Resep Masakan Indonesia Potensi Peluang Usaha Terbaik

gambar
Anda sudah tahu potensi pencarian tentang “resep masakan indonesia”? Ketika anda meriset di Google Keyword Planner, akan terlihat bahwa pencariannya sekitar 30.000 per bulan. Belum kata dasar kata kuncinya yaitu “resep masakan” yang lebih besar lagi, sekitar 200.000 pencarian. Bila anda melihat di Google Search dengan kedua kata kunci tersebut, maka akan banyak situs blog yang menjelaskan hal yang sama. Anda bisa lihat satu per satu, mereka menawarkan berbagai resep yang bisa jadi memuaskan pengunjung sampai dngan membingungkannya. Bila ingin dijadikan peluang usaha, kira-kira bagaimana langkah terbaiknya?


Kalau anda terjun membuat situs blog informasi mengenai resep, bisa jadi hanya akan menambah daftar panjang yang membahas resep namun dalam standar yang tidak kreatif. Artinya pembahasannya memang hanya daftar bahan dan langkah pembuatan. Sebagian besar situs blog membahas dengan standar pembahasan yang membosankan. Ya, memang kalau masalah resep hanya sekedar itu: penyebutan bahan-bahan dan cara pembuatannya.

Lalu bagaimana memanfaatkan hasil pencarian tentang resep masakan khususnya mengenai resep masakan Indonesia untuk membuka usaha? Ini yang perlu anda perhatikan. Untuk itulah saya mencoba membantu bagaimana menghadirkan peluang usaha yang terbaik dengan menekankan resep-resep masakan Indonesia.

Peluang Usaha Dalam Menyediakan Informasi Resep Masakan Indonesia

Dalam hal ini anda bermain dalam usaha jasa. Artinya membangun blog untuk kepentingan pemasangan iklan para pengusaha atau bermain di adsense yang biasanya lewat Google Adsense. Banyak sekali pemilik blog yang membahas seputar resep masakan bertujuan untuk bermain adsense. Kenapa? Rata-rata pembahasan resep tidak bisa dijadikan produk panduan. Kalau menjual panduan mengenai resep secara online, bisa jadi tidak laku. Kecuali menjual kursus online kuliner maka akan berbeda lagi.

Dalam hal ini, peluang usaha dengan jalur blogging dengan memanfaatkan tema resep kuliner Indonesia masih dianggap tepat. Karena yang difokuskan hanyalah mendaptkan pengunjung sebanyak-banyaknya yang akan menghasilkan klik yang banyak pada iklan yang dipasang.

Untuk kesuksesan peluang usaha jasa periklanan dengan menggunakan pembahasan seputar resep masakan atau makanan, anda perlu melakukan hal-hal berikut:

1. Setidaknya Anda Sudah Menjadi Penggemar Masakan Indonesia

Di sini, kalau bukan tukang masak, berarti tukang makan. Kedua hal tersebut bisa dijadikan referensi untuk mengisi blog. Bila anda tidak mahir dalam dunia masak-memasak namun ingin membahas seputar resep, anda tetap bisa menjalankannya dengan baik asalkan sudah menjadi penggemar masakan Indonesia. Anda sudah mencoba berbagai makanan, baik yang ada dipinggiran atau di restoran. Hal ini untuk memudahkan mempresentasikan mengenai resep masakan.

Masalah mendapatkan resep masakan, anda bisa mendapatkan dengan mudah, baik di internet, buku atau majalah. Yang pastinya resep yang anda dapatkan sesuai dengan pengalaman agar bisa membuat tulisan yang menarik.

Yang terbaik adalah anda sebagai ahli masak-memasak makanan Indonesia dan juga sebagai penikmat makanannya. Hal ini akan lebih mempermudah membuat tulisan yang berbeda.

2. Memiliki Kamera Terbaik Untuk Membantu Mendeskripsikan Pembuatan Masakan Indonesia Atau Kegiatan Wisata Kuliner

Seorang blogger yang membahas resep tentunya tidak akan sempurna bila tidak memiliki kamera. Tujuannya adalah mempotret kegiatan anda dalam masak-memasak makanan Indonesia. Memang dalam hal ini anda harus sebagai tukang masak, bukan hanya sekedar tukang makan. Cara ini yang akan membedakan blog resep pada umumnya. Dengan menghadirkan foto-foto menandakan bahwa si pemilik blog seorang ahli. Blog seperti ini yang akan dicari banyak orang. Namun tentunya mahal.

