Tips Memulai Bisnis Kursus Online Rumahan Untuk Wanita

Apa saja kursus online yang cocok untuk dijadikan sebagai bisnis wanita rumahan? Wanita perlu tahu agar sudut pandang pekerjaan jangan hanya melihat di luar rumah tetapi juga melihat di dalam rumah. Salah satunya adalah membuka program kursus yang bisa dijalankan di rumah sebagai bisnis sampingan atau utama wanita. Bila program pendidikan non formal lebih enjoy secara online, kenapa harus ofline?

Kursus Online

Coba simak: Kursus Online Blogging

Coba sejenak berpikir mengenai “rumahku, surgaku”. Anda setiap hari, mulai dari jam enam pagi sampai jam lima sore, disibukkan keluar rumah menuju kantor sumpek dan meninggalkan rumah surganya yang terisi berbagai kenikmatan. Hanya tersisa hari sabtu dan minggu untuk memanfaatkan rumah indahnya. Itu pun hanya sebentar karena masih harus keluar untuk kebutuhan liburan.

Berapa waktu dalam memanfaatkan rumah idaman Anda yang sudah terbangun puluhan juta? Bisa bantu berhitung?

Ketika Anda sudah menikah dengan pria idamannya, sama saja, Anda tetap bekerja meninggalkan rumah idaman. Suami pun melakukan hal yang sama. Berapa waktu dalam memanfaatkan rumah bersama suami Anda? Setidaknya bila tidak bersama suami, minimal bersama anak-anak Anda. Berapa waktukah dalam memanfaatkannya?

Ketika waktu maksimal Anda hanya berada di luar rumah yaitu kantor sumpek penuh pekerja sibuk, sudah mencapai berapakah total penghasilan Anda? Ini yang terpenting, karena bisa jadi Anda tidak memiliki tabungan uang yang banyak. Sehingga harus tetap menjalankan tugas rutinan di kantor. Bagaimana bila penghasilan hasil kerja sudah mencapai puluhan juta atau lebih tepatnya 50+ juta ke atas? Apakah masih tetap mempertahankan sebagai pekerja kantoran?

Bila memang memiliki skill yang menjual, kenapa tidak memanfaatkan penghasilan sebagai modal bisnis untuk membangun lapangan kerja untuk Anda sendiri di kantor rumah megah Anda? Anda bisa mempertimbangkan bisnis rumahan ini.

Salah satu bisnis rumahan adalah membuka bisnis kursus online yang cocok dijalankan untuk wanita dan untuk pasar kalangan wanita. Bila dirasa memiliki keahlian yang bisa diajarkan secara online, tentunya Anda bisa mencoba untuk membukanya dengan mengandalkan rumah sebagai kantornya.

Manfaat membuka bisnis online rumahan adalah rumah Anda tidak hanya dihuni para asisten yang seakan penghuni rumahnya, tetapi juga dihuni penghuni asli sendiri. Rumah terbangun megah namun diditelantarkan? Sayang sekali...

Sekarang ini, produk bisnis wanita sedang menjadi top produk online. Artinya, rata-rata produk bisnis yang banyak terjual secara online adalah produk untuk kebutuhan wanita. Soal produk perawatan saja, yang menguasai adalah produk wanita seperti perawatan wajah, perawatan tubuh, perawatan rambut dan sebagainya. Rata-rata penjualannya berbentuk online shop.

Lalu bagaimana dengan kursus online untuk kebutuhan bisnis wanita? Bila banyak bertebaran produk online untuk wanita, otomatis ada pembuatnya, ada produsennya. Seperti halnya produk baju, tentu ada pembuatnya. Bila mereka menjual baju jadian, kenapa sebagai wanita tidak juga menjual produk pembelajaran pembuatan baju? Seimbang bukan?

Kriteria Produk Bisnis Yang Bisa Dijadikan Untuk Program Kursus Online

Produk bisnis yang di maksud adalah produk informasi. Namun tidak semua produk informasi bisa dijual lewat program kursus. Produk yang umum diterapkankan dalam program kursus adalah produk yang sifatnya tutorial, yang membutuhkan penjelasan detail dengan disertai gambar penjelasan.

