Membuat Blog “Catatan Harian” Menghasilkan Dollar

gambar


Bagaimana membuat blog yang menghasilkan dollar hanya mengandalkan aktifitas ringan menulis berupa catatan harian alias catatan kegiatan keseharian yang anda lakukan? Banyak sekali blogger yang membuat blog seputar “catatan harian” atau tulisan ringan yang terkesan tidak menguntungkan pada sisi finansial atau personal brand. Blog menjadi hiasan online tanpa menghasilkan apa-apa, termasuk tidak menghasilkan kebaikan dari berbagi tulisan, sepertinya begitu.

Apakah anda menginginkan blog yang anda buat menghasilkan dollar? Atau setidaknya anda tidak memikirkannya namun prinsip yang anda gunakan dalam membuat blog beserta tulisannya sesuai dengan prinsip menghasilkan dollar. Seperti anda tidak menginginkan kaya hasil usaha anda, namun prinsip yang anda gunakan dalam berusaha sesuai prinsip yang dilakukan orang kaya.

Sebelum membahas bagaimana membuat blog agar blog catatan harian anda bisa sebagai mesin pencari dollar, ingin sedikit menyindir pada para blogger yang tidak menginginkan uang dari blog:
Bila memang membuat blog sekedar berbagi tulisan, kenapa mencopi-paste artikel orang lain dan melanggar aturan dalam memberikan tautan artikel?” Yes, banyak blogger seperti ini. Namun berpikir positif saja dengan berkata, “Mungkin tidak paham dunia blogging”. Untuk selanjutnya, jadilah blogger produktif yang rela berbagi tanpa mencopy-paste artikel orang lain kecuali sudah dirubah tulisannya. Copy-paste itu merugikan orang lain.
Berikut adalah cara membuat blog catatan harian yang bisa berpotensi menghasilkan uang alias dollar dari Google Adsense:

Pastikan Anda Terlebih Dahulu Meriset Pasar Alias Meriset Kata Kunci Sebelum Membuat Blog

Riset pasar? Ini yang jarang sekali disentuh para blogger yang menyukai dengan tema campuran. Padahal, membuat blog tema campuran juga memiliki target market tersendiri. Khusus membuat blog catatan harian, maka pembuatan blognya dengan tema campuran. Walau demikian, tetap melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk menentukan target market blog catatan harian sesuai dengan tema campuran.

Sebagai misal membuat judul blog dengan tema “Catatan Harian”. Tema blog seputar catatan harian sendiri memiliki pasar alias memiliki jumlah pencarian yang tidak sedikit. Padahal tema catatan harian merupakan tema campuran yang nantinya berisi tentang keluarga, cinta, sahabat, pengembangan diri dan sebagainya.

Membuat Daftar Spesifikasi Tema Membuat Blog Sebagai Penguasaan Pasar

Setelah menemukan tema yang tepat untuk membuat blog catatan harian anda, bisa mengisi inti pembahasan yang akan ditulis sebagai fokus penguasaan kata kunci blog catatan harian. Misal dalam catatan harian anda menulis tentang keluarga, cinta, dan lainnya.

Setidaknya anda harus membuat 5 daftar spesifikasi tema dari blog catatan harian anda. Spesifikasi ini sebagai kategori alias label di dalam blog. Berikut adalah contoh membuat kategori blog:
  • Keluarga
  • Sekolah
  • Kuliah
  • Bermain
  • Sahabat
  • Belajar
  • Online
  • Cinta
  • Kuliner
  • Nonton
Maka nanti dalam artikel, anda harus membuat judul dan pembahasan tentang keluarga seperti dengan judul, “Keluargaku, Kebahagiaanku”. Fokus yang anda kuasai demi menguasai pasar adalah menargetkan “keluarga bahagia” atau “kebahagiaan keluarga” bila memang ini memiliki pencarian yang banyak. Setelah sudah memiliki beberapa artikel minimal 5 per kategori, maka silahkan membuat judul dan pembahasan semau anda namun tidak lepas dari pembahasan per kategori.

Membuat Artikel Blog Secara Khusus Untuk Marketing Yang Mengarah Pada Tema Produk

Google Adsense tidak suka artikel yang tidak memiliki nilai marketing pada suatu produk. Bila memang anda membuat judul dan pembahasan mengenai “Keluarga Bahagia itu Surga Dunia”, apakah akan ada iklan yang menawarkan produk keluarga atau keluarga bahagia? Atau bahkan produk masuk surga? Tentu tidak ada. Sehingga Google akan memasang iklan seadanya. Kalau seadanya, akan jauh dan sulit mendapatkan klik yang banyak di saat trafik blog tidak terlalu banyak per harinya.

Bila memang membahas keluarga, cari di google apakah ada produk tentang keluarga? Ternyata, setelah mencari memang ada yaitu  tentang “panduan mendidik anak”. Panduan itu ternyata membayar tinggi sebuah iklan. Ini artinya, peluang bagus membuat artikel tentang mendidik anak.

Anda bisa membuat judul artikel blog, misal “Saya bakal mendidik anak? Siap-siap nih”. Lalu membahas tentang mendidik anak. Buat tulisan yang seperti layaknya catatan harian. Catatan harian bukan sekedar berisi pengalaman yang memang sudah terjadi namun juga pengalaman yang akan dilakukan.

Dengan memakai sistem link building backlink SEO, maka setiap artikel yang membahas keluarga, maka harus menautkan alias memberi tautan pada artikel tentang “Panduan Mendidik Anak” dan juga saling menautkan antar pembahasan tema keluarga, dan lainnya.

***

Setidaknya ini prinsip dasar membuat blog untuk menghasilkan dollar lewat Google Adsense. Selebihnya memang harus belajar bagaimana tentang aturan Google Adsense. Karena banyak yang ditolak mendaftar di Google adsense.

Kalau anda masih bingung membuat blog khusus catatan harian, kebetulan anda memiliki banyak pengalaman yang bisa dibagi di dalam blog, anda bisa mengandalkan jasa pembuatan blog yang saya miliki. Cukup murah dengan bonus artikel sebagai contoh kasus membuat artikel blog catatan harian.

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!