Kesulitan dalam pembuatan konten tulisan adalah anda harus terus-menerus memasak atau mengunjungi penjual makanan yang berbeda-beda setiap harinya. Untuk itu, anda harus bergabung dengan komunitas kuliner atau lainnya. Tujuannya agar bisa mendapat informasi baru. Bisa juga dengan cara mengunjungi tempat makan yang dianggap menarik

3. Penting Membuat Jaringan Tema Berbeda Yang Melengkapi Blog Resep Masakan Indonesia

Blog yang membahas dengan betul mengenai resep masakan nusantara Indonesia untuk sehari-hari ibu rumah tangga atau pelaku usaha, patut diakui bisa menimbulkan keterbatasan pembahasan. Artinya sulit untuk membahas resep yang terbaru. Cara yang penulis lakukan pastinya akan seperti blog-blog yang lain yang hanya pembahasan basi, tidak menarik dibaca, bila sudah tidak ada lagi yang perlu dibahas.

Daripada anda hanya membahas mengenai resep masakan seperti blog kelas penduplikasi, lebih baik membangun jaringan blog yang mendukung dalam pertambahan trafik. Bisa dikatakan membuat blog dummy namun dibuat dengan serius. Hal penting juga, untuk kesuksesan publisher adsense adalah memiliki beragam blog yang berbeda tema. Ini yang perlu anda pertimbangkan ketika mengalami kejenuhan membahas blog resep masakan indonesia.

Berikut jaringan blog yang bisa anda buat khusus seputar resep:
  • Blog seputar rumah tangga
  • Blog seputar wanita
  • Blog seputar gaya hidup sehat
  • Blog seputar diet dan menu makanan diet
  • Dan sebagainya

Kenapa blog resep makanan menjadi blog utama? Sudah dijelaskan bahwa pencariannya mencapai 200.000. Kalau diperjuangkan dengan serius tentu akan menghasilkan trafik kunjungan yang tidak sedikit per harinya. Tentunya penting untuk kesuksesan adsense atau jasa pemasangan iklan.

Tentu saja, walaupun blog jaringan sebagai blog dummy, pembantu trafik blog utama, tetap bisa dijadikan blog utama juga. Status blog jaringan hanya sekedar pembangun jaringan blog walaupun bisa jadi blog jaringan lebih berhasil dalam membangun pelanggan blog.

Peluang Usaha Dalam Menyediakan Kursus Kuliner Resep Masakan Indonesia

Kira-kira siapa yang akan menjadi target kursus kuliner atau disebut kursus memasak?

Anda perlu perhatikan dalam hal ini. Bergantung materi belajar kursus yang mau anda bangun. Bila model kursus untuk mencetak pekerja atau pengusaha profesional skala restoran besar, tentunya yang menjadi target adalah orang yang baru lulus sekolah SMA atau kuliah. Namun kalau sekedar pembelajaran memasak, hanya sekedar membangun skill memasak sekedarnya, maka target terbaik adalah dari kalangan anak-anak.

Membangun kursus kuliner sesuai target pun bisa menentukan mengenai bisa atau tidaknya dijalankan secara online. Kalau menarget orang dewasa, bisa saja menggunakan layanan online untuk media pemberian materi dan juga pembelajarannya. Kalau menarget anak kecil, tidak bisa secara online, harus secara offline karena yang diunggulkan adalah bermain memasak bersama-samanya.

Apapun target market kursus yang anda dirikan, kalau memarketingkan bisa dilakukan secara online dan juga secara offline. Masing-masing bisa saling mendukung. Kursus online bisa diiklankan secara offline. Begitu juga yang offline bisa juga secara online dalam hal pemasangan iklan.

Dalam hal kursus memasak masakan Indonesia, setidaknya anda harus:

1. Sudah Menjadi Chef Profesional Skala Masakan Indonesia

Tentunya harus sudah menjadikan diri anda ahli dalam dunia masak-memasak. Kalaupun masalah mengajar, tentu anda bisa bekerjasama dengan juru masak yang lain sehingga tidak hanya anda yang mengajar. Dengan memiliki keahlian, tentunya sudah mengetahui bagaimana arah keberhasilan sebuah kursus kuliner yang anda dirikan.

Bagaimana bila orang yang tidak paham kuliner tetapi memaksa mendirikan kursus kuliner/memasak? Pada dasarnya memang tidak masalah. Hanya saja sulit dalam memulainya. Harus mencari-cari orang yang ahli terlebih dahulu. Alasannya mencari tenaga ahli karena memang orang tersebut tidak memiliki keahlian dalam memasak khususnya masakan Indonesia.

2. Memiliki Alat Perekam Berupa Kamera Vidio Bila Dijalankan Lewat Online

Pada dasarnya yang di maksud kursus online adalah kursus dengan metode belajar jarak jauh. Pelayanannya menggunakan media online seperti konsultasi, pengiriman produk, ujian dan sebagainya. Dalam hal ini, proses belajarnya tidak secara online melainkan offline karena harus mendownload materi atau menggunakan layanan jasa kurir dalam mengirim paket materi.

Sepertinya ada yang membuka kursus online benar-benar harus online karena menggunakan scrip tertentu yang membuat materi tidak bisa di download. Namun cara seperti ini sepertinya tidak efektif, karena harus mengulang-ulang materi dalam keadaan online.

