blog comment untuk situs PBN.

Dengan mengandalkan backlink PBN, anda bisa menghemat biaya iklan untuk menarget market luar negeri. Biaya iklannya mahal. Anda bisa lihat sendiri. Biasanya, cara mengiklankan situs blog sebagai upaya mempecepat mendapatkan backlink secara alami, katanya. Tetapi, cara ini memboroskan. Jadi, alangkah baiknya mengandalkan backlink PBN.

Ingat! Anda sedang bersaing market luar negeri, market dunia, untuk kesuksesan bisnis adsense. Maka, proses membangun kekuatan backlink PBN bukan berfokus pada blog saja tetapi juga pada halaman artikel.

1.    Pemasangan Backlink PBN Kata Kunci Homepage

Anda bisa menentukan 5 kata kunci yang akan dioptimasi. 5 kata kunci inilah yang akan disebar di halaman artikel situs PBN. Ada jasa PBN yang bisa memberikan sampai 30 domain situs PBN. Sehingga, pemasangannya 5 kata kuncinya bisa dibagi-bagi. Namun, pada intinya, ada fokus kata kunci dari 5 kata kunci yang disebar.

Misal: fokus kata kunci “membuat blog”. Variasinya seperti ini.

  • Cara membuat blog pribadi
  • Membuat blog bahasa inggris
  • Cara membuat blog bahasa inggris
  • Membuat blog menghasilkan uang
  • Membuat blog yang menarik

Jadi, pada intinya, anda juga sedang membangun kekuatan kata kunci “membuat blog” dengan backlink PBN.

2.    Pemasangan Backlink PBN Kata Kunci Halaman Postingan

Maksimal memasangan per halaman artikel di situs PBN itu dua url. Di sini anda bisa memanfaatkan untuk pemasangan backlink halaman postingan, di samping homepage.

Karena anda juga membangun kekuatan backlink untuk halaman postingan, maka 30 artikel yang sudah anda buat-- untuk memberikan backlink url halaman postingan--- harus sesuai topik artikel yang akan dipasang. Hal ini untuk relevansi saja agar backlink makin kuat.

Ketika ada 30 domain untuk memberikan kekuatan backlink pada 5 halaman postingan, masing-masing mendapat jatah backlink sekitar 6 halaman postingan. Maka solusi untuk meningkatkan backlink, anda jangan menulis 30 artikel saja. Bisa menulis sampai 90 artikel di situs PBN.

Bagaimana kata kunci per url halaman artikel? Agar lebih kuat, tentunya, kata kuncinya cuma satu saja yang diandalkan karena cuma mendapat 6 halaman postingan situs PBN per 1 url situs utama.

Rinciannya:

  • 1 halaman postingan situs utama = 6 halaman url situs PBN
  • 1 halaman postingan situs utama = 6 halaman url situs PBN
  • 1 halaman postingan situs utama = 6 halaman url situs PBN
  • 1 halaman postingan situs utama = 6 halaman url situs PBN
  • 1 halaman postingan situs utama = 6 halaman url situs PBN

Makanya, bila ingin menambah kata kunci, bisa menambah jumlah artikel, dari 30 menjadi 90 artikel.

Permasalahannya, apakah siap menulis sampai 30 atau 90 hanya untuk dipasang di situs PBN milik jasa PBN?

Manfaat Blog Bahasa Inggris Cuma Untuk Orang Luar Negeri!

Karena anda membuat blog bahasa inggris, tentunya, informasi yang anda hadirkan Cuma untuk orang luar negeri. Anda menulis capek-capek cuma untuk pemenuhan orang luar negeri. Memang, berbagi ilmu dan informasi menjadi titip fokusnya.

Yang menjadi titik fokus perhatian adalah, apakah anda rela ribuan artikel cuma untuk membahas permasalahan orang luar negeri? Apakah anda akan mencoba mengangkat informasi khas yang ada di indonesia untuk dunia? Sulit juga bila dalam rangka mengangkat budaya indonesia bila berurusa kepentingan blog adsense.

Baca: Cara membuat blog agar menghasilkan uang