Untuk mendapatkan ide bisnis untuk kursus online adalah dengan memperhatikan lembaga kursus ofline yang sudah banyak didirikan. Hal ini agar Anda tidak perlu lagi mencari ide yang di luar dari program kursus. Anda bisa search di Google mengenai lembaga kursus, bisa jadi ada. Lihat materi pembelajarannya bila disediakan secara online.

Banyak sekali jenis kursus yang cocok untuk bisnis wanita rumahan seperti kursus bahasa, kursus menjahit, kursus kuliner, kursus kerajinan, dan sebagainya. Tinggal meriset di Google, ada tidak pasar yang membutuhkan tentang belajar menjahit, belajar memasak dan sebagainya.

Manipulasikan Penjualan Produk Dalam Wadah Kursus Online

Ini yang penting diperhatikan dalam membuka kursus online. Tujuannya agar dalam proses menjalankan kursus tidak seperti kursus ofline, yang harus menentukan jam dan batas belajar-mengajarnya. Lagi pula, bila Anda benar-benar menjiplak proses pembelajarannya seperti kursus ofline, Anda akan kewalahan sendiri seiring bertambah para peserta kursus. Belum peserta kursus yang merasa resah dengan jadwal kursusnya.

Untuk itu, lebih baik memanipulasikan penjualan produk dalam wadah kursus. Seperti program kursus bahasa Inggris yang pernah saya ikuti yang patut ditiru para pebisnis kursus. Program kursus tersebut memang mengklaim ‘kursus bahasa inggris online’. Ternyata yang online itu bukan pembelajarannya tetapi penjualannya. Pembelajarannya sih secara ofline, karena paket produk dikirim via pos dan mendownloadnya. Jelas kan? Namun tetap, kriteria kursus masuk dalam hal ini karena ada rangkaian belajar dan ujiannya. Menarik bukan?

Jadi seolah-olah membuka program kursus karena judulnya saja “Kursus Menjahit Dan Desain Online”. Namun dalam prakteknya, proses belajarnya secara ofline dan tidak terjadwal. Untuk benar-benar ada nuansa kursus online-nya, tentunya harus membuka ruang konsultasi dan memang ini tujuannya.

Yang membuat penjualan produk berlabel kursus online menjadi pilihan terbaik adalah agar mereka memiliki pemikiran bahwa pemilik tersebut menyediakan ruang tanya-jawab yang maksimal dengan alasan karena berlabel kursus.

Maksimalkan Pemberian Materi Kursus Online

Ada mentor kursus yang lebih menitikberatkan pada proses tanya-jawab di saat program belajarnya memiliki batas waktu. Sah-sah saja, karena itu pilihan. Namun yang menjadi masalah adalah, hal ini bisa menjadi masalah yang fatal bila peserta kursus yang mendaftar dalam jumlah yang banyak. Bagaimana solusi Anda bila menangani ratusan peserta di saat waktu dalam sehari hanya 24 jam saja? Anda akan kewalahan menanganinya atau ada sebagian besar peserta kursus yang tidak ditangani serius.

Namun ketika pemberian materi kursus dimaksimalkan, mereka yang malas berkonsultasi atau tidak ditangani dengan baik oleh mentornya tentu akan memilih belajar secara ofline saja. Tinggal sewaktu-waktu bisa bertanya pada mentor kursusnya. Karena pasti saja ada materi yang sulit dipamahi sehingga harus bertanya pada mentornya.

Keuntungan lainnya adalah agar mereka tidak terbentur waktu belajarnya dengan kegiatan lain, mereka bebas menentukan waktu belajar, dan Anda tidak perlu mengulang-ulang materi ketika ada peserta kursus baru.

Sarana Pendukung Pembuatan Materi Kursus Online Terbaik

Anda tinggal membuat materi belajar lewat sarana vidio dan ebook. Namun maksimalkan pemberian materinya dalam bentuk vidio, apalagi untuk wanita yang lebih menyukai hal-hal yang bernuansa kedekatan dengan mentor belajarnya walaupun hanya berupa suara. Bila materi belajarnya seperti memasak tentunya harus memberikan vidio yang memperlihatkan proses pembuatannya.