Entah bagaimamapun kursus online anda, yang jelas memiliki kamera vidio memang penting. Tanpa ada kamera vidio, tentu akan menyulitkan. Tidak bisa menggunakan ebook dalam memotret kegiatan memasaknya. Kalaupun menggunakan ebook, tentunya hanya untuk pencatatan resep saja. Tetapi yang namanya kursus memasak, otomatis harus ada praktek mengenai materi yang sedang diajarkannya. Cara terbaik untuk mendemontrasikan memasak tentunya menggunakan vidio.

3. Mengandalkan Jasa Kurir Dalam Pengiriman Materi Kursus Memasak

Tidak semua orang memiliki kuota internet yang unlimited. Untuk itu, anda tidak perlu menggunakan media online dalam mengirimkan materi kursus kepada peserta kursus. Anda bisa menggunakan jasa kuris sebagai perantara pengiriman materi kursus. Hal ini akan lebih melegakkan para peserta kursus yang tidak memiliki kuota internet maksimal.

Kecuali dalam masalah update materi, anda bisa menggunakan media online untuk pengirimannya.

Peluang Usaha Dalam Penjualan Bahan-Bahan Untuk Resep Masakan Indonesia

Peluang usaha penjualan bahan-bahan untuk resep makanan Indonesia menjadi peluang yang bagus. Kenapa? Rata-rata orang akan kesulitan mencari bahan tertentu untuk membuat resep masakan tertentu. Sebagai contoh mengenai bahan-bahan untuk membuat rendang padang. Bila ada berada di pulau Jawa, bisa jadi akan kesulitan untuk mendapatkan bahan resep tertentu yang biasa dipakai masyarakat Padang dalam membuat rendang sapi. Namun kalau ada penjual bahan-bahan yang lengkap sesuai kebutuhan resep, misalnya resep rendang asli padang, otomatis akan terbantu mendapatkan bahan resep tertentu untuk proses pembuatannya.

Apakah online atau offline? Tentunya rata-rata target market terbaik adalah orang yang berada di perkotaan khususnya kota besar. Sehingga menjalankan usaha toko bahan resep pun harus secara online. Penjualan secara online pun sebagai solusi untuk terhindar dari macet. Jangan karena ingin membeli 1 biji, seseorang mengalami kondisi macet yang membuatnya emosi. Jadi secara online adalah langkah terbaik.

Setidaknya anda harus menyediakan sebagai berikut:

1. Media Penjualan Bahan Resep Masakan Indonesia

Media penjualan terbaik adalah menggunakan website toko online. Kenapa? Karena produk yang dijual berpotensi borongan. Kenapa borongan? Karena produk yang dibeli sebagai kebutuhan resep masakan. Tidak mungkin kan cuma membeli terasi atau asinan? Tentunya akan memborong pembelian walaupun per jenis bahan resep cuma beberapa biji.

Terkecuali kalau anda sendiri yang memproduksi kuliner-nya, maka bisa menggunakan media Facebook atau Instagram.

2. Fokus Menjual Bahan Resep Yang Anti Busuk Dalam Waktu Cepat

Tahap awal membuka toko online, anda bisa hanya berfokus pada bahan-bahan resep yang tidak mudah busuk. Bisa dikatakan hanya menjual rempah-rempah seperti kunyit, kemiri, jahe dan sebagainya. Dengan fokus menjual rempah-rempah, anda tidak perlu khawatir terhadi pembusukan sebelum laku terjual.

Setelah memiliki pelanggan banyak dan kebanyakan mereka meminta bahan-bahan resep yang berpotensi cepat busuk seperti sayuran, anda bisa menambah variasi produknya. Solusinya tentu harus memiliki lemari pendingin agar tidak mudah layu.

3. Menyediakan Jasa Kurir Pribadi

Ketika baru membuka toko online target kota, anda bisa mengandalkan jasa kurir pihak lain. Walaupun resiko yang bisa diambil untuk pembeli adalah mengenai harga berat barang kirimannya. Semakin berat barang kirimannya, tentunya akan semakin mahal. Bagaimana bila pembeli memesan bahan-bahan resep dalam jumlah yang banyak, memesan lebih dari 5 kg? Otomatis biaya ongkor per kg akan dikali 5 sehingga biaya ongkir naik 5 kali lipat.

Ketika penjualannya sudah lair-manis setiap harinya, bisa mengandalkan jasa kurir pribadi yang mengetahui seluk-beluk peta kota. Namun tetap, pengirimannya harus sekalian sehingga bisa menggunakan mobil pribadi.

***

Setidaknya pembahasan di atas sebagai gambaran peluang usaha yang memanfaatkan resep-resep masakan Indonesia. Anda bisa melakukan pengembangan lebih dari sekedar pembahasan di atas.

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!