Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Judul Blog Yang Menarik Menurut Google

Sebenarnya, membuat judul blog yang menarik menurut google itu mudah. Tetapi, membuat judul blog yang harus tetap mengangkat usaha kecil yang dibawanya, sepertinya agak sulit. Kok bisa? Pada intinya, membuat judul blog yang sukai google dengan yang disukai konsumen itu agak berbeda.


Sumber: www.mediababe.net

Mengapa berbeda?

Alangkah baiknya, mari melihat penjelasan di bawah agar mengetahui dengan jelas bagaimana membuat judul blog yang menarik menurut google.

Pahami Apa Yang Disebut Judul Blog Yang Bisa Untuk Menarik Perhatian Google

Membuat blog sebenarnya tidak hanya di blogspot, tetapi juga di wordrpress. Kedua ini memang platform yang unggul dalam dunia blog.

Ketika membuat blog di blogspot, membuat judul blog yang menarik berkaitan juga dengan judul untuk kepentingan di mesin pencari Google. Jadi, ruang pembuatan judulnya satu yakni di menu “setting”.

Berbeda bila membuat blog di wordpress, judul blog bisa berbeda dengan judul blog di plugin SEO seperti yoast SEO. Ketika tanpa plugin, bahkan tulisan deskripsi bisa muncul sebagai judul. Jadi, menggunakan plugin SEO sepertinya wajib. Hal ini yang bisa membedakan pembuatan judul nantinya.

Di dalam kolom judul yang ada di plugin SEO, bertujuan untuk bersaing di mesin pencari, misal “Cara membuat blog agar menghasilkan uang”. Sedangkan di kolom yang ada di setingan dasar wordpress, biasanya untuk judul tambahan, misal “Cara membuat blog agar menghasilkan uang – Blogue.” Setahu saya waktu itu. Inilah perbedaan judul di wordpress.

Karena ingin membuat judul blog yang menarik menurut google, judul yang diutamakan di wordpress adalah judul yang ada di plugin SEO.

Membuat Judul Blog Yang Memiliki Pencarian Agar Menarik Menurut Google

Mengapa membuat judul blog yang menarik justru judul yang memiliki jumlah pencarian. Pada dasarnya, kata kunci memiliki memiliki jumlah pencarian dan jumlah harga per kata kuncinya. Bila membuat judul yang memiliki jumlah pencarian, berarti sudah memenuhi kebutuhan pasar. Di sinilah google akan menilai, judul blog yang mana yang paling layak berada di ranking pertama google.

Bagaimana bila tidak memiliki jumlah pencarian seperti judul buatan sendiri, misal “Catatan Elbuy ”? Siapa yang mau mencari? Tentunya, google tidak perlu menilai siapa yang berada di ranking pertama selain “Catatan Elbuy”. Dan ketika semua judul di dalam blog tidak memiliki pencarian, bagaimana menghasilkan kunjunganya?

Jadi, membuat judul blog yang menarik memang harus memiliki jumlah pencarian, bahkan harga per kliknya.

Membuat Judul Sebagai Rencana Isi Topik Blog

Sebuah buku yang bagus dan menarik adalah buku yang menggambarkan isinya lewat judul. Begitu juga blog, membuat judul blog seharusnya sebagai perwakilan dari isi blog. Inilah judul yang menarik menurut google. Karena dengan judul ini, bisa berada di mesin pencari. Artinya, anda harus membuat judul niche market agar menarik di menurut google.

Judul blog gado-gado itu tidak disukai google karena antar pembahasan di tulisan postingan saling tumpang tinding kata kunci. Tidak sukanya dengan membuktikan bahwa judul blog yang dibuat tidak bisa ranking. Padahal, judul blog yang dibuat memiliki jumlah pencarian.

Bagaimana membuat judul blog yang menarik menurut google tetapi masih membahas tulisan gado-gado?

Caranya adalah memilih kata kunci soal berita. Misal membuat judul “dunia berita terkini”. Judul “dunia berita terkini” tetapi isinya berbagai macam topik pembahasan. Masih dianggap menarik karena memang dialami banyak situs berita.

Jadi, bila judulnya “cara membuat blog”, alangkah baiknya, pembahasannya seputar:  membuat blog, membuat template blog, template blog gratis, cara membuat blog yang menarik, cara membuat judul blog yang menarik dan sebagainya.

Tambahan: Bagaimana Membuat Judul Blog Yang Menarik Menurut Konsumen alias Manusia?

Bisa saja tidak ada judul yang menarik bila manusia atau konsumen yang menilai judul sesuai standar SEO. Kecuali judul yang di luar kepentingan untuk pengunjung blog dari google yakni sesuai standar SEO seperti judul cerita fiksi, opini, dan lainnya.

Yang ada adalah domain atau subdomain yang menarik di mata manusia. Domain bisa diperjuangkan kemenarikannya karena bisa bebas dari standar SEO.

Domain atau subdomain (tetapi lebih utama domain) itulah yang bisa dijadikan brand. Memperkenalkan nama domain sama halnya dengan membangun brand. Jadi, membuat domain yang menarik dianggap penting agar bisa mengangkat citra blog.

Banyak pemilik blog kalah jauh terkenal dengan nama domainnya seperti Kepointernet.com (hal ini karena beberapa pemilik blog). Bahkan, ada nama domain sekaligus nama pemilik blognya seperti Sugeng.id sehingga sama-sama terkenal. Namun, tidak ada blog yang terkenal karena judulnya. Inilah kekuatan nama domain.

Lalu solusinya bagaimana membuat judul blog yang bisa menarik menurut manusia alias konsumen? Kembali pada cara membuat judul blog yang menarik menurut google. Namun, ada catatan pentingnya, buat kata tambahan yang menarik.

Contoh membuat judul yang menarik di mata konsumen dengan tetap sesuai standar SEO:
  • Cara Membuat Blog ‘Penghasil $1000 Per Bulan’
  • Cara Menulis Di Blog ‘Diminati 100 Klien Per Bulan’
  • Tutorial Website Online Shop ‘Super Mudah’
Judul standar SEO nya ada. Cuma, sisi menarik dari judul sesuai kaca mata konsumen ada di kata tambahan dari judul (yang diberi tanda petik). Namun karena kata tambahan inilah, judul dianggap menarik di mata konsumen.

Berikut keriteria mengapa judul dianggap menarik?:
  • Mengandung nilai kekayaan
  • Mengandung nilai kekuatan
  • Mengandung nilai ketenaran
  • Mengandung nilai keamanan
  • Dan lainnya.
 
***

Bila sudah menemukan judul blog yang menarik menurut google dan kacamata konsumen, apakah anda siap membuat blog untuk kebutuhan usaha kecil? Kalau siap, apakah siap membeli template premium agar ada gabungan daya tarik: dari judul dan template/theme blog?

PENAWARAN:
Template Blogspot Presmium
Tema Wordpress Untuk Toko Online