Setidaknya Anda membutuhkan sarana pembuatan produk seperti:
  • Kamera vidio dan foto dengan kualitas gambar terbaik
  • Software pencetak ebook dan cover
  • Software Photoshop atau alat pengedit gambar
  • Software pengedit dan pembuat vidio tutorial seperti Camstasia
  • Dan yang lainnya

Berapa modal yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan di atas? Anda yang lebih paham karena saya belum mencoba membeli. Saya mendapatkan software di atas masih sebatas ‘diberi’ bukan ‘membeli’, hehe...

Artikel terkait: Sarana Pendukung Bisnis Rumahan Online

Teknik Marketing Bisnis Online Terbaik Untuk Hasil Tebaik

Ada banyak sekali media iklan yang bisa Anda gunakan, baik yang gratisan atau berbayar. Tepenting dalam menggunakan media marketing adalah bisa menjalin kedekatan dengan pengunjung. Wanita senang sekali bila sebelum mengikuti kursus sudah menjalin kedekatan dengan mentornya atau setidaknya tahu bahwa mentornya doyan berdiskusi, bila mentornya seorang wanita juga. Bila terjadi kedekatan dengan konsumen, tentunya menggambarkan bahwa si mentor asik diajak ngobrol belajar ketika mereka sudah mengikuti kursus.

Lalu media atau sarana apa saja yang bisa menjalin kedekatan dengan konsumen wanita? Anda bisa memanfaatkan media:

1. Forum

Media forum sangat tepat untuk menjalin kedekatan. Forum yang dimaksud tentunya yang menyediakan tema sesuai produk kursus online. Minimal adalah memilih tema besar yang membuat tema kursus bisa masuk ke dalamnya. Bila menyediakan kursus memasak, minimal tema besar yang dipilih adalah seputar rumah tangga atau dunia wanita.

Terpenting, minimal forum menyediakan signatur untuk pemasangan situs. Signatur menjadi hal yang penting untuk mendapatkan pengunjung. Salah satu forum yang bisa diikuti adalah forum Bersosial.com.

Cara terbaik untuk menulis artikel di forum adalah bukan berjenis tips yang dimaksimalkan. Lebih baik berupa opini yang tentunya di dalamnya mengandung sedikit tips. Kenapa bukan berupa tips? Kalau berupa tips, pembahasannya teknis banget yang bisa jadi semua penulis membahas yang sama. Kecuali pembahasan yang langka, belum pernah dibahas.

Rata-rata member di forum adalah orang-orang pintar, jadi jangan membuat mereka bosen berkomentar. Buat mereka senang rutin berkomentar. Bila banyak komentar, ini point penting untuk menarik hati pengunjung yang datang dari Google atau dari yang lainnya.

2. Blog

Kursus online yang profesional tentunya harus memiliki blog sebagai media marketing, juga sebagai media komunikasi dengan pengunjung. Tema membuat blog tidak harus persis dengan produknya bila kesulitan dalam update informasi. Paling tidak adalah mengambil tema besarnya saja.

Dalam blog, harus membuka ruang komentar. Artinya ketika ada yang berkomentar, Anda bisa menanggapinya. Cara terbaik adalah menonaktifkan kolom website agar yang berkomentar adalah pengunjung yang serius ingin komentar bukan menanam link situs.

Membangun blog terbaik adalah dengan mengisi artikel yang berisi tips-tips, bukan berisi opini atau tulisan yang terkesan seperti catatan harian. Bila blog Anda untuk kepentingan marketing. Rata-rata pengunjung blog tentunya orang-orang yang membutuhkan informasi, biasanya berupa tips dan info.

***

Seperti itulah tips untuk memulai membangun kursus online untuk bisnis wanita rumahan. Anda bisa mengembangkan lagi dengan lebih sempurna sesuai dengan jenis kursus yang Anda bangun. Tips terbaik adalah, jangan membangun kursus yang membuat Anda sendiri kewalahan menangani para peserta.