Jasa Menulis 5 Artikel
Harga Murah Dengan Standar SEO
CUMA 60.000 @500Kata

Sarana Pendukung Bisnis Rumahan Online, Anti Lelet!


Saya ingin terlebih dahulu bercerita pengalaman bekerja menjalani bisnis rumahan online. Namun, Anda paham kan maksud bisnis ini? Namanya juga rumahan, berarti pekerjaan untuk mengurusi bisnis di dalam rumah. Rata-rata, pebisnis di rumah adalah pekerja sejati kok. Termasuk saya, selalu bekerja mengurusi bisnis. Bagaimana pengalaman bekerja saya yang terbilang patut jangan ditiru?

laptop

Di pembahahasan ini juga termasuk untuk anda yang menginginkan aktif bekerja dengan lancar dengan sarana-sarana pendukung bisnis. Dalam berbisnis, penting sekali memiliki sarana pendukungnya. Jangan sampai menggunakan sarana justru mengganggu pekerjaan seperti yang saya alami. Berikut penjelasannya.

Artikel terkait: Metode Kerja Bisnis Online Rumahan

Gunakan Laptop Jangan Komputer

Bekerja malam membuat saya harus menghilangkan rasa kantuk. Saya bekerja malam hari untuk mengurusi backlink SEO yang waktu itu masih saya lakukan. Walau sekarang sudah tidak membuka jasa backlink lagi, menutup jasanya, karena sekarang sudah diwakilkan dalam kursus blog bisnis, tetap saja saya harus bekerja malam karena untuk mengurusi backlink milik blog saya sendiri.

Tragisnya, ada suara-suara yang membuat mata menjadi mengantuk. Suara apa itu? Hehe... Tidak mungkin suara dari laptop. Yang jelas, komputer menggunakan mesin besar sehingga terdengar sekali suara desingannya. Itu yang membuat saya sering terkantuk-kantuk ketika lama mendengarkan suara komputer.

Namun sekarang sudah menggunakan laptop dong...

Gunakan Laptop Intel Duel Core

Pada intinya, jangan menggunakan laptop yang masih berotak pentium 4 dan di bawahnya. Kalau masih ada, jangan gunakan itu. Namun mungkin sekarang sudah tidak ada lagi pentium 4 apalagi di bawahnya khusus untuk laptop. Kenapa? Karena kalau digunakan untuk online akan terasa lelet. Yah, pengalaman sejati saya sendiri, bertahun-tahun menggunakan pentium 4.

Kalau memang mau membuka jasa artikel atau bisnis yang mengandalkan sarana ofline, maka anda tidak perlu mengharuskan menggunakan laptop di atas pentium 4. Bisa saja anda membuka #toko online namun dalam prakteknya tidak pernah secara maksimal mengandalkan sarana online lewat komputer/laptop. Cukup menggunakan smartphone, sudah bisa berbisnis online.

Ketika mau mempromosikan toko online, anda menggunakan komputer/laptop. Namun itu juga dengan media iklan berbayar sehingga pengerjaannya tidak memakan waktu lama. Hal ini memungkinkan tidak terkena efek dari leletnya komputer/laptop ketika online.

Apa saja bisnis di rumah online yang harus menggunakan laptop intel duel core atau yang memiliki RAM lebih dari 2 GB dan kapasitas memori yang besar? Pada intinya, bisnis atau jasa yang masih maksimal menggunakan laptop dalam berselancar di internet.

Ketika cukup menggunakan media smartphone, kenapa harus memaksakan ganti laptop terbaru?

Gunakan Modem Dengan Kartu Tri Agar Menghemat Modal Bisnis Online

Lebih baik menggunakan modem bila berselancar di internet masih mengunakan laptop. Kenapa? Karena bisa digunakan kapan saja tanpa ada batas waktu. Cukup membeli kartu perdana atau isi ulang paket internet, sudah bisa menjalankan internet dengan mudah.

Namun kartu modem apa yang harus digunakan? Tidak dikatakan harus. Namun ini pengalaman saya sendiri. Saya lebih memilih kartu Tri dalam membeli paket internet, baik dari kartu perdana atau layanan quota internet. Kenapa? Pertama, batas penggunaan kuota tidak terbatas waktu selagi terus isi ulang setiap habis masa aktif. Ini selaras dengan kondisi saya yang tidak bisa memaksakan harus full tiap hari digunakan selama 30 bulan.

