Bagaimana Produk Bisnis Online Anda Lolos Menghadapi Banyak Pesaing?

Pengusaha baru yang belum sepenuhnya diterima pasar pasti akan kebingungan menawarkan produk bisnis online yang baru saja dilaunching. Belum lagi kebingungan menghadapi berbagai pesaing yang seolah-olah tidak memberikan pintu masuk untuk menikmati beberapa keuntungan. Pasti ada saja pesimis dalam menjalakan bisnisnya dan ingin mengakhiri perjalanan sebagai pengusaha. Kalau sudah memiliki keadaan seperti ini, tentu bisa menghancurkan bisnsinya sendiri.
Lolos Menghadapi Banyak Pesaing

Pengalaman sebenarnya yang akan menjawab dalam permasalahan menghadapi berbagai persaingan agar tetap bisa ikut andil dalam mendapatkan keuntungan. Kalau bukan pengalaman dari dirinya, tentu ada sejuta pengalaman sukses yang bisa anda coba. Keberhasilan sebuah bisnis tidak lain adalah karena sudah ada jejak sukses yang telah dicobanya. Bila ingin sukses, terutama produk bisnis online bisa sukses ikut bersaing dan mendapat keuntungan, tidak ada cara yang lain kecuali meniru-meniru cara yang sudah ada dan terbukti berhasil.

Hanya saja, banyak yang sulit mempraktekkan pengalalaman sukses mereka dalam berbisnis ke dalam bisnis yang sedang kita jalani. Sebagai contoh adalah pengalaman mentor saya, #Gm Susanto, yang sukses berjualan di affiliate Clickbank menghasilkan ribuat dollar secara rutin. Saya paham langkah yang diajarkan mentor saya namun saya tidak paham bagaimana seharusnya yang saya lakukan. Tidak paham menjalankannya bukan dalam segi ketidakjelasan strategi tetapi ada faktor lain seperti kemampuan berbahasa, sarana pembayaran, dan permasalahan pengetahuan lain. Dalam hal ini, saya harus banyak belajar lagi agar menyesuaikan dengan keadaan mentor saya. Namun, berapa tahun lagi sedangkan saya membutuhkan sekarang?

Banyak pengalaman-pengalaman keberhasilan mengenai strategi penjualan produk bisnis online, namun dari sekian banyak pengalaman, dimanakah pengalaman yang tepat untuk kebutuhan bisnis anda dalam menghadapi berbagai pesaing dan lolos dalam persaingan? Inilah yang perlu dijelaskan.

Di sini akan menjelaskan bagaimana inti sari pengalaman para mentor disimpulkan dalam satu pembahasan mengenai strategi lolos dalam pesaingan yang sengit. Berikut pembahasannya:

Setidaknya Anda Harus Bisa Mempelajari Produk Bisnis Online Anda Sendiri

Keraguan, kebingungan dalam menjual produk anda sendiri di tengah-tengah persaingan yang sengit bisa jadi karena anda sendiri masih bingung, belum paham mengenai produk yang anda jual. Bagaimana bisa menghadapi banyak pesaing bila anda sendiri belum paham mengenai produk yang anda sedang anda jual? Bila anda seorang produsen, tentu hal ini bisa diatasi dengan mudah. Namun bila mengandalkan produk orang lain, tentunya anda harus banyak mengorek informasi kesana-kesini mengenai keadaan suatu produk.

Bagaimana konsumen mau melirik produk yang anda tawarkan bila penjelasan yang anda masih diragukan kebenarannya. Kalau anda menjual produk dengan merek yang sudah umum, paling hsnya sekedar mencopy deskripsi dari situs lain sebagai solusi atas ketidakpahaman anda. Padahal, sukses bersaing bukan sekedar mencopy deskripsi sebuah produk tetapi juga memahami berbagai hal mengenai produknya.

Kalau pesaing anda hanya dari sesama merek, bermain dalam deskripsi sebuah produk tentu tidak diperlukan. Yang menjadi masalah adalah bersaing dengan penjual dari berbagai merek yang berbeda namun dalam satu tema dengan produk anda. Permainan deskripsi produk harus diunggulkan mengenai kelebihan-kelebihannya, kegunaannya dan juga kejelasan target marketnya.

