Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengelola Blog Bisnis dengan Pelajaran Bahasa Inggris

Tips bagaimana cara terbaik mengelola blog untuk bisnis dengan mengisi materi pelajaran bahasa Inggris? Bila anda ingin menjadi “Language Blogger” khususnya membahas mengenai belajar berbahasa Inggris yang ada di sekolah atau kampus, perlu memperhatikan langkah yang akan dijelaskan di bawah bila memang blog bisnis anda ingin meraih kesuksesan.

Mengelola Blog Bisnis dengan Pelajaran Bahasa Inggris

Bagi guru bahasa Inggris, tentu akan membuat dan mengelola blog tentang pelajaran bahasa Inggris untuk mempermudah siswanya belajar. Atau memang bagi yang mahir bahasa Inggris ingin melampiaskan ilmunya lewat media blog karena tidak mengganggu aktifitas kerjanya. Namun, setelah meriset beberapa blog, saya memastikan bahwa dalam mengelola blog tersebut tidak bisa maksimal untuk bisnis, baik sebagai pengiklan atau penjual panduan belajar.

Kenapa blog tidak bisa maksimal untuk ladang bisnis?
  • Karena terlalu teknis membahas pelajaran bahasa Inggris
  • Pembahasan menimbulkan duplikat konten dengan blog lain bila tidak menyiasati dengan pembahasan lain di tiap artikel.
  • Tidak memiliki tips belajar yang membangun untuk pembelajaran bahasa Inggris yang cepat, bagus, berkualitas dan embel-embel lainnya.
  • Produk bisnis berupa kursus atau panaduan bahasa Inggris tentu tidak bisa dimanfaatkan karena sudah dibahas dalam blog.
  • Bermain sebagai publisher Google Adsense tidak tepat karena jarang pemasang iklan yang berfokus pada judul materi bahasa Inggris (tidak ada market spesifik) seperti “cara membuat tenses”, dan lainnya.

Seperti pelajaran Matematika, bahasa termasuk bahasa Inggris merupakan ilmu alat yang tidak bisa dianalisis dan diopinikan. Bila memang mau diopinikan atau dianalisis, harus berbentuk sastra Inggris atau pengamalan bahasanya seperti ceramah dan menulis. Justru Matematika dan bahasa adalah alat untuk analisis dan beropini. Maka muncullah Matematika Ekonomi, Karya Tulis, dll.

Lalu bagaimana cara mengelola blog yang terbaik ketika membahas bahasa Inggris yang memang tidak bisa untuk dibuat analisis dan opini? Berikut bagaimana membuat blog sampai dengan mengelolanya bisa tepat dan maksimal sebagai media berbisnis.

Dalam Mengelola Blog Bahasa Inggris Harus Serius Membangun Tribe

Tribe adalah komunitas, seperti komunitas batu akik, komunitas pecinta seni Cirebon, dan sebagainya. Maka dalam membuat dan mengelola blog pelajaran Inggris, harus benar-benar serius membangun tribe. Mengapa? Karena tidak ada yang bisa diharapkan lebih dari blog bahasa Inggris, semua blog membahas hal yang sama. Itu artinya, nilai lebih tidak pada pembahasan namun kaitannya dengan bagaimana blog anda mampu memikat para pecinta bahasa Inggris.

Bagaimana dengan mengelola blog bahasa Inggris yang digunakan untuk membangun tribe? Bila anda tahu komunitas online di grup Facebook, akan banyak grup yang membahas belajar Inggris. Apakah dalam grup tersebut hanya membahas Grammar atau menulis Inggris saja? Kalau hanya ini, apa bedanya dengan belajar bahasa Indonesia? Namun kebanyakan grup bahasa Indonesia justru titik tekannya ke grup tulis-menulisnya, baik artikel atau sastra.

Bila anda sudah mengerti maksud di atas, market blog anda adalah para pecinta duna tulis-menulis Inggris khususnya sastra Inggris. Suka atau tidak suka dengan sastra Inggris, bila ingin sukses mengelola blog menjad ladang bisnis, anda harus membangun pembahasan yang memang berfokus pada sastra Inggris di samping hal lainnya. Bila tidak, apa yang akan diharapkan dalam bahasa Inggris? tidak ada update materi bahasa seperti halnya tutorial membuat blog atau tutorial teknologi lainnya.

Mengelola Blog Bisnis Materi Bahasa Inggris Berfokus Pada Target Jasa Pengiklanan, Jasa Penulisan Atau Publisher Adsense

Tidak ada yang lain, harus berfokus pada bisnis jasa iklan, jasa penulisan artikel atau publisher adsense, sepertinya. Kenapa? Karena agar lebih maksimal, leluasa membahas materi pelajaran dan lainnya. Kalau mau menjual produk pembelajaran, apa yang akan diharapkan dengan produk tersebut? Karena pembelajaran bahasa Inggris sudah dijelaskan dengan lengkap dalam blog.

Saya meriset beberapa blog yang menjual panduan belajar bahasa Inggris. Rata-rata dalam mengelola blog yang mereka lakukan hanya membahas tentang tips belajarnya daripada materi bahasanya. Apalagi yang dijual adalah panduan belajar berupa grammar, maka hanya sedikit memberikan artikel-artikel tips belajar Inggris. Intinya pengelolaan blog bahasa Inggris mereka kurang maksimal.

Bila blog yang anda kelola berhasil mengumpulkan para pecinta bahasa Inggris dan terkhusus pecinta sastra Inggris, jasa pengiklanan, penulis atau iklan lainnya akan sukses dijalankan. Kenapa? Karena anda tiap hari atau sering memberikan update informasi berupa karya sastra Inggris, resensi cerpen atau novel Inggris, dan hal lainnya yang membahas masalah dunia bahasa Inggris.