Peluang Usaha Waralaba Unik Dan Hemat Biaya

gambar
Apakah anda sebagai pembeli hak usaha waralaba atau orang yang menjual hak usahanya? Namun apapun itu, di sini akan membahas mengenai peluang usaha waralaba yang dikhususkan untuk membangun jaringan bisnis kelas menengah. Bila seperti ini, yang ditekankan adalah misi berbisnis yang menghemat biaya, baik untuk pemilik utama waralaba atau pembeli hak usaha.

Waralaba

Sudah menjamur berbagai jenis usaha waralaba baik untuk usaha menengah atau atas. Bahkan ada juga − mungkin banyak− bermunculan yang bisa dimanfaatkan kelas usaha kecil. Kalau waralaba kelas menengah-ke atas, biasanya modal yang dikeluarkan adalah untuk pembelian hak usaha dan juga pembangunan tempat usaha. Kalau waralaba kelas usaha kecil, hanya sekedar menjual hak usaha saja dengan harga murah namun mengenai tempat penjualan diserahkan kepada pembelinya. Tentunya, peluang usaha modal kecil memang diminati banyak orang.

Apapun itu, yang jelas usaha waralaba adalah solusi untuk membangun jaringan bisnis yang murah dalam pembiayaan. Bila anda membangun cabang bisnis di berbagai wilayah, modal yang dikeluarkan tentu dari keuntungan usaha anda sendiri. Tetapi, bila anda membuka cabang dengan teknik waralaba maka permodalan akan terbantu oleh orang yang membeli hak usaha.

Di samping membuka cabang, anda pun berkesempatan membuka usaha properti. Biasanya, untuk usaha tertentu yang membutuhkan gedung, pihak pemilik utama waralaba akan membangunkan gedung untuk si pembeli waralaba. Desain khusus dalam pembangunan gedung bisa diatur oleh pemilik utama. Dengan begini maka pemilik utama akan mendapatkan bayaran atas pembangunan gedungnya.

Untuk itu, seperti tips yang sudah umum dijelaskan maka sebelum memanfaatkan peluang usaha waralaba yang menghemat modal alias biaya, anda harus melakukan hal seperti ini:

1. Pelajari Terlebih Dahulu Ide Dan Sistemnya

Tidak dapat dipungkiri, membangun usaha waralaba adalah membangun sistem. Membangun sistem berawal dari membangun sebuah ide bisnis. Bagaimana ide yang anda angkat untuk peluang usaha waralaba bisa diterapkan dalam jalur sistem bisnis? Tentunya, ide anda bertahan untuk jangka panjang, tidak musiman. Contoh ide yang tahan lama adalah usaha pulsa, usaha kuliner, dan lainnya. Contoh yang musiman seperti jualan hp merek tertentu, dll.

Sistem bisnis dalam waralaba memang penting dipikirkan matang-matang. Sistem pengemasan, sistem keuangan, sistem pelayanan, sistem marketing dan lainnya perlu dipikirkan. Kalau tidak dipikirkan, kembali pada usaha tanpa waralaba. Karena prinsip usaha waralaba adalah pembangunan sistem. Untuk itu, mempelajari sistem tentang hal-hal yang harus dilakukan.

2. Memperhatikan Keunikan Waralaba

Peluang usaha waralaba menjadi peluang yang bisa diandalkan. Ini bisa menjadi alasan, karena banyak orang yang kesulitan membangun sistem atau tidak memiliki waktu untuk berlelah-payah membangun usaha. Untuk itu, sistem usaha waralaba hadir untuk membantu mereka.

Karena sudah menjamur usaha model waralaba maka keunikan dalam membangun usaha jenis ini penting dilakukan. Bila memang tidak memiliki keunikan, sama-sama menjual ayam tepung goreng, orang yang mau bekerjasama lewat usaha waralaba pun akan menjadi ragu.

Keunikan yang diangkat tentu memiliki nilai manfaat untuk hal harga dan juga kegunaan produk. Tentu, hal lain perlu dipikirkan untuk masalah keunikan terutama adalah kemasan produk. Kemasan menjadi hal penting karena itulah yang dilihat pertama kali oleh konsumen.

3. Gabungan Marketing Waralaba

Ini adalah langkah yang penting dalam usaha waralaba. Pebisnis bila membangun usaha baru tentu akan melakukan kegiatan marketing. Akan membutuhkan modal marketing dalam memperkenalkan usahanya. Bila marketing ditangani pemilik utama, pembeli hak usaha tidak perlu memikirkan biaya marketing dan strateginya.

Apakah anda pernah melihat iklan Alfamart dan sejenisnya? Nah, itulah contoh gabungan marketing yang hanya ditangani pemilik utama waralaba. Selamat menjalankan peluang usaha waralaba.

gambar

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!