Dengan uang 25.000 untuk membeli kartu perdana Tri, saya sudah bisa mendapatkan 1 GB. 1 GB bila untuk bisnis yang tidak perlu aktif berselancar di internet bisa digunakan dalam 1 bulan bahkan lebih. Bayangkan, modal koneksi cuma 25.000 namun keuntungan bisnis menghasilkan lebih dari 1 juta? Ini jumlah keuntungan yang tidak sampai boros modal.

Namun biasanya saya hanya membeli quota internet paket malam. Karena lebih murah, hanya 65.000 sudah mendapatkan 10 GB. Bisa untuk berbulan-bulan bila penggunaan tidak untuk download.

Gunakan Web Editor

Web editor yang sering digunakan adalah notepad. Notepad sering digunakan untuk mencatat hal-hal yang tidak terlalu penting namun dibutuhkan pencatatannya. Saya sendiri dalam menjalankan bisnis rumahan online, sampai sekarang masih menggunakan notepad.

Saya menggunakan web editor untuk:
  • Menyimpan rencana berinternet
  • Menyimpan data pencarian backlink
  • Menyimpan teks komentar dan kata kunci backlink dalam bentuk file website
  • Menghilangkan efek website ketika mencopas artikel orang lain.
  • Menulis rencana-rencana pembuatan blog

Lebih jauh, web editor yang bisa anda miliki juga adalah yang bisa untuk membuat website. Ini memang berat. Untuk itu, memiliki ini hanya untuk pebisnis yang lebih berkaitan pada dunia pemrograman web atau pemain affiliate yang memiliki banyak situs minisite.

Gunakan Ms Word

Untuk bisnis online rumahan yang mengandalkan media marketing blogging, memiliki ms word memang penting. Memang bisa blogging tanpa menggunakan ms word yaitu dengan notepad atau menulis langsung di badan pos blog.

Menulis ketika ofline dengan ms word, kita bisa merencanakan model tampilan yang akan tampil di blog, anchor teks yang ingin dipasang, dll.

Memang bisa merencanakan tampilan tulisan ketika menulis di badan post blog. Kelemahan menulis langsung di badan post blog adalah bercampurnya dengan kode-kode blog yang justru menyulitkan dalam penulisan. Belum lagi waktu aktifitas internet akan terganggu dengan aktifitas menulis, apalagi jatah koneksi hanya berlaku dari jam 00 : 00 sampai 06 : 00 seperti yang saya gunakan.

Jangan Lupa Software Photoshop

Memiliki photoshop memang tidak terlalu penting, karena hal ini bisa dilakukan oleh jasa pembuat desain photoshop. Lagi pula, percuma memiliki photoshop bila tidak bisa menggunakannya. Belajar membuat desain untuk banner dan yang lainnya pun agak merepotkan.

Namun bila ingin membangun berbagai bisnis yang dilaukan sendiri di rumahnya, memiliki photoshop memang penting. Setiap membuat postingan artikel, setidaknya ada saja gambar yang perlu dibuat. Belum membua banner, desain minisite dan sebagainya.

Apakah bisa menggunakan layanan desain gambar online? Sekarang sudah ada editing gambar dengan layanan online yang kepentingannya untuk membuat banner, sampul fanspage, dl. Bila tidak punya photoshop, tentu ini langkah yang terbaik.

Bagaimana Dengan Software Screen Recorder Untuk Kemajuan Bisnis Rumahan Online?

Bisnis online sudah berkembang, mendapat keuntungan banyak, maka untuk memaksimalkan lagi sebuah bisnis adalah dengan memberikan layanan berupa vidio. Namun harus perhatikan terlebih dahulu, produk tentang apa? Tidak semua produk harus dibuat vidio tutorial atau dibantu vidio tutorial.

Sebagai contoh adalah produk kecantikan. Bagaimana menerapkan sebuah produknya bila tidak ada cara praktisnya? Semisal produk lipstik, maka bisa dijelaskan dengan vidio tutorial. Dalam hal ini, tidak harus menggunakan software screen recorder.

Presentasi produk yang terbaik ketika ada vidio sebagai penjelasan produknya. Memang menggunakan sales letter saja sudah cukup. Namun kebanyakan pengunjung online malas membaca sales letter bila sedang tidak butuh-butuh amat. Kalau menggunakan vidio, walau tidak terlalu butuh, biasanya penasaran ingin mendengarkan.

Bahkan untuk bisnis tertentu yang harus menggunakan vidio seperti tutorial desain photoshop, sebelum launching pun sudah menggunakan software recorder untuk merekam pembelajarannya. Jadi, penting menggunakan software ini untuk jenis bisnis tertentu.

Pada intinya adalah menggunakan media pembuat konten vidio, entah menggunakan laptop, smarphone atau software perekam tertentu.