Tantangan untuk pelaku toko online yang pertama adalah mempelajari banyak produk bisnis online yang dijualnya. Namun rata-rata produk yang dijual hanya berisi penjelasan standar. Biasanya produk yang dijual adalah produk yang sudah umum sehingga tidak membutuhkan penjelasan detail. Dalam hal ini, tekesan tidak penting untuk paham berbagai detail sebuah produk. Namun yang menjadi masalah adalah ketika anda baru lahir sebagai pelaku toko online dan harus bersaing dengan banyak pesaing yang menjual produk dengan tema yang sama bahkan dalam merek yang sama. Anda memiliki tantangan untuk mempelajari berbagai produk agar bisa menghasilkan strategi penjualan yang berbeda. Ketika anda sudah menguasai berbagai produk, dengan mudah anda membuat strategi marketing dengan mengandalkan teknik blogging yang menghadirkan artikel marketing.

Mempelajari Konsumen Lebih Penting Daripada Pesaing

Bagaimanapun pesaing anda, mereka memiliki konsumen tersendiri yang sebagai marketnya. Bisa jadi anda menjual produk dengan tema yang sama namun masih berbeda merek. Hanya hal sedehana itu saja, konsumen anda sudah berbeda. Jelas berbeda, masing-masing konsumen memiliki kegemaran di merek yang berbeda walaupun menjual produk dengan tema yang sama. Kalau sudah berbeda maka penjual yang dianggap pesaing ternyata bukan pesaing. Terpenting adalah bagaimana anda mempelakukan konsumen yang sebagai market anda.

Dalam hal ini, terpenting adalah mempelajari konsumen yang menjadi target market produk bisnis online anda. Bila produk yang anda jual adalah seputar baju muslim syar’i, maka yang patut diperhatikan adalah mempelajari kondisi seorang wanita atau pria muslim. Bagaimana mereka dalam memilih pakaian dan sebagainya. Ketika paham kondisi mereka, proses penjualan akan dengan mudah dilakukan. Bahkan dalam memahami tentang hal ini saja, bisa lolos dengan pesaing berikutnya yang menjual produk yang sama dari merek yang sama. Seperti yang anda tahu, kondisi seseorang muslim pun berbeda-beda yang akhirnya akan menghasilkan market yang berbeda juga.

Baru setelah anda sukses berjualan di market yang sudah anda tentukan, anda bisa merebut market yang ditarget penjual lain yang menjual produk yang sama dengan anda. Tentunya dengan terlebih dahulu mempelajari produk yang sudah saya jelaskan dan juga penjual lain secara detail dan kaitannya dengan market yang mereka bidik.

Tentukan Penawaran Harga atau Nilai Lebih Produk Bisnis Online Yang Anda Tawarkan

Ada dua pilihan, turunkan harga atau meningkatkan kualitas sebagai nilai lebih. Menurunkan harga akan memiliki perubahan yang lebih baik dalam jumlah pembelian. Sebagian kalangan akan melirik harga murah bila dibandingan dengan produk yang sama namun dengan harga lebih tinggi. Bila memungkinkan bisa menurunkan harga, anda bisa mengatasi hal ini. Biasanya teknik penurunan harga untuk produk yang di luar kontrol produksi anda sendiri.

Bila menurunkan harga tidak memungkinkan, bisa mengatasinya dengan memberikan nilai lebih pada produk bisnis online.

Bila anda sebagai produsen produk maka akan dengam mudah meningkatkan nilai lebih sebuah produk daripada pesaing anda. Namun kalau anda bukan sebagai produsen, tentu sangat sulit. Solusi yang diberikan hanya pada hal pelayanan. Anda bisa membuat pelayanan yang berbeda. Namun rata-rata pelayanan online tidak jauh dari hal komunikasi dan pengiriman. Solusi yang bisa anda lakukan adalah dengan mengajukkan pertanyaan dalam hati, “kenapa pelanggan lebih suka belanja ke toko sebelah?” Bila anda menduga bahwa mereka berlangganan hanya karena kebiasaan, sudah merasa tidak butuh pedagang lain selagi aman-aman saja, maka anda tidak bisa berbuat banyak. Anda hanya menghimpun pelanggan baru saja.

Jasa Minisite Usaha Online Dan Clickbank

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!